Sukses

Viral Video Ojek Pangkalan Paksa Penumpang Bayar Tarif Tak Wajar, Warganet Kesal

Akibat memaksa bayar tarif yang tidak wajar, driver opang ini buat jengkel warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan motor adalah pilihan kebanyakan orang untuk menghindari telat. Khususnya di kota besar yang terkenal dengan kemacetannya. Beberapa orang memilih menggunakan ojek pangkalan yang biasanya sudah stand by di tempat-tempat tertentu.

Tarif ojek pangkalan dibandingkan angkutan umum lainnya memang terbilang lebih mahal. Selain bisa cepat sampai, driver opang juga memperhitungkan jarak tempuh dengan banyaknya bensin yang terpakai.

Sama seperti kejadian yang menimpa 3 orang pemuda dari Kediri ini,. Mereka awalnya menggunakan bus dengan rute Kediri–Kalideres. Menurut laporan yang disampaikan di akun instagram @lambeonlen, ketiga orang ini langsung ditarik oleh driver opang. Mungkin karena mereka terlihat lugu dari luar kota.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tarif yang Sangat Tidak Wajar

Pelapor juga mengakui bahwa ketiga temanya sudah menolak ajakan sang driver opang, hanya saja tas mereka langsung ditarik. Ketiga pemuda ini juga dituliskan sangat kebingungan dan kewalahan sehingga tidak dapat menolak tawaran sang driver opang.

Dengan hati yang terpaksa, akhirnya mereka pun terima tawaran opang tersebut. Mereka diantarkan ke Tanjung Duren, tanpa kesepakatan harga tarif perjalanan. Sampai di sana, driver opang meminta tarif perjalanan kepada mereka dengan harga yang sangat tidak wajar.

Mereka dimintai Rp250.000 per orang. Dalam laporan, tertulis juga bahwa mereka sempat menawar Rp100.000 per orang namum pihak driver menolaknya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

#Kronologis Teman saya baru turun dari bus dengan rute kediri-kalideres. Sesampai di kalideres teman saya yang berjumlah 3 orang langsung ditarik oleh 3 ojek pengkolan, teman saya sudah menolak namun tetap dipaksa dengan langsung menarik tas yang dibawa oleh teman saya. Tanpa ada kesepakatan harga teman saya tetap dipaksa agar naik motor ketiga ojek tersebut. Karna temen saya merasa kualahan dan bingung menolaknya, akhirnya diantarkan ketiga temen saya ke Tanjung Duren. Namun setelah sampai di Tanjung Duren, ketiga driver ojek tersebut meminta ongkos yang sangat tidak wajar, yaitu Rp250.000 per orang. Kami sempet menawar Rp100.000 per orang namun para driver tersebut menolaknya. Dengan perdebatan yang panjang dan kami takut terjadi apa2 karna driver sudah emosi akhirnya kami membayar Rp150.000 per orang atau Rp450.000 ber tiga. Semoga video ini membuat kita semua lebih hati2 jika ingin menggunakan ojek pengkolan. Note# jika dengan gojek atau grab motor perjalanan dari kali deres ke Tanjung duren hanya Rp33.000 saja. Source: yt/Nizar Marwah

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lambe Onlen (@lambeonlen) pada

3 dari 4 halaman

Membayar Rp150.000 Per Orangnya

Dalam video juga terjadi perdebatan cukup panjang antar penumpang dan driver opang. Driver opang tersebut terlihat ngotot dan marah, tidak mau mengembalikan tas penumpang. Ada juga driver opang yang mencari-cari alasan agar si penumpang cepat membayar ongkosnya.

Namun  penumpang takut terjadi apa-apa karena driver sudah terlihat emosi. Akhirnya, mereka membayar Rp150.000 per orang. Jika dijumlahkan total ongkos mereka bertiga Rp450.000. Padahal yang kita tahu jarak Kalideres ke Tanjung Duran tidak terlalu sebanding dengan harga yang mereka bayar. Mereka sudah sangat dirugikan membayar dengan harga yang sangat tinggi tersebut.

4 dari 4 halaman

Kejengkelan Warganet

Peristiwa ini sangat menyita perhatian warganet di dunia sosial media Instagram. Mereka sangat jengkel, dan tidak sedikit dari mereka yang mengluarkan pendapat mereka. Berikut komentar warganet:

“Emang gak semua opang begitu cuman kan kebanyakan gitu, jadi gak respek,” tulis pemilik akun @nazlykhoirunissa_.

“Yaaa tambah gak laku ntar lu opang!!! Enakan naik ojol… Udah jelas tarifnya dari awal.. Semoga berkah deh pak uangnya buat kasih makan anak istri,” ujar @poxie_design.

“Timbang kalideres ke Tanjung Duren ge, 150 juga udah menang banyak itu aki-aki, Astaghfirullah,” komentar @random_rank.

“Buseh itu namanya meres… ngambil kesempatan amat,” tulis @eenoy8808.--

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.