Sukses

Cara Membuat Lampion dari Kertas, Mudah dan Bisa Dipraktikkan di Rumah

Rumahmu akan makin indah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, hiasan rumah adalah hal yang sangat dibutuhkan. Adanya hiasan rumah membuat rumah menjadi tampak lebih indah dan menarik untuk dipandang. Hiasan yang senada dengan bentuk rumah dan terlihat unik, membuat penghuni rumah akan lebih betah. 

Hiasan rumah yang menarik dan unik tidak harus memiliki harga yang mahal. Hiasan rumah sederhana juga bisa mempercantik sudut ruangan di rumah atau di kamar. Hiasan-hiasan sederhana dapat kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan.

Salah satu hiasan dengan budget yang murah dan mudah didapatkan adalah lampion. Kamu pasti sudah tak asing dengan kata lampion. Lampion yang memiliki jenis hampir seperti lampu, biasanya terbuat dari kertas dan lilin yang di dalamnya sebagai sumber penerangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lampion simbol harapan

Lampion dipercaya sebagai simbol kebahagiaan dan harapan. Secara umum, lampion berbentuk bulat dengan kerangka bambu. Lampion-lampion yang indah bisa kamu jadikan hiasan untuk di rumah atau bisa kamu letakkan sebagai hiasan di kamarmu.

Tak perlu khawatir jika kamu tak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah lampion. Kamu bisa menemukan cara membuat lampion dari kertas dengan mudah yang bisa kamu tiru.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber ada cara membuat lampion dari kertas yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Tentunya dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampion dari Kertas yang Dilukis

Lampion bisa kamu jadikan hiasan yang memperindah ruangan atau memberikan nuansa yang berbeda di dalam ruangan. Untuk membuat lampion sendiri, bahan-bahan yang kamu perlukan cukup mudah dan sederhana.

Bahan yang perlu kamu siapkan yaitu,

1. Kertas kosong

2. Kertas karton

3. Lem

4. Selotip bening

5. Gunting

6. Spidol warna-warni

7. Tali atau benang untuk menggantung lampion

8. Lilin elektronik yang berukuran kecil

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan tersebut, berikut cara membuat lampion dari kertas.

1. Hal pertama adalah kamu buat gambar-gambar pada kertas kosong yang telah disiapkan. Gambar sesuai dengan keinginanmu menggunakan spidol warna-warni agar lebih menarik. Usahakan gunakan kertas putih polos agar cahaya lilin dapat menyala dengan terang.

2. Setelah itu, lipat kertas yang telah kamu gambar dengan pola seperti kamu membuat kipas. Lipat secara vertikal dengan posisi awal berada diatas kemudian lipatan selanjutnya berada dibawahnya.

3. Satukan ujung-ujung kertas sehingga membentuk tabung. Lalu tempelkan kertas karton yang telah digunting berbentuk lingkaran. Tempel kertas karton pada sisi dasar kertas polos yang membentuk tabung tadi. Pastikan jika lemnya kuat. Kamu bisa gunakan lem kertas dengan ditambah selotip bolak-balik.

4. Setelah itu, buat lubang kecil pada bagian badan lampion untuk mengaitkan tali sebagai penggantungnya. Kamu perlu teliti agar 2 lubang yang berada di badan lampion sejajar. Sehingga saat digantung, lampion tidak miring.

5. Ikatkan tali pada lubang yang telah kamu buat tadi. Tali ini berfungsi sebagai gantungan lampionmu.

6. Lalu tutup lampionmu dengan kertas karton yang sudah kamu gunting berbentuk lingkaran sesuai dengan diameter lampionmu. Pada tutup lampion, beri lubang pada tengahnya agar tali bisa menembusnya sehingga bisa digantung. Kamu bisa beri lem pada tutup lampion agar tak mudah lepas namun jangan terlalu rapat agar lilin tetap menyala.

7. Kemudian masukkan lilin elektronik kedalam lampion.

8. Selesai.

Lampion kertas buatanmu sendiri sudah berhasil kamu buat. Usahakan selalu berhati-hati jika kamu mengganti lilin dengan lilin biasa.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampion dari Kertas Minyak

Cara membuat lampion dari kertas selanjutnya adalah dengan kertas minyak. Kertas minyak sangat mudah kamu dapatkan. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu antara lain:

1. Kertas minyak

2. Kapas

3. Kawat

4. Lem

5. Gunting

6. Etanol atau minyak tanah

7. Tang

8. Cutter

9. Bambu

Setelah kamu siapkan bahan dan laat diatas, berikut langkah-langkahnya.

1. Potong bambu dengan lebar sekitar 1 cm denan menggunakan cutter. Kemudian satukan sisinya sehingga membentuk lingkaran. Buat 2 buah

2. Ikat kawat pada bagian bambu yang berbentuk lingkaran tadi sehingga membentuk tabung

3. Bentuk kertas minyak menjadi persegi panjang menggunakan gunting dengan ukuran yang panjangnya sesuai dengan kerangka bambu dan kawat tadi

4. Buat tutup sebagai alas tutup lampion

5. Tempel kertas dengan menggunakan lem sebagai badan lampion

6. Tuang etanol pada kapas

7. Kapas yang ada etanol tersebut letakkan pada bagian dalam lampion kertas

8.  Selesai.

Pada cara membuat lampion dari kertas satu ini kamu tak perlu membuat penutup untuk bagian atas lampion. Hal ini karena menggunakan etanol atau minyak tanah yang dinyalakan sehingga sumber cahaya berasal dari api.

Lampion ini biasanya digunakan untuk lampion terbang. Jadi kamu bisa terbangkan lampion ini saat cuaca sedang cerah.

Demikian cara membuat lampion dari kertas yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Semoga cara membuat lampion dari kertas diatas dapat memberikanmu inspriasi dan ide kreatif untuk mempercantik ruangan atau untuk hiasan dalam sebuah acara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.