Sukses

Begini Cara Melihat Hantu dengan Kamera HP, Uji Nyalimu

Liputan6.com, Jakarta Memotret objek biasa seperti manusia atau benda mati lainnya mungkin sudah sangat biasa. Nah, bagaimana kalau memotret hantu? Apakah sempat terlintas di benakmu untuk memotret hantu? Apakah kamu memiliki nyali untuk melakukannya? 

Ya, hal-hal berbau mistis merupakan salah satu hal yang sangat disukai oleh sebagian masyarakat  di tanah air. Hal ini tak terlepas dari banyaknya acara-acara berbau misteri dan mistis yang menghiasi layar kaca di Indonesia.

Tak hanya itu, di media sosial juga banyak beredar atau ditemukan beberapa foto penampakan yang cukup menyeramkan. Bahkan tak jarang mereka yang penasaran dan berani, turut turun ke jalan untuk membuktikan keberadaan sosok mistis tersebut.

Ya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat hantu untuk mengobati rasa penasaran dengan keberadaan makhluk mistis ini. Tapi kalau kamu penakut, jangan coba-coba.

Nah, untuk kamu yang penasaran dan memiliki nyali, ada salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat hantu. Kamu tak perlu mengambil tanah kuburan, tak perlu pakai mantra, tak perlu mencukur alis atau cara mistik yang aneh-aneh lainnya.

Kamu bisa lakukan cara melihat hantu dengan kamera HP. Ya, kamu bisa menggunakan kamera HP untuk mengambil gambar hantu. Kali ini Liputan6.com, Senin (11/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber cara melihat hantu dengan kamera HP:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lokasi angker dan siapkan perangkat

1. Cari Lokasi yang Angker

Cara melihat hantu yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah dengan mencari lokasi yang angker. Ada beberapa lokasi yang angker seperti rumah sakit, rumah kosong, bangunan tua, pokoknya lokasi yang terkenal angker.

Sebaiknya kamu memilih lokasi di dalam ruangan, karena akan meletakkan kamera HP, dengan memilih di dalam ruangan akan lebih aman. Begini cara untuk mendapatkan lokasi angker atau berhantu:

-   Bertanya kepada masyarakat tentang lokasi berhantu yang terkenal.

-   Bergabung dengan kelompok investigasi hantu atau perburuan hantu.

-   Membaca berita tentang kejadian-kejadian mistis yang sering dilaporkan, kemudian cari tahu tentang tempat tersebut.

-  Jangan lupa untuk meminta izin dan mendapatkan izin untuk menyelidiki dan memotret tempat angker yang menjadi target kamu. 

2.  Siapkan Perangkat untuk Memotret

Cara melihat hantu dengan kamera HP, maka kamu perlu mempersiapkan memori dengan kapasitas yang besar. Karena, hantu merupakan objek yang tak terlihat dan cenderung tak nampak.

Sehingga untuk mendapatkan kemungkinan foto hantu, kamu harus mengambil foto sebanyak-banyaknya di setiap sudut tempat. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan tripod. Ya, dengan menaruh HP kamu di tripod, kamu bisa secara otomatis merekam suara-suara atau penampakan tanpa harus kamu turun langsung.

3 dari 4 halaman

Waktu tepat dan sudut tepat

3.  Waktu yang Tepat

Kamu harus mengenali terlebih dahulu waktu-waktu kapan hantu muncul. Cara melihat hantu ini akan mempermudah kamu untuk memotret hantu. Ya, hantu menyukai tempat yang gelap, sepi, dan dingin. Umumnya mudah ditemui saat malam hari.

Oleh karena itu, kamu perlu bersabar untuk menunggu waktu yang tepat dan lokasi yang kira-kira disukai oleh hantu.

4. Cari Sudut yang Tepat

Merupakan poin terpenting. Kamu perlu menentukan tempat untuk menyiapkan peralatan dan posisi memotretnya. Beberapa sudut yang perlu dipertimbangkan seperti titik yang pernah dilaporkan atau daerah yang berada di bawah suhu dibandingkan dengan ruang di sekitarnya.

Tempat yang jauh dari kotak listrik atau sekering atau benda lainnya penghasil energi. Hal ini dapat mencemari foto. Cari tangga atau lorong, yang memungkinkan kamu memotret gerakan yang terjadi dari kejauhan.

Daerah tempat sesuatu yang negatif telah terjadi misalnya, ruang bawah tanah rumah yang merupakan lokasi pembunuhan.

4 dari 4 halaman

Kondisi tenang, jangan gunakan flash dan lakukan cepat.

5. Kondisi Tenang dan Aman

Perlunya kondisi yang tenang dan aman untuk berburu gambar hantu ini. Pastikan kamu tidak melakukan hal-hal aneh yang dapat mengganggu tampilan gambar. Ya, misalnya saja asap rokok. Jadi, kamu jangan merokok saat sedang mengambil gambar hantu, ya.

Saat mengambil foto, tarik napas dalam-dalam dan tahan sebelum kamu memotret. Pernafasan bisa menciptakan kabut yang akan muncul di foto kamu. Tak lupa, sebelum memulai berburu hantu, periksa apakah ada binatang lain di dalam ruangan.

Biasanya rumah angker ada kelelawar, serangga, burung, jendela yang terbuka, kotoran hewan, dan indikasi lainnya. Karena gerakan cepat seekor binatang bisa membingungkan kamu saat mengambil gambar hantu.

6. Jangan Menggunakan Flash

Penggunaan flash akan menyebabkan objek jadi samar. Hal tersebut akan mengaburkan detail dari si objek hantu yang akan kamu ambil gambarnya. Jadi, sebaiknya jangan menggunakan flash saat mengambil gambar, ya.

7. Cepat

Nah, untuk mengambil gambar, kamu harus ekstra cepat. Hal ini berguna karena wujud hantu ini mudah berubah dan pergi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS