Sukses

Pengumuman SNMPTN 2019, Simak Fakta Menariknya

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dipastikan akan mengumumkan hasil tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Jumat (22/3/2019) mulai pukul 13.00 WIB. 

Dalam aturan SNMPTN tahun ini, terdapat beberapa aturan yang baru. Aturan baru itu adalah siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

Kemudian urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Setelah membuka laman pengumuman, siswa tinggal memasukkan nomor pendaftaran atau NISN. Setelah itu, masukkan tanggal lahir dan tinggal klik "Lihat Hasil Seleksi".

Mulai dari adanya peraturan baru inilah, terdapat beberapa fakta menarik tentang pengumuman SNMPTN pada tahun 2019, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/03/2019).

2 dari 4 halaman

Pengumuman Dipercepat

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengatakan pihaknya mempercepat pengumuman hasil seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Jumat, 22 Maret 2019.

Pengumuman SNMPTN ini diselesaikan lebih cepat agar dapat memberi kesempatan para siswa yang tidak lolos untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) gelombang I.

"Dimajukannya pengumuman dikarenakan proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang satu," ujar Ravik di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (19/3/2019).

3 dari 4 halaman

Segera Daftar UTBK Bagi yang Tidak Lolos

Ravik juga meminta agar siswa memperhatikan beberapa hal, yakni pendaftaran Ujian Tulis Berbasih Kompetensi atau UTBK. UTBK gelombang satu yang akan ditutup pada 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB.

Kemudian, kata dia, pembukaan pendaftaran UTBK gelombang dua akan dimulai pada hari Senin, 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada Senin, 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

"Kami berharap agar siswa benar-benar memperhatikan mekanisme pendaftaran UTBK," jelas Ravik.

4 dari 4 halaman

Peserta yang Lolos Seleksi

Menurut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 Perguruan tinggi negeri sejumlah 92.331 siswa dari jumlah pendaftar sebanyak 478.608. Dari jumlah yang dinyatakan lulus tersebut, sebanyak 26.217 diantaranya merupakan siswa dari peserta Bidikmisi.

Peserta yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Namun bagi siswa yang belum beruntung tidak perlu khawatir, sebab masih ada kesempatan melalui dua jalur lain.

"Apabila tidak diterima pada SNMPTN, masih ada dua kesempatan lagi yaitu dari SBMPTN yaitu jalur ujian mandiri, inilah yg kami dorong pada rakyat indonesia," kata Mohamad Nasir, Jumat (22/3/2019), di Kemenristekdikti, Senayan, Jaksel.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sempat Dihujat, Lagu Comeback Momoland “I’m So Hot” Sukses Bikin Ketagihan
Artikel Selanjutnya
5 Potret Lia Ladysta, Personel 3 Serigala yang Dilaporkan Syahrini