Sukses

8 Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Bisa Menambah Energi

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, lemon mengandung antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid yang bisa memerangi penyakit jantung, peradangan dan kanker.

Lemon juga bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam menu makananmu. Kamu bisa menambahkan lemon ke dalam jus sayuran, saus salad, penambah bumbu masakan, dan digunakan untuk membuat air lemon.

Nah, penasaran apa saja manfaat lemon bagi kesehatan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (30/3/2020).

1. Menurunkan Berat Badan 

 

Menurut sebuah penelitian, polifenol, antioksidan yang terdapat dalam lemon telah terbukti bisa mengurangi kenaikan berat badan dan meningkatkan resistensi insulin.

Para ilmuwan percaya bahwa antioksidan polifenol mengubah cara tubuhmu membakar lemak dan meningkatkan daya tahan terhadap insulin. Minum segelas air lemon per hari sudah cukup untuk membakar lemak di tubuhmu.

2 dari 8 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lemon bisa menjaga kesehatan jantungmu. Berkat flavonoidnya, lemon bisa menjaga lemak dan gula dalam aliran darah pada tingkat yang stabil.

Lemon adalah sumber vitamin C yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Ini juga membantu menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

3 dari 8 halaman

3. Membantu Detoksifikasi

Lemon mengandung antioksidan yang disebut D-limonene yang sangat terkonsentrasi dalam kulit lemon.

Antioksidan D-limonene ini mengaktifkan enzim dalam hati yang merupakan bagian dari proses detoksifikasi fase 1 dan fase 2.

Selama proses ini, senyawa beracun diambil dari hati dan dihilangkan dari tubuh melalui urin atau empedu. Menghapus racun dari ginjal membutuhkan minum banyak air lemon. Untuk itu, peras jus satu lemon ke dalam segelas air hangat dan minum di pagi hari.

4 dari 8 halaman

4. Mencegah Batu Ginjal

Kandungan asam dalam lemon membantu mencegah penumpukan batu ginjal kalsium oksalat. Batu-batu terbentuk di ginjal ketika kelebihan mineral di tubuhmu saling menempel.

Sitrat hadir dalam lemon dan buah jeruk lainnya bisa membantu mencegah penumpukan mineral dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Minumlah setengah cangkir perasan lemon yang telah dicampurkan dengan air. Minum air lemon tersebut setiap hari.

5 dari 8 halaman

5. Menjaga Gigi dan Gusi Tetap Sehat

Gusi berdarah dan gigi yang lepas adalah tanda-tanda penyakit kudis yang disebabkan karena kekurangan vitamin C. Vitamin C atau asam sutrat, jika dikonsumsi dalam jumlah normal bisa mencegah masalah gigi. 

Kamu bisa menjadikannya sebagai pasta untuk menggosok gigi. Kamu hanya perlu mencampurkan perasan lemon dengan garam untuk dijadikan pasta gigi. Namun, jangan terlalu banyak menggunakannya untuk menggosok gigi, karena bisa merusak enamel gigimu berkat tingkat pH lemon yang tinggi.

6 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Menurut beberapa penelitian, lemon bisa menangkal penurunan mental yang parah seperti penyakit Alzheimer dan demensia. 

Jumlah vitamin C yang baik dalam tubuh telah terbukti melindungi terhadap penurunan kognitif terkait usia.

7 dari 8 halaman

7. Menambah Energi

Jika tubuhmu kekurangan energi, maka lemon sempurna untuk meningkatkan energimu. Tiamin, riboflavin dan vitamin B6 yang terkandung dalam lemon mengubah makananmu menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Selain itu, lemon mengandung elektrolit seperti kalium, natrium, magnesium dan mangan yang akan meningkatkan energimu. Peras satu lemon dan campur dengan air hangat. Minumlah air lemon secara rutin setiap pagi.

8 dari 8 halaman

8. Melawan Peradangan

Lemon memiliki senyawa antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, asam fenolik, kumarin dan minyak esensial yang semuanya telah terbukti bisa mengurangi peradangan.

Kandungan tersebut akan berjuang melawan peradangan yang mengarah pada penambahan berat badan, kelelahan, kanker, radang dan sendi.