Sukses

8 Bukti Kesederhanaan Iriana Jokowi, Ibu Negara yang Bikin Salut

Ibu negara panutan wanita Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Presiden Joko Widodo dikenal sangat sederhana dalam keseharian mereka. Meskipun telah menjadi orang nomor satu di Indonesia, gaya hidup mereka tak banyak berubah.

Menyandang status ibu negara, Iriana Joko Widodo tetap menjadi seorang wanita yang rendah hati. Dia tetap dikenal sebagai ibu rumah tangga yang sederhana dan menjadi panutan bagi banyak perempuan.

Sebagai istri orang nomor satu di Indonesia, sudah sewajarnya setiap gerak-gerik Iriana Jokowi tak pernah lepas dari sorotan publik. Mulai dari aktivitas sehari-harinya maupun gaya fashion saat mendampingi Presiden Joko Widodo di berbagai kesempatan.

Tak jauh berbeda dengan Jokowi, sosok Iriana telah menjadi idola rakyat. Sikapnya yang rendah hati dan ramah tak ayal membuat dirinya dikagumi. Terlebih, kesederhanaan itu menginspirasi dan membuatnya menjadi panutan.

Berikut 8 bukti kesederhanaan Iriana Jokowi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Naik Pesawat Kelas Ekonomi

Tak hanya sekali, Iriana Jokowi berulang kali tertangkap kamera memesan tiket pesawat di kelas ekonomi. Bahkan, dia juga tak canggung berbaur bersama penumpang lainnya untuk duduk di ruang tunggu.

3 dari 9 halaman

2. Beli es jeruk

Di tengah-tengah kesibukannya, Presiden Jokowi memang selalu menyempatkan untuk berkumpul dengan keluarga saat berada di Solo. Salah satunya adalah menyantap Soto Gading yang merupakan kuliner khas Kota Solo.

Namun di balik cerita kumpul keluarga, momen Iriana membawa minuman dalam bungkus plastik rupanya ramai jadi perbincangan. Dalam momen itu, Iriana menenteng es jeruk dibungkus plastik.

4 dari 9 halaman

3. Belanja di Pasar Tradisional

Dalam sebuah kesempatan, Iriana juga tak ragu-ragu untuk berbelanja makanan ringan dari pedagang kecil yang berada di pasar tradisional. Seperti ibu-ibu pada umumnya, Iriana juga berbelanja snack kiloan dalam jumlah banyak agar harganya lebih murah.

5 dari 9 halaman

4. Bercengkerama Bersama Suku Anak Dalam

Saat mendampingi suaminya dalam kunjungan ke suku anak dalam, Iriana juga terlihat akrab dan tak canggung ketika bercanda bersama anak-anak di sana. Anak-anak yang polos, nampak menghampiri ibu negara itu dan mereka saling bercengkerama.

6 dari 9 halaman

5. Beli Kerak Telor dan Cilok di Pinggir Jalan

Mengunjungi program Membina Ekonomi Sejahtera (Mekar) di Jakarta Timur beberapa waktu lalu, Jokowi beserta Iriana tampak santai menikmati jajanan di sana. Mulai dari cilok hingga kerak telor seharga Rp 50 ribu.

7 dari 9 halaman

6. Menyapu Rumah

Sebelum Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution, Kaesang sempat mengunggah video ke akun channel YouTube-nya. Dalam video tersebut, terlihat perbincangan manis sesi tanya jawab ketiganya.

Namun di tengah-tengah video, sosok Iriana rupanya berhasil mencuri perhatian publik. Saat diminta untuk bergabung, Iriana malah menolak dan menyebutkan dirinya ingin menyapu rumah. "Aku arep nyapu (Aku mau menyapu)," ujarnya.

8 dari 9 halaman

7. Makan di Warung Kaki Lima

Seorang warganet membagikan foto Iriana yang makan di sebuah warung soto di daerah Surakarta. Iriana nampak memesan makanannya sendiri, meskipun pada saat itu dia ditemani beberapa pengawal.

9 dari 9 halaman

8. Boncengan pakai motor

Membahas romansa Jokowi dan Iriana memang selalu menarik. Meski telah menikah puluhan tahun lamanya, tak membuat keromantisan keduanya hilang begitu saja.

Sekitar April 2018 lalu, Iriana dan Jokowi berkunjung ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Jokowi terlihat mengajak sang istri berboncangan memakai sepeda motor matik sambil menyapa warga di sana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini