Sukses

4 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Rambut Berminyak

Selain menggunakan sampo, kamu bisa mengatasi masalah rambut berminyak dengan menggunakan bahan murah dan yang selalu ada di rumahmu.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Banyak yang menganggap rambut berminyak membuat penampilan kurang oke. Ternyata tipe rambut seperti itu bisa disebabkan berbagai hal, seperti polusi dan paparan sinar matahari.

Namun, selain menggunakan sampo, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan murah dan yang selalu ada di rumahmu. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut berminyak.

1. Oatmel

Oatmeal diklaim mampu menyerap minyak dan bahan kimia yang ada di kulit kepala agar bisa lebih sehat dan bersih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan oatmeal untuk mengurangi ketombe dan rambut kering agar lebih lembap.

Caranya, kamu cukup campurkan satu genggam oatmeal dan segelas air sampai menjadi pasta dan oleskan pada rambut. Biarkan selama 20 menit dan bilas rambut dengan air bersih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gula Merah dan Minyak Zaitun

Bahan yang paling mudah ditemukan yakni gula merah dan minyak zaitun. Jika kulit kepalamu berminyak, kamu bisa menggunakan kedua bahan tersebut untuk dioles di kulit kepala. Lakukan selama tiga menit sambil memijat secara perlahan. Lalu, kamu bilas dengan air dingin.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa gunakan tiga kali dalam seminggu. Selamat mencoba ya.

3 dari 4 halaman

3. Cuka Apel

Cuka apel berguna untuk mendetoks kulit kepala dengan mengontrol produksi minyak tanpa mengurangi kelembapan rambut. Selain itu, cuka apel juga mampu mengunci folikel rambut untuk menghindari kerontokan rambut.

Cuka apel juga bisa kamu gunakan sebagai sampo. Caranya, kamu cukup campurkan dua sendok cuka apel dengan segelas air panas lalu baurkan pada kulit kepala selama 5 menit dan dibilas.

4 dari 4 halaman

4. Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang bisa mengontrol minyak pada kulit kepala agar tidak mudah kering dan rontok.

Kamu bisa menggunakan 3 sendok baking soda yang dicampur satu liter air dan oleskan pada kulit kepala. Tunggu selama 20 sampai 30 menit dan bilaslah rambut dengan air dingin. Kamu bisa melakukan secara rutin setiap dua kali dalam seminggu.

Reporter:

Luthfia Miranda Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.