Sukses

Cara Merawat Burung Kenari Agar Memiliki Suara Indah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu hobi yang dimiliki sebagian orang. Tak hanya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, tetapi beberapa orang juga memiliki hobi memelihara burung.

Ada banyak jenis burung yang dapat dipelihara dirumah. Beberapa oran gmemiliki hobi memelihara burung karena beberapa alasan. Ada yang tertarik karena bulunya yang indah, kemampuan kicaunya atau jenis burung yang memiliki nilai yang fantastis. Salah satu burung yang banyak dipelihara adalah burung kenari.

Burung Kenari

Burung kenari atau Serinus Canaria menjadi banyak yang ingin memeliharanya karena burung ini adalah burung yang mampu bernyanyi dengan sangat baik. Tak heran jika burung kenari banyak penggemarnya. Bulu burung kenari juga berbagai macam dan membentuk warna unik yang berbeda-beda.

Memiliki suara yang indah yang mampu mengeluarkan suara dengan nada yang berbeda-beda, cara merawat burung kenari pun sangatlah mudah. Beberapa tips untuk kamu bisa mendapatkan burung kenari yang sehat dengan suara yang indah kamu bisa simak cara merawat burung kenari ini.

2 dari 3 halaman

Cara merawat burung kenari

Burung kenari memang dikenal sebagai jenis burung yang memiliki banyak kelebihan. Memiliki suara yang indah dengan nada dan ritme tinggi hingga rendah dan juga memiliki motif-motif bulu yang bervariasi dan berwarna-warni. Memiliki banyak daya tarik, cara merawat burung kenari nyatanya tak sulit.

Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (17/3/2019) berikut cara merawat burung kenari yang bisa jadi referensimu.

1. Memberikan pakan yang baik

Memelihara hewan tentu saja memberi pakan adalah faktor yang utama. Cara merawat burung kenari pun kamu perlu memerhatikan pakannya dengan baik. Pastikan kamu memberikan pakan yang bergizi seperti berasal dari campuran biji-bijian, telur puyuh rebus, kroto, sayuran segar dan asinan telur sotong.

Perlu diperhatikan juga jangan memberikan pakan yang berlebihan. Burung kenari yang mengalami berat badan berlebih biasanya akan jarang berkicau.

2. Pemasteran burung kenari

Pemasteran adalah memberikan suara burung pada burung kenari. Kamu bisa menggunakan suara burung dari rekaman musik yang diletakkan di kandang bersama dengan burung kenari peliharaanmu.

Hal ini akan membuat burung kenari berlatih berkicau. Usahakan memberikan pelatihan ini selama 2 jam berturut-turut secara rutin dan pastikan volumenya kecil agar burung kenari tak takut.

3. Merawat burung kenari

Cara merawat burung kenari adalah dengan memandikan dan menjemurnya secara rutin. Memandikan burung kenari dengan cara disemprot hingga bulunya benar-benar basah merata. Setelah dimandikan jemur burun kenari sekitar 2 jam pada pagi hari. Kamu perlu memandikan burung kenari setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

4. Membersihkan kandang burung kenari

Tak hanya membersihkan burung kenari, tempat atau kandangnya pun perlu kamu bersihkan juga. Hal ini merupakan cara merawat burung kenari yang penting juga. Kebersihan kandang burung kenari akan memberikan efek kesehatan langsung pada si burung.

Tentu kamu tidak ingin jika kotoran di kandang burung kenari akan berjamur dan menimbulkan bakteri yang bahaya untuk kesehatan burung. Perhatikan juga kebersihan tempat maakn dan tempat minumnya.

5. Usahakan hindari pengganggu

Bagi yang gemar mengikuti perlombaan burung kenari, tentu memberikan waktu istirahat pada burung kenari sangatlah penting. Usahakan untuk tidak adanya gangguan saat burung kenari istirahat. Munculnya pengganggu dapat memicu burung kenari menjadi stres dan akan berujung burung mati.

6. Merawat burung kenari dengan konsisten

Jika kamu ingin memiliki burung kenari yang memiliki suara indah dan tumbuh dengan aktif serta gesit, kamu perlu melakukan cara merawat burung kenari dengan benar dan konsisten.

Dalam merawat burung kenari membutuhkan ketelatenan dalam merawatnya setiap hari. Burung kenari tidak akan mengeluarkan suara yang indah jika kamu hanya “sekedar” memeliharanya saja.

Untuk makanan burung kenari kamu bisa memberikannya campuran biji-bijian yang dijual di pasaran, telur dan kroto, asinan, roti kering dan sayuran serta buah-buahan seperti selada, daun sawi, gambas, timun, apel, jagung muda, wortel dan paprika.

 

3 dari 3 halaman

Jenis-jenis burung kenari

Burung kenari yang dapat dipelihara memiliki banyak jenisnya. Ada beberapa jenis burung kenari yang dapat dikategorikan berdasarkan karakteristiknya. Jenis-jenis burung kenari itu sebagai berikut:

- Kenari postur adalah burung kenari yang memiliki postur tubuh unik

- Kenari penyanyi yang memiliki kelebihan dari suara kicauannya

- Kenari hybrid yang merupakan hasil persilangan kenari dengan finch

- Kenari warna adalah burung kenari yang memiliki keunggulan dalam warna bulunya

Demikian tahapan cara merawat burung kenari dan beberapa jenis burung kenari yang dapat dipelihara. Jika kamu telah memeutuskan untuk memelihara hewan, kamu berkewajiban untuk merawatnya dengan baik. Ditambah lagi jika kamu gemar mengikuti perlombaan hewan peliharaan. Kunci merawatnya adalah konsisten dan telaten.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Cara Ternak Kroto dengan Paralon dan Toples yang Murah serta Simpel
Artikel Selanjutnya
Cara Menghitung IPK dengan Mudah, Bisa Kamu Praktikkan Sendiri