Sukses

Studi: Penyuka Pakaian Hitam Terlihat Lebih Cerdas dan Menarik

Seseorang yang berpakaian hitam bisa menambah kepercayaan diri, daya tarik dan kecerdasan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu memilih menggunakan pakaian hitam agar terlihat lebih ramping. Namun lebih dari itu, ternyata banyak kelebihan yang didapat seseorang yang mengenakan pakaian hitam.

Menurut penelitian, baju hitam bisa menambah kepercayaan diri, daya tarik dan kecerdasan pada tampilan. Melansir Bright Side, Senin (17/2/2020), survei yang dilakukan suplier baju asal Inggris, Buytshirtonline, melakukan survei terhadap 1.000 individu tentang warna-warna baju dan kesan yang ditimbulkan.

Peserta dalam penelitian diberikan beberapa foto satu orang yang sama dengan warna pakaian berbeda. Perserta pria diperlihatkan foto wanita, dan sebaliknya, peserta wanita diberi foto pria.

Peneliti lalu meminta peserta untuk menilai warna apa yang berkolerasi dengan sifat-sifat tertentu. Hasilnya, warna hitam memimpin untuk setiap kategori kesan yang positif seperti kecerdasan, kepercayaan dan keseksian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hitam Memberikan Kesan Baik

Selain itu, pakaian hitam menjadi warna yang sempurna untuk dikenakan saat kamu ingin membuat seseorang terkesan tanpa terlalu berusaha untuk menarik perhatian.

Sekitar 66% wanita beranggapan bahwa pria yang mengenakan pakaian hitam lebih menarik. Semantara itu, 48% pria menyukai wanita berbaju hitam ketimbang warna lainnya. Selain hitam, biru, putih dan hijau diklaim bisa memberi kesan kecerdasan.

 

3 dari 4 halaman

Warna Ini Tidak Menunjukkan Kepercayaan Diri

Di sisi lain, warna yang hampir tidak terkait dengan kepercayaan diri, daya tarik dan kecerdasan adalah oranye, kuning, hijau dan cokelat.

Oranye sebenarnya adalah warna terakhir yang diidentifikasi orang sebagai warna percaya diri, sama seperti merah muda yang dianggap "tidak cerdas."

4 dari 4 halaman

Hitam dan Merah Menjadi Warna Terseksi

Merah dan hitam diklaim sangat seksi, tapi yang pertama juga ditandai sebagai tanda kesombongan. Hitam mewakili lebih banyak sifat "positif" (kecuali untuk kemurahan hati) dan hampir tidak ada karakteristik negatif seperti kesombongan.

Jadi, orang cenderung berpikir lebih baik tentang individu yang berpakaian hitam daripada seseorang yang memakai warna lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.