Sukses

Inspiratif, Youtuber Disabilitas Pakai Bahasa Isyarat di Kontennya

Liputan6.com, Jakarta - Jika biasanya seorang youtuber aktif berbicara dalam sebuah video sebagai bentuk komunikasi, lain halnya dengan youtuber cantik yang satu ini. Amanda Farliany seorang youtuber asal Indonesia, yang menggunakan bahasa isyarat sebagai bentuk komunikasinya lewat konten Youtube miliknya.

Memiliki kekurangan fisik tidak dapat mendengar, membuat Amanda tidak lantas menyerah dengan keterbatasan yang ia miliki. Terbukti dengan kekurangannya tersebut, Amanda berhasil membuktikan kepada semua orang bahwa ia mampu memberikan inspirasi dengan menjadi seorang youtuber.

Konten Youtube yang dimiliki oleh Amanda ini beragam, seperti meng-cover lagu dengan menggunakan bahasa isyarat, mempelajari bahasa isyarat Indonesia, me-review tempat kekinian, dan kegiatan sehari-harinya bersama keluarga tercinta.

Dengan membuka Channel Youtube sendiri, Amanda ingin membuktikan bahwa penyandang disabilitas juga memiliki bakat serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang kreatif dan dapat menginspirasi.

2 dari 6 halaman

1. Disabilitas Bukan Halangan

Keadaan disabilitas yang dialami oleh Amanda tidak membuat semangatnya menurun dalam menjalani kehidupan. Justru ia membuktikan bahwa dirinya dapat sukses dengan menjadi seorang youtuber yang menginspirasi.

Amanda membuktikan bahwa, kekurangan adalah sebuah kelebihan yang tidak dimiliki setiap individu. Pantang menyerah dan terus melakukan hal positif membuat Amanda berhasil dikagumi oleh banyak orang.

3 dari 6 halaman

2. Pernah Mengalami Bullying

Sebelum duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Amanda lebih dulu di sekolahkan di Sekolah Luar Biasa oleh sang ibu. Saat itu Amanda merasa hidupnya normal-normal saja.

Tapi pada saat memasuki SMP, ibunda Amanda mendaftarkannya pada sekolah biasa. Dari situlah Amanda merasa bahwa ia berbeda dengan teman lainnya.

Beberapa teman-teman Amanda yang mengetahui bahwa Amanda memiliki kekurangan pun sering kali mengejek dan mengolok-oloknya. Ejekan tersebut semakin bertambah saat Amanda menuliskan cita-citanya yang ingin menjadi seorang model.

Berbagai ejekan ia terima seperti “Apa Mungkin orang sepertimu bisa menjadi model? Kamu kan tidak bisa mendengar,”.

4 dari 6 halaman

3. Pernah Menjadi Model

Pada tahun 1999 Amanda berhasil membuktikan mimpinya tersebut kepada semua orang. Ia berhasil menjadi seorang model tuli pertama pada majalah Aneka Yess!.

Meskipun dahulu sempat menerima ejekan dari teman-temannya, gadis cantik ini tidak pernah menyerah untuk meraih cita-citanya.

5 dari 6 halaman

4. Model Video Clip

Selain menjadi model majalah, ternyata Amanda juga menjadi model Video klip loh. Lagu besutan Letto yang berjudul Sebelum Cahaya, ternyata menggunakan Amanda sebagai model video klip mereka.

Amanda membuktikan bahwa kekurangan tidak pernah mengalahkan tekad dan cita-citanya. Meski sudah vakum dalam dunia entertainment, Amanda tetap dikenal sebagai sosok yang menginspirasi serta memiliki semangat dan juga segudang prestasinya yang patut untuk diapresiasi.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Stephen Hawking, Ilmuwan Disabilitas yang Menginspirasi Dunia
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Akan Jadi Pendaki Tanpa Kaki Pertama Taklukkan Gunung Everest