Sukses

Cara Membuat Scrapbook Sendiri, Hadiah Istimewa Tanpa Ribet

Hadiah buatan sendiri pasti lebih berkesan.

Liputan6.com, Jakarta Memberi hadiah kepada orang-orang yang disayang memang sangat menyenangkan. Seseorang memberikan hadiah sebagai wujud kasih sayang saat berulang tahun, kelulusan, pernikahan dan momen momen bahagia lainnya.

Nah, salah satu hadiah yang akan membuat orang tercintamu terkesan adalah serangkaian scrapbook yang berisi banyak kenangan. Scrapbook sendiri adalah seni menempel foto dan hiasan lainnya hingga menjadi sebuah karya yang menarik.

Scrapbook tak hanya sekadar album foto, tapi juga sebuah karya seni yang memiliki kenangan. Dan yang paling penting, scrapbook adalah ekspresi citya dan kasih sayang.

Seiring dunia makin barbasis digital. Scrapbook buatan tangan juga makin digemari. Hal ini karena banyak tutorial atau cara membuat scrapbook yang bebas diakses. Bahkan pilihan dan variasi desain scrapbook dapat ditemukan dengan mudah.

Scrapbook cukup menarik dijadikan hadiah. Selain memberi kesan eksklusif dan handmade, cara membuat scrapbook juga terbilang mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal Scrapbooking

Scrapbooking adalah pembuatan dan pendokumentasian menggunakan buku dengan halaman kosong dan menambahkan foto, memorabilia, penjurnalan, dan hiasan.

Scrabooking dikenal juga sebagai cropping, tujuan utama scrapbooking adalah untuk mengemas sebuah kenangan untuk generasi mendatang, tujuan lain dari kegiatan scrapbooking adalah untuk melatih kreativitas saat menyusun scrapbook itu sendiri.

Scrapbooking telah menjadi hobi yang ada sejak abad ke 15 dan 16. Pada awalnya, scrapbooking hanyalah sebuah kegiatan mengoleksi sesuatu dalam sebuah buku. Koleksi-koleksi ini bisa termasuk resep, kartu ucapan, potongan memorabilia kertas, tiket, atau playbill.

Seiring perkembangannya, scrapbook menjelma sebagai media mendokumentasikan kenangan berupa foto-foto yang di rangkai sedemikian rupa dengan sentuhan seni.

Di Amerika Hobi ini menjadi sangat populer dari tahun 2001 hingga 2005. Hobi ini kemudian memunculkan lebih dari 1.600 industri yang menciptakan produk scrapbooking senilai $ 2,5 miliar pada tahun 2003. Munculnya blogger juga menjadi kemungkinan scrapbook semakin populer.

Scrapbook digital juga makin populer, ini memungkinkan orang untuk membagikan secara online dan cetak hard copy dari sebuah scrapbook. Dengan berbagai kemudahan yang didapat membuat cara membuat scrapbook sendiri lebih mudah dilakukan.

Nah setelah mengenal singkat apa itu scrapbook, mungkin kamu tertarik untuk membuat scrapbookmu sendiri atau untuk orang-orang spesialmu. Cara membuat scrapbook cukup mudah, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (2/3/2019), cara membuat scrapbook sendiri di rumah

3 dari 7 halaman

Kumpulkan Alat dan Bahan

Cara membuat scrapbook sendiri yang pertama adalah menyiapkan peralatan. Untuk mulai membuat scrapbook kamu tak hanya sekadar memerlukan kumpulan foto dan buku kosong. Kamu juga membutuhkan alat tulis, perekat, gunting, dan hiasan untuk memberi sentuhan seni pada scrapbook. Pilih kertas yang sesuai dengan model scrapbook yang kamu inginkan.

4 dari 7 halaman

Pilih Tema

Cara membuat scrapbook sendiri agar menarik dan berkesan adalah menentukan tema. Pertama kamu harus menetukan tema apa yang akan kamu gunakan di scrapbookmu.

Mulailah dengan sesuatu yang lebih spesifik.Pikirkan apakah scrapbook yang akan kamu fokus pada hal apa. Misal untuk kelulusan, ulang tahun, atau mungkin pernikahan. Pikirikan tentang pengalaman dan momen berharga bersama orang tercinta.

5 dari 7 halaman

Kumpulkan Foto dan Hiasan

Setelah memilih tema, saatnya beralih ke pilihan foto. Kumpulkan sebanyak mungkin foto yang terkait dengan tema yang kamu pilih. Kamu juga bisa menghubungi teman atau anggota keluarga untuk menanyakan apakah mereka memiliki foto-foto spesial lainnya dan bersedia membaginya denganmu. Lebih baik memiliki lebih banyak foto dari yang perlukan sehingga kamu akan memiliki banyak pilihan.

Untuk mempermudahnya kamu dapat mengatur semua foto dalam koleksi menjadi beberapa grup. Misalnya foto saat bayi, foto liburan, foto kerja, dan lainnya. Jika foto dikelompokkan, itu akan membuat pemilihan foto lebih cepat dan lebih saat mulai menyusunnya di scrapbook.

Perbedaan terbesar antara scrapbook dan album foto biasa adalah hiasan yang diberikan. Hiasan dapat berupa potongan renda, kertas bermotif,stiker, glitter, manik-manik, bunga kering, dan benda-benda menarik lainnya.

Kamu juga bisa menggambar langsung jika mempunyai sentuhan seni tinggi. Selain itu kamu juga bisa mencetak sendiri hiasan berupa gambar-gambar untuk scrapbook yang tersedia gratis di internet.

6 dari 7 halaman

Tentukan Ukuran

Menentukan ukuran scrapbook akan membantumu menentukan berapa banyak foto dan hiasan yang akan digunakan. Pastikan juga ukuran foto pas dengan scrapbook.

Scrapbook tak memiliki batasan ukuran. Kamu dapat menentukan sendiri ukuran scrapbook yang kamu buat. Tentukan ukuran yang tidak terlalu besar namun juga tak terlalu kecil untuk scrapbookmu.

Dua ukuran paling populer untuk scrapbooking adalah 12x12 inci dan 8,5 x -11 inci. Yang pertama akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk berkreasi. Pilihan kedua adalah pilihan yang baik jika Anda tak memiliki banyak ide untuk mengisi tiap halaman.

7 dari 7 halaman

Atur Tata Letak dan Halaman

Tentukan tata letak yang ingin kamu pilih. Kamu bisa menyusu tata letak secara kronologis pada tiap halamannya. Dengan mengatur tata letak akan membantumu memilih foto mana yang hendak dipilih.

Mendesain tata letak bisa menjadi tantangan terbesar scrapbooking. Pilih titik fokus pada tiap halamannya. Ke mana kamu ingin mata tertuju terlebih dahulu di sebuah halaman? Jika fokus tersebut adalah satu foto tertentu, atur desain agar foto itu terlihat menonjol.

Jika kamu memiliki banyak foto, rapikan! Gunakan kolase, kisi dan foto yang lebih kecil untuk mendapatkan lebih banyak foto di halaman scrapbook.

Jika Anda benar-benar bingung bagaimana cara menata halaman scrapbook, situs-situs seperti Page Maps menawarkan sketsa-sketsa indah yang dapat menjadi inspirasi desain untukmu. Kustomisasi templat dengan foto dan gayamu sendiri.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini