Sukses

8 Hal Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Terjebak Macet

Beberapa hal ini bisa kamu lakukan jika kamu sedang terjebak kemacetan yang parah.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada yang suka terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Kemacetan terkadang bisa menjadi sangat menyebalkan, terutama jika kamu sudah melewati hari yang panjang atau buruk di tempat kerja.

Kemacetan lalu lintas adalah bagian tak terhindarkan di dalam kehidupan sehari-hari. Segelintir orang lebih suka terus berjuang dan bergerak dari rute kemacetan, sementara yang lain lebih suka untuk mengamati perilaku orang lain di jalan.

Tentu saja, hal tersebut hanyalah satu dari beberapa cara lain untuk menghabiskan waktu saat kamu sedang terjebak dalam kemacetan. Jadi, daripada berdiam di dalam kendaraan, cobalah beberapa hal berikut yang dapat kamu lakukan ketika sedang terjebak macet.

1. Menelepon Seseorang

Manfaatkan waktu ini untuk menelepon beberapa temanmu yang sudah lama tidak kamu jumpai. Akibat dari sibuknya kegiatan di tempat kerja, kamu bisa saja melewatkan beberapa panggilan telepon. Nah, ini adalah saat yang tepat untuk menelepon mereka lagi.

Jika kamu berada jauh dari keluarga, tidak ada yang lebih baik daripada menelepon keluargamu di rumah. Bicaralah dengan orangtua atau saudaramu.

Namun, pastikan kamu menggunakan handsfree pada saat melakukan panggilan tersebut, sehingga kamu dapat terus mengawasi jalan di depanmu.

Satu yang perlu diingat, jangan pernah mengirim pesan teks pada saat berkendara. Selain berbahaya, kamu tentu tidak ingin polisi menangkapmu, bukan?

2. Mendengarkan Musik

Nyalakan radio dan usahakan agar tetap terhibur dengan mendengarkan musik. Jika kamu memiliki playlist yang bagus, putarlah musik dari teleponmu, kemudian duduk, rileks, dan nikmati waktumu sambil menunggu kemacetan berlalu.

Pecahkan keheningan di dalam kendaraan dengan menyanyikan lirik lagu keras-keras. Kamu bisa melakukan ini sendirian atau dengan orang lain yang ada di dalam kendaraan.

Jika kamu cukup beruntung, kamu juga bisa mengajak orang lain di sekitar kendaraanmu untuk bernyanyi bersama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membaca Buku atau Koran

Adanya jadwal yang tidak menentu, membuatmu hampir tidak menemukan waktu untuk mengikuti perkembangan berita. Tidak hanya berita, kamu bahkan tidak sempat untuk membaca buku.

Jika kamu memiliki hobi membaca dan selalu membawa buku, maka kemacetan lalu lintas adalah waktu terbaik untukmu kembali membaca beberapa halaman di dalam bukumu. Terutama ketika kamu tahu bahwa kamu tidak akan bergerak maju dalam 10-15 menit ke depan.

Jika kamu lebih suka membaca di ponsel, kamu juga dapat melakukannya. Namun, pastikan kamu tetap fokus pada jalanan di depanmu, ya!

4. Mainkan Gim atau Puzzle

Aplikasi gim atau puzzle yang ada di dalam ponselmu sangat berguna untuk menghilangkan rasa bosan saat kamu terjebak macet. Kamu bisa sedikit bersantai dalam padatnya lalu lintas dengan memainkan gim atau memecahkan teka-teki.

Kamu dapat mencoba memainkan Sudoku atau teka-teki silang. Bukankah kemacetan adalah waktu terbaik untuk menggunakan otakmu, alih-alih menjadi frustrasi?

Namun, jika kamu tidak sendirian di dalam mobil, kamu bisa memainkan 'tebak lagu'. Caranya adalah dengan menyanyikan sebuah nada atau lirik lagu, kemudian yang lain harus menebaknya. Saat menyanyikan lagu ini, kamu bisa sekaligus bernostalgia dengan teman-temanmu.

3 dari 4 halaman

5. Makan

Terjebak macet dalam waktu yang lama bisa membuatmu kelaparan, apalagi jika kemacetan terjadi dalam keadaan stagnan.

Hal itu dapat membuatmu kelelahan serta menambah rasa frustrasi. Jadi, pastikan kamu selalu membawa camilan, sehingga kamu bisa makan satu atau dua gigitan saat lalu lintas sedang padat.

6. Buat Daftar Agenda atau Rencana Perjalanan

Kemacetan adalah saat yang tepat untuk mencatat semua hal yang harus kamu selesaikan setiap hari, minggu, atau bahkan bulan. Fokus pada hal yang lupa atau belum kamu lakukan.

Dafar tersebut akan membuat tugasmu menjadi lebih mudah, dan memastikan bahwa kamu tidak melupakan apa pun. Jika kamu sudah lama ingin berlibur atau melakukan perjalanan singkat, manfaatkan waktu ini untuk membuat rencana perjalanan.

Jelajahi secara daring dan temukan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi.

 

4 dari 4 halaman

7. Merapikan Mobil

Kamu belum menemukan waktu yang tepat untuk membersihkan mobilmu? Nah, terjebak dalam kemacetan lalu lintas tanpa melakukan apa pun bisa menjadi waktu terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.

Kumpulkan semua plastik dan sampah lainnya, sisihkan sampah tersebut sehingga kamu bisa membuangnya nanti. Kamu juga bisa mengatur ulang tampilan dasbor mobil.

Jika kamu punya kesempatan, keluarlah dari mobil dan bersihkan bagian luar juga. Tentu saja kamu bisa melakukan ini hanya ketika lalu lintas tidak bergerak sama sekali.

8. Bersabar

Hal terpenting dan kunci untuk selamat dari kemacetan lalu lintas adalah bersabar. Antrean panjang, penumpukan kendaraan, dan klakson di mana-mana dapat menyebabkan frustrasi dan emosi memuncak. Namun, kendalikanlah amarahmu dan cobalah untuk tetap tenang. Pikirkan beberapa cara untuk menghibur diri sendiri. Jika kamu tidak dapat memikirkan apa pun, kamu bisa memilih salah satu cara di atas.

Selain hal di atas, beberapa hal lain yang dapat kamu lakukan saat berada di tengah kemacetan adalah melakukan obrolan dengan orang lain di dalam mobil. Jika kamu terjebak macet pada saat akan berangkat ke tempat kerja, kamu bisa mempersiapkan dirimu sebelum sampai ke kantor. Pikirkanlah hal apa saja yang harus kamu capai pada hari itu.

Setelah membaca tips di atas, kamu akan tahu bahwa kemacetan ternyata tidak seburuk itu! Kamu hanya harus mengetahui cara memanfaatkan waktu pada saat terjebak macet. Pastikan kamu melakukan tips di atas ketika kemacetan terjadi secara stagnan. Berhati-hatilah saat berkendara!

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.