Sukses

Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda dengan Kentang

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang pasti memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Meskipun tidak sedang melakukan pekerjaan yang berat, tetapi lingkaran hitam itu sangat sulit dihilangkan.

Salah satu alasan utamanya adalah karena kulit di bawah area mata memiliki lapisan yang sangat tipis. Hal itulah yang membuatnya berubah warna dengan cepat.

Lingkaran hitam di bawah mata sering kali mengurangi tingkat rasa percaya diri. Selain itu, bagi kaum hawa, lingkaran hitam bisa merusak penampilan atau merusak riasan pada wajah.

Pasti orang-orang yang memiliki lingkaran di bawah mata sering kali mendapat saran untuk meminum lebih banyak air atau menambah waktu tidur. Namun, ternyata orang-orang dengan pola hidup sehat dan memiliki waktu tidur yang cukup pun masih bisa mendapatkan lingkaran hitam ini.

Pasalnya, meskipun telah minum banyak air, lingkaran hitam masih saja muncul di bawah mata. Itu karena, adanya lingkaran hitam di bawah mata juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Untungnya, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lingkaran hitam tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan kentang.

Kentang adalah obat yang sempurna untuk mengatasi masalah lingkaran hitam di bawah mata. Alasan kentang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah karena kentang secara alami memiliki sensasi yang dingin.

Efek dingin itulah yang kemudian bisa menenangkan kulit di bawah mata. Ditambah, kentang juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa "memberi makan" pada kulit.

Rasa dingin pada kentang akan menyebabkan pembengkakan mereda. Hasilnya, matamu akan terlihat lebih terjaga dan segar.

 

 

2 dari 2 halaman

Katekolamin

Kentang mengandung katekolamin, yakni senyawa organik yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal dalam menanggapi stres. Senyawa tersebut merupakan zat alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mencerahkan kulit.

Ada banyak produk riasan yang menggunakan zat ini untuk mencerahkan warna kulit dan menghilangkan bintik-bintik pigmentasi. Zat ini terdapat di dalam kentang dalam jumlah yang sedikit.

Itulah sebabnya kentang dapat membuat kulit di sekitar area mata menjadi lebih cerah dan akan membebaskanmu dari lingkaran hitam di bawah mata. Namun, pastikan untuk mencuci kentang hingga benar-benar bersih. Pasalnya, jika ada kotoran yang tertinggal, maka kulit matamu bisa terkena iritasi.

Cara Penggunaan

Untuk menghilangkan lingkaran hitam, kamu bisa menggunakan kentang dengan beberapa cara yang berbeda. Berikut adalah beberapa caranya.

Cara termudah yang bisa digunakan adalah dengan memotong kentang menjadi beberapa irisan tipis. Kamu bisa menaruh irisan tipis tersebut di bawah matamu. Pastikan sari-sari kentang tidak masuk ke dalam mata.

Lalu cara kedua dengan memarut kentang terlebih dahulu. Dengan begitu, ada lebih banyak uap air yang dilepaskan dan akan membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Letakkan parutan kentang tersebut ke dalam sapu tangan tipis dan letakkan di atas kelopak mata.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kentang dengan memarutnya dan simpan parutan tersebut di atas saringan. Peras kentang yang telah diparut, di atas saringan untuk mengambil sari-sari yang ada di dalam kentang.

Jangan lupa untuk menyiapkan mangkuk sebagai tempat untuk menyimpan air sari dari parutan kentang. Setelah itu, basahi kapas menggunakan sari kentang yang ada di dalam mangkuk dan lipat menjadi dua bagian. Letakkan kapas basah ini di bawah matamu dan diamkan selama beberapa saat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diamkan kentang atau kapas selama 15 menit di bawah matamu. Hal tersebut berlaku untuk semua cara yang akan kamu gunakan. Ulangi cara tersebut setiap pagi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Alami Atasi Mata Panda
Artikel Selanjutnya
3 Penyebab Mata Panda Selain karena Kurang Tidur