Sukses

5 Hutan di Tiongkok yang Paling Indah, Bikin Adem Mata Melihatnya

Liputan6.com, Jakarta - Tepat di tanggal 12 maret 2019 kemarin, China merayakan Hari Menanan Pohon Nasional yang ke 41 tahun. Seluruh rakyat China berbondong-bondong mengunjungi beberapa hutan yang ada di daerahnya, untuk merayakan momen ini.

China terletak di kawasan Asia yang memiliki iklim tropis sehingga dikelilingi oleh banyak hutan yang subur dan tumbuh indah. Hutan-hutan di China pun terkenal dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Berikut keindahan-keindahannya dilansir dari CGTN:

 

2 dari 6 halaman

1. Pegunungan dan Hutan Changbai, Provinsi Jilin

Terletak di China bagian Timur Laut, Cagar Alam Pegunungan Changbai dijuluki sebagai Harta Karun Green House di China. Hutan ini dipenuhi dengan hutan Pinus Korea, yang merupakan salah saru spesis pepohonan yang unik dan berharga di bagian Timur Laut China.

3 dari 6 halaman

2. Hutan Tropis Xishuangbanna, Provinsi Yunnan

Hutan Tropis Xishuangbanna terletak di sebelah barat daya Provinsi Yunnan di Cina. Hutan ini merupakan salah satu tujuan para wisatawan yang paling ingin dikunjungi karena udara yang hangat dan nyaman sealam setahun penuh dan juga karena pemandangannya ayng sangat indah.

Sebagai salah satu hutan yang sangat dijaga dan dilindungi di China, Cagar Alam Xishaungbanna memiliki keunikan karena adanya lembah sungai yang luas dan juga pepohonan hijau abadi, serta dikelilingi oleh sungai-sungai dan bukit-bukit yang indah.

4 dari 6 halaman

3. Hutan Larch Daxing'anling, Provinsi Heilongjiang

Hutan Larch Daxing'anling yang terletak di Provinsi Heilongjiang ini merupakan hutan primitif terbesar di Timur Laut China. Hutan Larch ini merupakan habitat asli hewan-hewan langka yang terancam punah seperti spesies Kutub Utara seperti rusa besar.

Pepohonan yang tumbuh subur di hutan Larch ini juga akan memberikan pemandangan berbeda di setiap musim berbeda yang terjadi di China.

5 dari 6 halaman

4. Hutan Tianshan Picea Schrenkiana, Daerah Otonom Uygur Xinjiang

Picea Schrenkiana adalah spesies pohon cemara khas asli Hutan Tianshan di Daerah Otonom Uygur Xinjiang, Barat Laut China. Pohon-pohon cemara ini kuat untuk tumbuh di puncak bersalju dengan ketinggian 1.400 hingga 2.700 meter di atas permukaan laut.

Pohon-pohon cemara ini juga membantuk pemandangan alam yang unik dari pohon-pohon berdaun lebar yang tinggi, dan padang rumput pegunungan.

6 dari 6 halaman

Picea Schrenkiana adalah spesies pohon cemara khas asli Hutan Tianshan di Daerah Otonom Uygur Xinjiang, Barat Laut China. Pohon-pohon cemara ini kuat untuk tumbuh di puncak bersalju dengan ketinggian 1.400 hingga 2.700 meter di atas permukaan laut. Pohon-pohon cemara ini juga membantuk pemandangan alam yang unik dari pohon-pohon berdaun lebar yang tinggi, dan padang rumput pegunungan.

Memiliki luas 447 kilometer persegi, Hutan Hujan Tropis Pegunungan Jianfeng terletak di Sanya Utara di Pulau Hainan. Hutan Hujan ini merupakan hutan hujan tropi terbesar dan paling dilestarikan di China dengan tingkat cakupan senilai 96%.

Seluruh integrasi pohon-pohon yang menjulang ringgi, aliran air yang memukau, dan awan yang menghiasi langit yang cerah, menciptakan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Tertarikkah Anda untuk mengunjungi hutan-hutan indah di China ini?

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Loading