Sukses

6 Tempat Wisata Alam Curug Sekitar Jakarta Ini Bakal Hilangkan Penatmu

Kamu bingung mau liburan ke mana? Wisata alam Curug bisa jadi alternatif nih.

Liputan6.com, Jakarta Kamu yang sibuk bekerja di Jakarta, tidak perlu bingung untuk menghilangkan penat dan mencari tempat wisata. Rutinitas kerja, belum lagi ditambah macet dan panas, membuat stres. Biasanya pelarian orang-orang di Jakarta adalah ke Mal dan tempat hiburan lainnya. 

Padahal tidak jauh dari Jakarta, banyak tempat wisata alam yang dapat kita kunjungi. Dengan keindahan alam dan kesejukan suasananya akan membuat kita seakan lepas dari beban-beban pekerjaan selama weekdays.

Untuk melepas penat dari beban pekerjaan, berikut 5 tempat wisata alam Curug sekitar Jakarta yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (22/3/2019). Bagi yang belum tahu, kata "curug" ini merupakan kata dari Bahasa Sunda yang artinya air terjun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Curug Goa Lumut dan Curug Parigi

1. Curug Goa Lumut

Tempat wisata alam Curug pertama yang berada di sekitar Jakarta adalah, Curug Goa Lumut. Curug Goa Lumut ini adalah salah satu wisata curug terbaik di Bogor.

Curug yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini diberi nama Curug Goa Lumut karena di dasar kolam ditumbuhi oleh lumut, yang mengakibatkan air kolam terlihat kehijauan.

Ketinggia curug ini hanya beberapa meter, tidak terlalu tinggi untuk sebuah curug. Tapi kedalamannya bisa mencapai 5 meter lebih, yang merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari curug ini.

Dengan airnya yang berwarna hijau dan segar, kita dapat menenangkan pikiran sembari bermain air di curug Goa Lumut ini.

2. Curug Parigi

Curug Parigi memiliki bentuk yang unik, menyerupai air terjun Niagara di Amerika. Bentuknya tidak menyerupai air terjun biasanya, yang begitu tinggi, tapi lebih melebar.

Bahkan karena kemiripannya dengan Air terjun Niagara, curug Parigi ini dijuluki dengan julukan Little Niagara Bekasi.

Siapa sangka curug parigi ini terletak di Kota Bekasi, tepatnya di Bantargebang, di kali Cileungsi. Curug ini dapat dijangkau hanya dengan satu jam dari Jakarta, dan cocok untuk refreshing pikiran dari pekerjaan-pekerjaan yang selalu menghantui.

Keindahan dan keunikan Curug Parigi ini cocok dijadikan tempat untuk swafoto dan berkumpul dengan teman-teman, walaupun kadang banyak sampah yang bertebaran karena orang-orang yang tak bertanggung jawab.

3 dari 4 halaman

Curug Leuwi Hejo dan Curug Leuwi Lieuk

3. Curug Leuwi Hejo

Air terjun atau curug yang selanjutnya adalah Curug Leuwi Hejo. Kolam di sekitar curug ini mempunyai kedalaman hingga 7 meter dan airnya pun terlihat kehijau-hijauan, namun masih tetap jernih. Di curug ini juga ada bebatuan yang berguna banget buat kamu yang pengen terjun ke kolam tersebut. 

Curug Leuwi Hejo ini merupakan salah satu air terjun yang punya ciri khas yang kece. Dengan kesegaran yang ditawarkan di curug Leuwi Hejo ini, akan sangat rugi kalau kita tidak menceburkan diri ke kolamnya. Sensasi kesegarannya akan membuat kita seakan lupa dengan pekerjaan yang menumpuk.

4. Curug Leuwi Lieuk

Wisata curug yang juga sangat indah, yang lagi-lagi terletak di Bogor adalah Curug Leuwi Lieuk. Curug ini merupakan Curug yang terletak di dekat Curug Leuwi Hejo, tetapi untuk mencapainya, kita harus berjalan agak jauh dari parkiran yang ada di kawasan Curug Leuwi Hejo ini.

Air di curug ini benar-benar bersih dan bening serta tentunya bebatuan di sana tidak ada yang berlumut. Sehingga jika kita mengunjungi Curug Leuwi Lieuk ini, jangan lupa untuk sekedar bermain air ataupun berenang, tapi tetap dengan hati-hati karena kedalaman curug ini sekitar 4 meter.

Curug Leuwi Lieuk ini dapat diakses bersamaan dengan curug Leuwi Hejo, makanya akan sangat disayangkan untuk tidak mampir ke curug Leuwi Lieuk ini bilak kita telah mengunjungi Curug Leuwi Hejo.

4 dari 4 halaman

Curug Ciherang dan Curug Cikuluwung

5. Curug Ciherang

Curug Ciherang ini memiliki tiga tingkat dengan ketinggian berbeda-beda dan membuat pemandangan di sekelilingnya tampak luar biasa. Di curug Ciherang ini akan sangat sayang untuk dilewatkan karena air disini benar-benar sangat menyegarkan.

Disini kita seakan melihat lukisan nyata saat berada di area wisata Curug Ciherang yang berada di Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Banyak wisatawan yang ingin mampir ke air terjun ini untuk menyaksikan secara langsung air terjun bertingkat ini berikut dengan keindahan yang ditawarkannya.

6. Curug Cikuluwung

Di sekeliling Curug Cikuluwung ini, terdapat tebing batu yang menjulang tinggi berwarna coklat sehingga tampak kontras dengan warna airnya. Letaknya di Kampung Suka Asih, Kecamatan Pamijahan. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi saat menuju kemari karena belum ada angkutan umum yang lewat.

Saat berada di Curug Cikuluwung, pasti rasanya ingin langsung nyemplung ke kolam alaminya yang sangat indah. Di bawah air terjun persis, terdapat kolam dengan air berwarna biru kehijauan yang sangat jernih dan menyegarkan.

Jangan sampai lupa untuk melepas penat dan berkunjung ke wisata alam yang tidak jauh dari Jakarta ini. Wisata-wisata curug yang sangat indah dan menyegarkan ini dapat sejenak melepaskan penat kita dari aktivitas rutin sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.