Sukses

Haru, Kisah Kucing yang Bersedih Usai Pemiliknya Wafat

Kucing persia itu tak lagi bersemangat untuk hidup sejak pemiliknya wafat

Liputan6.com, Jakarta - Hewan yang dipelihara dan dirawat dengan baik akan memiliki ikatan batin yang kuat dengan pemiliknya. Sudah banyak cerita yang mengisahkan hal tersebut. Sebut saja kisah anjing setia Hachiko dari Jepang.

Faktanya, tidak hanya anjing yang diklaim sebagai sahabat setia manusia bisa memiliki ikatan kuat dengan pemiliknya. Apapun hewan peliharaan yang dipelihara dengan baik, akan memiliki ikatan batin dengan pemiliknya. Termasuk kucing.

 

Sebuah cuitan di Twitter membagikan kisah kucing yang sakit-sakitan dan kehilangan gairah hidup setelah tuannya mati. Kisah mengharukan tersebut dibagikan oleh akun @animalfess2.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak lagi bersemangat untuk hidup

Akun itu sendiri mendapatkan kisah mengharukan tersebut dari akun Facebook Fadhil Raihan. Fadhil menjelaskan secara ringkas bagaimana kucing yang dipelihara oleh ayahnya terlihat begitu kehilangan setelah pemiliknya wafat.

Menurut Fadhil, kucing berwarna oranye itu bernama Rambo. Rambo telah diadopsi sedari kecil dan sangat dekat dengan ayah Fadhil. Ikatan batin yang kuat terlihat tak hanya ketika keduanya masih sehat, tapi setelah ayah Fadhil meninggal dunia.

Menurut Fadhil, setelah ayahnya meninggal, Rambo mendadak sakit, tak mau makan dan badannya panas. Kesehatannya menurun namun saat dibawa ke klinik tak ditemukan ada yang sang salah di dalam tubuh kucing itu.

Akan tetapi, dokter hewan mengatakan kepada pria itu bahwa hewan juga memiliki ikatan yang bisa merasakan kesedihan dan kehilangan dengan pemiliknya. Mungkin itulah yang dirasakan oleh Rambo sejak sang pemilik tiada.

 

 

3 dari 4 halaman

Dibawa ke makam pemiliknya

Keluarga Fadhil kemudian memilih membawa Rambo ke makam sang ayah. Di atas batu nisan pemiliknya, Rambo tampak termenung melihat batu nisan tersebut.

Kucing itu tak kunjung beranjak dari tempat duduknya di atas kuburan Ayah Fadhil. Sesekali, Rambo menyenderkan dan mengusap-usap badannya di batu nisan.

Untungnya, setelah kunjungan tersebut Rambo mulai mau makan dan beranjak pulih. Dari sana, Fadhil merasa bahwa hewan yang setia ternyata memiliki perasan yang sama kepada manusia pemiliknya.

 

 

4 dari 4 halaman

Respons netizen

Kisah tersebut telah dibagikan lebih dari 30 ribu kali dan disukai lebih dari 46 ribu kali di Twitter. Warganet menanggapi positif kisah tersebut.

Bahkan, banyak dari warganet mengakui bahwa hewan memiliki ikatan batin kuat dengan pemiliknya. Beberapa warganet menceritakan kisah yang tak jauh berbeda dengan hewan peliharaan yang mereka miliki.

"Mirip banget sama gopal yang udah diurus sama akung aku dari baru lahir sampe segede ini terus 2 tahun lalu akung aku meninggal terus gopal kayaknya sedih dia jadi jarang makan dan uring-uringan eh setahun kemudian gopal nyusul akung aku. Kayaknya gopal udah rindu akung aku," tulis akun @ZulfaCamilah28.

"Bener bgt, ini kejadian juga sama kucing dan kura-kura ku. Pas mama gak ada, kucing mas ku mati dan kura-kura ku juga.

Semua sama sama gak mau makan dan kayak ngerti yg ngasih makan bukan yg biasanya ngasih," tulis akun @_byamw.

"Tetangga aku juga ada tapi klo dia tumbuhan. Aku manggilnya pakde. Pakde ini tumbuhan dirumahnya banyak banget dan dirawat terus tiap hari. Di hari pakde meninggal tumbuhannya langsung layu semua padahal masih disiramin," tulis akun @oagayo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.