Sukses

Pencipta Filter Instagram Stories yang Viral Ini Ternyata Orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Instagram atau yang biasa disebut dengan IG ini adalah aplikasi berbagi foto serta video, pengguna juga berkesempatan untuk menggunkan berbagai filter yang disediakan oleh pihak Instagram. Selain pihak Instagram yang menyediakan berbagai filter, menariknya seorang mahasiswi asal Indonesia menciptakan filter baru di Instagram dengan nama ‘Peach*One’ dan ‘Peach*Two’.

Silvia Dewi Permata Sari, gadis kelahiran Blitar ini mencoba pengalamannya dalam membuat filter di Instagram. Ia mengatakan bahwa, alasan ia membuat filter tersebut hanya untuk berbagi dengan teman Instagram lainnya dan bermanfaat untuk banyak orang.

“Alasan saya membuat filter di Instagram hanya untuk sekedar berbagi aja kepada teman-teman di Instagram. Karena saya ingin menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang, dan alhamdullilah karya saya diterima dengan baik oleh teman-teman di Instagram,” Kata Silvia, saat diwawancarai Liputan6.com pada Jum’at 25 Oktober 2019.

Gadis yang biasa dipanggil Silvia ini juga mengungkapkan alasannya, menggunakan nama ‘Peach’ sebagai filter buatannya di Instagram.

“Jadi kenapa saya memberi nama filternya peach, karena sekarang kan lagi booming-boomingnya para selebgram memakai filter peach untuk foto dan video mereka di Instagram. Nah, dari situ saya mempunyai ide untuk membuat filter berwarna peach di Instagram agar karya saya dapat diterima banyak orang,” tuturnya lagi.

“Dan waktu itu belum ada creator yang bikin filter Peach di Instagram, maka dari itu saya menfaatkan situasi yang ada agar karya saya diterima banyak orang,” tambahnya lagi.

2 dari 6 halaman

1. Belajar Secara Otididak

Gadis yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya ini mengungkapkan bahwa, ia belajar membuat filter tersebut secara otodidak dan hanya bermodalkan bertanya pada salah satu temannya.

“Ada temen dari Jawa Barat tapi tepatnya di kota mana saya nggak tau, jadi saya tanya-tanya sedikit ke dia tentang apa yang belum saya tau. Selebihnya saya belajar sendiri secara otodidak,” katanya.

Untuk membuat filter tersebut ternyata memiliki kesulitan tersendiri bagi remaja 21 tahun ini. Silvia bahkan hampir putus asa karena tidak mengetahui kesalahan pada setting filternya tersebut. Meski kerap kali mengalami kesulitan, Silvia tetap optimis dengan apa yang ia lakukan tersebut.

Ia juga mengungkapkan saat ia sedang merasa putus asa, ia akan selalu ingat dengan prinsip hidupnya yaitu “Bahwa apa yang saya mulai, harus bisa saya selesaikan”.

3 dari 6 halaman

2. Hobi dan Jurusan Kuliah yang Tidak Sejalan

Saat ditanyai mengenai tujuan Sivia dalam membuat filter ‘Peach’ tersebut, ia mengatakan bahwa semua berawal dari hobinya yang sangat menggemari dunia editing.

Sejak Silvia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga ia Sekolah Menengah Atas (SMA), ia menyukai editing dan mulai mengedit video serta foto. Bahkan berkat hobi yang sudah ia geluti sejak lama ini, ia menemukan minatnya di bidang Editing.

Namun yang membuat terkejut adalah ia memilih jurusan kuliah yang tidak sejalan dengan hobinya tersebut. Saat ini Silvia mengambil jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi.

“Saya mengambil jurusan ini karena saya berpikir, nanti prospek kerja ke depannya bakal bagus setelah saya lulus. Dan saya sengaja mengambil jurusan yang berbeda dari hobi saya, karena saya ingin punya banyak ilmu baru. Ilmu yang tidak bisa saya pelajari sendiri dan saya harus masuk jurusan itu untuk karir saya kedepannya. Kalau hobi itu buat hiburan aja dan apabila hobi saya membawa keberuntungan untuk saya, ya anggap aja itu rezeki saya,” tutur Silvia.

4 dari 6 halaman

3. Cara Menggunakan Filter Peach

Dalam akun Instagram Pribadinya @silviadewiiiii ia membagikan cara untuk menggunakan filter Peach yang ia buat di Instagram.

Berikut 2 cara untuk menggunakan filter Peach:

1.       Follow Instagram Silvia @silviadewiiiii, maka filter tersebut akan masuk secara otomatis pada akun Instagram kalian.

2.       Untuk cara yang kedua ini, kalian dapat membuka Instagram dan klik icon smile pada akun Instagram Silvia. Lalu akan terlihat kata coba/simpan di pojok kiri pada layar ponsel kalian.

5 dari 6 halaman

4. Impian dan Harapan Silvia

Untuk impian sendiri Silvia ingin membuat orang lain bahagia dengan karya buatannya “Impian saya sih simple, saya ingin membuat semua orang bahagia dan senang ketika mereka menikmati karya saya,” ungkapnya.

Silvia juga berharap kedepannya para pengguna Instagram terutama yang menggunakan filter buatannya, agar menggunakannya secara bijak dan dapat memberikan nilai positif. Ia juga berharap bahwa karyanya dapat bermanfaat bagi orang lain.

“Harapan saya, mereka dapat menggunakan filter-filter Instagram buatan saya dengan bijak, agar dapat memberikan nilai positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” katanya saat diwawancarai.

Bukan hanya filter Peach tapi, Silvia juga sudah mempersiapkan filter-filter menarik lainnya.

Untuk kalian yang penasaran dengan filter buatan Silvia ini, kalian bisa menggunakan cara-cara yang sudah ditulis pada artikel ini ya. Mari kita dukung anak-anak muda Indonesia agar lebih kreatif dan imjinatif seperti Silvia Dewi Permata Sari.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini 8 Filter Wajah AR Instagram Paling Favorit, Coba Yuk!