Sukses

9 Gambar Kata-Kata Bijak Kehidupan, Agar Selalu Berpikir Positif

Kata-kata bijak kehidupan akan membantumu menemukan hal positif.

Liputan6.com, Jakarta Sayur tanpa garam akan terasa hambar. Begitu juga dengan hidup tanpa tantangan pasti akan terasa datar-datar saja. Hidup manusia dipenuhi dengan perasaan hati yang berbeda setiap harinya. 

Terkadang, seseorang merasa senang saat bertemu dengan orang yang disayang. Di lain waktu, seseorang merasa sedih karena harus kehilangan sesuatu yang berharga dari hidupnya.

Meskipun demikian, merasa down ataupun kurang motivasi adalah hal yang wajar dialami manusia. Untuk kamu yang sedang dirundung masalah, percayalah bahwa setiap permasalahan dalam hidup pasti dapat terselesaikan.

Cobalah untuk menghadapi permasalahan hidup dengan positif. Jika memandang hidup dengan keluhan dan amarah, pasti kehidupan akan menjadi beban yang berat.

Semakin kamu melatih diri untuk bersabar, maka kamu bisa jadi pribadi yang jauh lebih baik. Apalagi, kamu tidak hidup sendiri di dunia ini. Banyak orang terdekat yang peduli padamu. Bahkan, gambar kata-kata bijak pun bisa kamu jadikan sebagai sumber semangat untuk jalani hari-harimu.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan gambar kata-kata bijak yang bisa jadi acuan untuk selalu berpikir positif dan semangat menjalani hidup, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (10/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gambar Kata-kata Bijak Tokoh Dunia

1. George Bernard Shaw

George Bernard Shaw adalah seorang sastrawan asal Irlandia yang terkenal akan kecerdasannya. Dia pernah menerima hadiah Nobel untuk salah satu karya sastranya dan juga Piala Oscar.

Salah satu kata bijak yang dilontarkan George Bernard Shaw patut untuk kamu pahami. Dia mengungkapkan bahwa seseorang harus membangun jati diri, ketimbang mencari jati diri.

2. Bertrand Russell

Bertrand Russell adalah seorang filsuf sekaligus ahli matematika. Bertrand merupakan salah satu tokoh dunia yang sangat produktif dalam menulis buku untuk menyuarakan pendapatnya.

Sebagai seorang filsuf, Bertrand menjelaskan bahwa rasa takut harus ditaklukkan untuk menjadi sosok yang bijaksana.

3. BJ Habibie

Siapa yang tidak kenal dengan BJ Habibie? Ya, beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang ke-tiga.

Dalam sebuah kesempatan, seperti yang terlihat dalam gambar kata-kata bijak, BJ Habibie menuturkan bahwa jika seseorang membenci atau menghina dirimu, jadikan kebencian mereka sebagai pujian karena mereka justru memperhatikanmu, lebih dari kamu memperhatikan dirimu sendiri.

3 dari 3 halaman

Gambar Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan

4. Jangan Berhenti Belajar

Gambar kata-kata bijak selanjutnya ditujukan untuk anak sekolah. Jika kamu merasa malas, ingat bahwa orangtua di rumah membanting tulang demi membayar biaya sekolahmu. Meski kamu berpikiran untuk berhenti sekolah, bayangkan bagaimana perasaan orangtua yang bersusah payah mengumpulkan uang.

Oleh karena itu, jangan berhenti belajar agar kamu bisa tumbuh menjadi orang yang pintar, untuk dirimu sendiri dan juga keluarga yang telah mendukungmu.

5. Be Yourself

Jangan membandingkan apa yang kamu punya dengan milik orang lain. Kamu tidak tahu seberapa berat tantangan yang mereka hadapi untuk bisa mencapai posisi itu. Terlebih, kamu justru terlalu memikirkan mereka yang sedang berjuang sendiri.

Alhasil, alih-allih mendapat kebahagiaan, hati kamu justru semakin mengeras karena terus-menerus iri dengan orang lain. Maka, gunakan gambar kata-kata bijak ini sebagai motivasi hidupmu.

6. Jangan Memandang Sebelah Mata

Jika kamu sama sekali belum pernah mencoba sesuatu, maka kamu pun tidak akan tahu seperti apa rasanya maupun manfaatnya. Sama saja dengan memandang sesuatu dengan sebelah mata, kamu tidak tahu pemandangan apa yang selama ini tidak kamu lihat bentuknya karena kamu tidak mau tahu.

7. Bangun dan Kejarlah Mimpi

Saat musim kemarau, pohon yang tadinya rimbun dengan dedaunan dan buah-buahan akan mulai berguguran. Namun, saat musim hujan datang, mereka akan kembali tumbuh dan memamerkan keindahannya melalui dedaunan yang hijau dan buah-buahan yang segar.

Begitu pula dengan hidupmu. Janganlah kamu merasa hidupmu telah berakhir hanya karena kamu mengalami satu kegagalan. Bangun dan kejarlah mimpi seperti pohon yang terus hidup meski angin dan musim kemarau menghadang.

8. Belajarlah dari Kegagalan

Kamu harus tahu bahwa kegagalan hanyalah sebuah luka memar yang seiring berjalannya waktu akan sembuh. Kegagalan bukanlah tato yang terasa sakit saat dibuat dan terasa sakit saat dihapus.

9. Lakukan Apapun dengan Tulus

Buya Hamka membandingkan manusia dengan binatang yang sebenarnya sangat berbeda. Namun, manusia terkadang tidak melihat potensinya sebagai makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran.

Tingkah manusia seringkali lebih buruk daripada apa yang dilakukan binatang yang sejatinya tidak punya akal. Untuk itu, melakukan segala hal dengan rasa tulus sebaiknya dijadikan motto hidup manusia agar hati merasa ikhlas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.