Sukses

Gejala Alam Biotik dan Abiotik yang Terjadi di Sekitar Tanpa Disadari

Ada beberapa gejala alam biotik dan abiotik yang tak disadari.

Liputan6.com, Jakarta Manusia tumbuh dan berkembang berdampingan dengan alam. Secara kompleks, manusia membutuhkan bantuan alam dalam banyak hal. Manusia sudah seharusnya menjaga keseimbangan dan pelestarian alam, karena manusia memang membutuhkan peran dari alam itu sendiri. Tak hanya manusia, alam juga terkadang memiliki proses berubahnya sendiri.

Di bumi, alam memiliki berbagai perubahan dan gejala yang dapat menimbulkan suatu interaksi. Interaksi-interaksi tersebut dapat dibedakan menjadi biotik dan abiotik. Gejala alam biotik dan abiotik membuat manusia membutuhkan pengetahuan untuk mengidentifikasi dalam merespon gejala alam yang terjadi. Baik gejala alam biotik dan abiotik.

Jika manusia dapat mempelajari gejala alam biotik dan abiotik, maka manusia dapat mengembangkan ide-ide agar mampu berinteraksi dengan alam sekitarnya. Hal ini tentu menjadi suatu pengetahuan agar manusia dapat melakukan sesuatu pada alam untuk menjaganya.

Biotik adalah suatu komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk-makhluk hidup. Komponen biotik ini dapat dibedakan berdasarkan jenis-jenis, ukuran serta peran dan fungsinya. Manusia sendiri masuk dalam komponen biotik karena memiliki pengaruh yang besar terhadap gejala alam yang terjadi.

Abiotik adalah komponen lingkungan yang terdiri atas benda-benda mati, namun memberikan pengaruh dan manfaat dalam kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Contoh komponen abiotik adalah air, udara, tanah dan sinar matahari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Tak hanya manusia, makhluk hidup lainnya pun tak bisa hidup sendiri. Mereka juga membutuhkan bantuan dari makhluk hidup lainnya. Sehingga di alam ini, terdapat interaksi antara manusia dan alam dengan segala interaksi timbal balik yang dihasilkan.

Makhluk hidup yang terbagi menjadi biotik dan abiotik saling berinteraksi sehingga memunculkan gejala alam. Gejala alam biotik dan abiotik hasil dari interaksi tersebut memunculkan fenomena-fenomena. Hal ini karena gejala alam biotik dan abiotik saling mendukung satu sama lain.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh gejala alam biotik dan abiotik yang ada di sekitar kehidupan manusia, Selasa (19/3/2019).

3 dari 4 halaman

Gejala Alam Biotik

Gejala alam biotik meliputi seperti tumbuh dan berkembang, gerak, bernapas, berkembang biak sehingga jumlahnya menjadi bertambah banyak dan peka terhadap rangsang. Contohnya adalah sebagai berikut:

- Penyebaran virus flu burung

Penyebaran virus flu burung disebabkan oleh mutasi genetik di berbagai jenis unggas. Unggas-unggas akan mengidap virus tersebut dan menyebarkannya pada unggas lainnya yang masih sehat. Manusia pun bisa terinfeksi virus flu burung jika terjadi interaksi antara unggas dengan manusia.

- Penyebaran hama

Hama biasa ditemui di pekarangan, kebun, sawah dan lainnya. Mewabahnya hama disebabkan adanya interaksi dan beberapa faktor lainnya. Salah satunya adalah mangsa dari para hama ini telah hilang yang bisa disebabkan pestisida atau jumlahnya yang telah sedikit akibat hadirnya predator baru di kawasan tersebut.

- Meningkatnya pertumbuhan eceng gondok

Sumber air dengan kandungan nitrogen yang berlebih akan memudahkan eceng gondok untuk tumbuh subur. Meningkatnya jumlah eceng gondok pada rawa atau danau bukanlah hal yang baik, karena akan membuat rawa dan danau menjadi dangkal. Hewan yang hidup di air tersebut pun akan terancam.

- Punahnya hewan dan tumbuhan langka

Gejala alam biotik juga dapat dilihat dari mulai punahnya berbagai jenis hewan maupun tumbuhan. Hal ini dapat disebabkan terlalu lamanya atau lambatnya laju perkembang biakan makhluk langka tersebut. Bisa juga dari aktivitas manusia yang berburu secara ilegal.

4 dari 4 halaman

Gejala Alam Abiotik

Pada gejala alam abiotik merupakan komponen dari benda-benda mati. Gejala alam abiotik dapat dilihat dari berbagai sisi seperti tekstur, warna, bentuk, ukuran, aroma, wujud dan rasa. Contoh gejala alam abiotik, sebagai berikut:

- Bencana tsunami

Penyebab terjadinya bencana alam tsunami adalah pergeseran lempeng – lempeng yang ada di dasar laut. Lempengan bumi bergesar sehingga menciptakan cekungan yang kemudian terisi air laut. Maka dari itu sebelum terjadi tsunami, air laut tampak surut terlebih dahulu. Setelah cekungan terisi penuhj maka ada dorongan sehingga menimbulkan gelombang.

- Terbentuknya angin

Perubahan dan perbedaan pada suhu serta tekanan udara menghasilkan angin. Angin yang berhembus mampu menjadi alat penyerbuk pada tanaman dan juga berguna bagi kehidupan makhluk lainnya.

- Terciptanya hujan

Hujan merupakan gejala alam abiotik karena terjadi akibat uapan air. Hujan turun ke bumi setelah melalui serangkaian siklus hidrologi yang terjadi secara berulang-ulang. Turunnya hujan juga di pengaruhi oleh pergerakan angin.

- Gerak rotasi bumi dan gerak semu harian bintang

Pergreakan rotasi bumi akan mengakibatkan pergantian siang dan malam. Selain itu, gejala alam abiotik juga dapat dilihat dari pergerakan semu harian bintang akibat dari rotasi bumi yang berputar. Jika kamu setiap malam melihat bintang seolah bergerak, itu sebenarnya adalah bumi yang berputar pada rotasinya.

- Pelangi

Pelangi adalah gejala alam abiotik karena terjadi akibat pembiasan dari sinar matahari di dekat sumber mata air (butir-butir air). Sinar matahari yang melewati tetesan air akan mengeluarkan cahaya warna-warni seperti kaca prisma.

Demikian penjelasan tentang gejala alam biotik dan abiotik beserta contohnya yang bisa kamu amati di sekeliling lingkunganmu. Interaksi antara makhluk-makhluk hidup maupun benda mati akan menghasilkan gejala alam yang unik bahkan luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.