Sukses

Cara Membuat Gelang dari Tali Kur dengan Mudah, Hasilnya Cantik Banget

Kamu bisa menghemat dengan membuat aksesori sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aksesoris pelengkap yang sederhana namun dapat menambah daya tarik gaya busana adalah gelang. Gelang dapat digunakan oleh siapapun. Baik laki-laki maupun perempuan bahkan dari anak-anak, anak remaja maupun orang dewasa. Tak jarang gelang bisa jadi kado bagi sebagian orang untuk diberikan pada hari ulang tahun atau sekedar ingin memberikan sebagai hadiah.

Bagi kamu yang gemar mengoleksi dan menggunakan gelang, apakah kamu memiliki gelang yang terbuat dari tali kur? Gelang yang terbuat dari tali kur ada banyak sekali bentuk dan warnanya. Tali kur yang dirajut dan disusun sehingga membentuk gelang-gelang yang unik dan menarik.

Tali kur adalah tali yang biasa digunakan untuk tali tas serut, tas fashion maupun tas bed cover, tali jaket, tali sweater, tali pramuka dan sebagainya. Tali kur juga memiliki berbagai ukuran, warna dan bahan baku seperti poy, nylon, polyester, cotton, filamen dan lain-lain.

Apakah kamu berniat ingin membuatnya sendiri? Jika kamu ingin menjadikan gelang sebagai hadiah untuk orang terdekatmu, akan lebih baik jika kamu bisa membuatnya sendiri. Cara membuat gelang dari tali kur cukup simpel dan mudah bagi kamu yang masih pemula.

Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (12/3/2019) berikut beberapa cara membuat gelang dari tali kur yang bisa kamu praktekkan sendiri dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membuat gelang dari tali kur dengan dua warna berbeda

Sebelum menyimak cara membuat gelang dari tali kur, ada baiknya jika kamu memerhatikan bahan dan alat apa saja yang perlu dipersiapkan. Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

- 2 tali kur dengan dua warna berbeda (misal merah dan kuning)

- Selotip

- Gunting

- Korek api

 

Setelah menyiapkan alat dan bahan diatas, kamu bisa simak cara membuat gelang dari tali kur dengan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Potong kedua tali tersebut dengan ukuran yang sama panjang.

2. Buat simpul di 1/3 bagian tali merah.

3. Lalu masukkan tali kuning pada simpul tali merah, lalu buat simpul mati.

4. Usahakan panjang tali keduanya sama. Setelah itu buat simpul tali seperti angka 8.

5. Pegang masing-masing tali dengan kedua tanganmu, lalu arahkan tali kanan ke kiri melewati sisi depan tali yang sejajar. Kemudian masukkan tali kiri ke dalam lubang kanan melewati belakang tali yang sejajar.

6. Lakukan berulang mengikuti simpul tadi hingga talinya habis hingga ke ujung.

7. Potong jika ada sisa tali pada bagian tepi menggunakan gunting.

8. Setelah digunting, bakar ujung tali simpul lalu rapikan.

9. Gabungkan dua tali dengan memasukkannya ke dalam tali sejajar pada lubang kecil yang berada di ujung simpul tersebut.

10. Lalu bakar dan rapikan kembali agar simpul tali tidak lepas.

11. Selesai.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat gelang dari tali kur?

Kamu bisa membuatnya untuk berbagai warna kesukaanmu dengan cara membuat gelang dari tali kur di atas. Kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris pada buatan gelangmu seperti manik-manik, aksesoris hewan lucu, aksesoris kerang dan sebagainya.

3 dari 3 halaman

Makna gelang yang kini digunakan untuk fashion

Awalnya gelang digunakan oleh orang-orang Amerika Latin sebagai sebuah perlindungan dari gangguan mahkluk jahat. Gelang dipakai khususnya pada bayi. Di benua Eropa dan Asia, gelang dipercaya sebagai perlindungan dari nasib sial dan memberikan keuntungan. Berbeda lagi di Mesir yang menganggap gelang sebagai simbol status dalam kelas sosial.

Namun kini, gelang dijadikan salah satu aksesoris pendukung dalam sebuah dunia fashion atau gaya busana. Ada banyak jenis tali yang bisa digunakan untuk membuat gelang. Beberapa jenis tali yang bisa digunakan antara lain:

- Senar Elastis (Elastic Cord)

Biasanya gelang yang menggunakan tali ini akan dilengkapi dengan manik-manik, mutiara sintetis, batu atau keramik agar semakin indah dan menarik. Semakin tebal senar elastis maka semakin berat gelangnya.

- Tali Satin (Rattail Cord)

Tali yang memiliki permukaan berkilau dan halus in ibis disebut juga sebagai tali Cina. Kamu bisa banyak menemukan gelang yang terbuat dari tali satin ini.

- Tali Prusik (Rope/Kernmantle Rope)

Tali prusik memiliki 2 bagian yakni nylon di bagian tengahnya dan pada lapisan luar adalah mantel yang biasanya memiliki beragam warna. Gelang yang terbuat tali prusik biasanya digunakan oleh laki-laki.

- Benang Sulam (Embroidery Floss)

Benang sulam memiliki berbagai merek yang bisa kamu apatkan di toko-toko. Ada benang sulam dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang tentu saja harganya berbeda. Tali ini biasanya digunakan untuk membuat gelang persahabatan.

- Tali Suede (Suede Cord)

Talinya yang berbentuk pipih ini terbuat dari bahan sintetis. Bentuknya hampir mirip dengan karet gelang biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.