Sukses

Cegah Kantung Mata Bengkak, Lakukan 7 Hal Ini Sekarang Juga

Berikut beberapa cara atasi dan cegah kantung mata bengkak.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda terganggu dengan area mata yang bengkak? Bengkak di area mata memang dapat mengganggu kenyamanan dan bahkan bisa mengganggu penampilan juga.

Bengkak di area mata dapat terjadi akibat berbagai hal, di antaranya karena masalah tidur, stres, menangis, dehidrasi, dan konsumsi alkohol.

Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk mengurangi masalah kantung mata bengkak, seperti menggunakan timun, lidah buaya, hingga bahan lainnya. Selain dengan bahan-bahan tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan juga untuk mengurangi dan mencegah masalah bengkak di area mata ini.

Dilansir dari Boldsky dan healthline, Rabu (24/7/2019), berikut beberapa cara mengurangi dan mencegah kantung mata yang mengganggumu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tidur yang Cukup

Salah satu penyebab munculnya kantung mata adalah masalah tidur. Oleh karenanya, Anda perlu pola tidur yang baik. Umumnya, orang dewasa butuh waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari. Perhatikan pula rutinitas Anda sebelum tidur.

2. Minum cukup air

Kantung mata juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Pastikan Anda cukup minum untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Jika Anda sering lupa minum, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mengingatkan Anda minum.

 

3 dari 5 halaman

3. Ketahui apakah alergi atau bukan

Coba tanyakan kepada dokter apakah Anda alergi terhadap sesuatu atau tidak. Alergi dapat juga menyebabkan mata merah dan bengkak.

Hal itu karena keinginan Anda untuk menggosok mata Anda. Konsultasi dengan dokter dapat membuat Anda tahu apa yang perlu dilakukan.

4. Kurangi konsumsi kadar garam

Konsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuhmu lebih membutuhkan cairan. Hal itu pun dapat berpengaruh pada masalah kesehatan lainnya. Coba kurangi konsumsi garam termasuk yang ada dalam makanan ringan dan makanan olahan lainnya.

 

4 dari 5 halaman

5. Hindari alkohol

Coba hindari atau batasi konsumsi alkohol. Alkohol dapat membuat Anda lebih mudah dehidrasi dan dehidrasi bisa menjadi penyebab bengkak di area mata.

Dibanding alkohol, cobalah menggantinya dengan air mineral atau infused water buah-buahan segar.

 

5 dari 5 halaman

6. Kompres

Kompres mata dengan kain dingin yang bersih dapat mengurangi bengkak di area mata. Kompres sekitar 10 menit untuk membantu aliran cairan di sekitar mata Anda.

Kompres menggunakan bahan yang mengandung antioksidan seperti teh pun dapat Anda lakukan untuk mengurangi bengkak di area mata.

7. Latihan menggerakkan wajah

Lakukan gerakan untuk melatih wajah. Gerakan ini dapat meningkatkan sirkulasi di area bawah mata.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.