Sukses

Merokok di Dalam Mobil, Pria Ini Alami Hal Mengerikan

Saat merokok, biasakanlah untuk menggunakan area terbuka atau area khusus yang telah disediakan untuk perokok.

Liputan6.com, Jakarta - Merokok sudah menjadi sebuah kebiasaan bahkan kebutuhan bagi segelintir orang. Biasanya merokok dilakukan setelah makan, saat merasa sedih, merasa bosan, merasa penat, bahkan saat berkendara.

Untuk mengurangi jumlah perokok pasif, biasanya di beberapa tempat umum disediakan ruang khusus bagi para perokok. Di ruangan tersebut mereka bisa bebas merokok tanpa harus khawatir akan ada yang mengganggu.

Namun, ada salah satu kebiasaan buruk para perokok yang sulit dihilangkan, yakni merokok di dalam mobil. Selain asapnya berbahaya bagi penumpang lain di dalam mobil, abu rokok yang terbawa angin juga berbahaya bagi pengendara lain di jalanan.

Merokok di dalam mobil juga bisa menimbulkan kecelakaan fatal. Seperti dalam video yang diunggah akun Twitter @barbarapalviine.

Ia mengunggah sebuah cuplikan video dari akun YouTube Widi Mandiri yang menampilkan rekaman cctv tentang ledakan yang dialami sebuah mobil. Diketahui ledakan yang terjadi pada mobil tersebut disebabkan oleh rokok yang dinyalakan di dalam mobil.

Menurut informasi yang ada di dalam video tersebut, sang pengemudi menyalakan rokok pada saat istrinya menyemprotkan parfum, sehingga terjadilah sebuah ledakan. Selain dapat membuat api cepat menyebar, kandungan alkohol dan zat kimia yang terdapat di dalam parfum dapat memperparah ledakan serta membuat api menjadi lebih sulit dipadamkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peristiwa Ledakan Lainnya

Ternyata, peristiwa serupa juga pernah terjadi. Terdapat sebuah video lain yang menampilkan dua orang remaja laki-laki terbakar di dalam mobil mereka setelah menyalakan api dari korek. 

Video yang diunggah akun Twitter @n41270 tersebut memperlihatkan kecepatan api yang menyebar di dalam mobil. Diketahui mobil tersebut sedang dalam keadaan tertutup tanpa ada ventilasi.

Tidak adanya ventilasi tentu menyebabkan gas tidak bisa keluar dan akhirnya terkurung di dalam mobil. Hal itulah yang memicu api menjalar dengan sangat cepat.

Jadi, jangan sepelekan kebiasaan merokok di kendaraan ya. Selain merugikan orang lain, kamu juga bisa ikut tertimpa masalah lo.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.