Sukses

Berjasa di Masa Perang, 4 Hewan Ini Dapat Penghargaan

Merpati hingga kucing, beberapa hewan berperan bagi manusia hingga dianugerahi penghargaan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sejarah manusia, kita bisa menemukan tokoh-tokoh penting. Itu misalnya pahlawan yang menyelamatkan banyak orang. Namun, bukan hanya manusia, beberapa hewan juga berjasa dalam kehidupan manusia.

Khsusunya ketika masa-masa perang, beberapa hewan ditugaskan mendampingi pasukan militer. Berbagai hal dilakukan hewan itu seperti mengantarkan pesan atau berjaga.

Karena jasanya, beberapa hewan mendapat penghargaan dan namanya tercatat dalam sejarah. Salah satu penghargaan untuk hewan yaitu Medali Dickin. Medali Dickin merupakan penghargaan dari PDSA untuk hewan yang berjasa, khususnya ketika perang dunia.

Seperti melansir Ranker, Minggu (1/9/2019), berikut beberapa hewan militer yang dianggap berjasa dan dianugerahi Dickin Medal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kucing bernama Simon

Tikus yang mengambil pasokan makanan bisa merugikan, apalagi jika itu pasokan makanan ketika perang atau konflik. Namun, seekor kucing bernama Simon berhasil mengamankan pasokan makanan di kapal HMS Amethys, khususnya ketika insiden Yangzte.

Kucing itu bertugas menjaga pasokan makanan dan berburu tikus. Atas jasanya, hingga saat ini Simon menjadi kucing satu-satunya yang mendapat penghargaan medali Dickin. Saat pemakamannya, Simon dikuburkan dengan upacara kehormatan angkatan laut.

3 dari 5 halaman

2. Merpati bernama G.I. Joe

Pernah dengar film G.I.Joe? Ini G.I. Joe lainnya. G.I.Joe ini merupakan seekor merpati miilter yang hidup di masa Perang Dunia II. Berdasarkan data American Racing Pigeon Union, Joe ditaksir telah menyelamatkan sekitar seribu orang ketika PD II.

Merpati itu berhasil menyampaikan pesan penting ketika alat komunikasi tidak dapat digunakan. Joe menempuh jarak 20 mil dan sampai di tempat tujuan tepat waktu. Joe pun dianugerahi medali Dickin pada 1946.

4 dari 5 halaman

3. Anjing bernama Rip

Saat ini, anjing juga sering dijadikan hewan pendamping dalam pencarian orang. Rip pun demikian.

Setelah ditemukan pada 1940, Rip menjadi anjing pelacak. Meski tidak dilatih untuk misi pencarian dan penyelamatan, Rip membantu dan berhasil menemukan ratusan korban saat serangan udara di London.

Atas jasanya itu, Rip pun mendapat medali Dickin pada 1945. Pada 1946, Rip meninggal dan dikuburkan di pemakaman PDSA, Essex.

5 dari 5 halaman

4. Reckless

Reckless merupakan seekor kuda yang berkerja dengan Angkatan Laut Amerika Serikat. Sersan Reckless mendapat penghargaan karena telah berperan mengantarkan pasokan untuk angkatan militer itu.

Pada 2016, Reckless pun mendapat penghargaan atas perannya khususnya saat Perang Korea.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.