Sukses

Eksperimen Terbangkan GoPro dengan Balon ke Luar Angkasa Ini Hasilnya Menakjubkan

Bumi tampak jelas dari luar angkasa.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti pernah memiliki keinginan untuk melihat seisi bumi ini dari atas alias dari pandangan burung. Atau pernah memiliki mimpi untuk menjadi astronot agar bisa melihat keindahan Bumi dari atas. 

Satu percobaan ini hasilnya keren. Yakni bisa menikmati pemandangan dari atas seperti saat sedang naik pesawat. Walaupun jarak pandangnya tidak luas alias hanya sebatas kaca pesawat saja. 

Selama ini melihat pemandangan dari atas biasa dilakukan dengan balon udara atau naik pesawat, tapi apa yang dilakukan pemuda Texas, Amerika Serikat ini berbeda.

Beberapa waktu lalu masyarakat sempat dihebohkan dengan adanya video yang memperlihatkan kondisi bumi yang diperlihatkan dari posisi luar angkasa. Video ini merupakan hasil eksperimen dari pemuda di Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Eksperimen yang kreatif

Aksi yang dilakukan ini sangat unik, loh. Gimana tidak, mereka mengikat GoPro pada balon yang berisikan helium sebelum dilepaskan ke ruang angkasa. Iya, ruang angkasa.

Video yang diunggah ke akun YouTube, BloonStu, pada tahun 2015 ini merupakan hasil percobaan yang dirancang dan diluncurkan oleh Stuart Shippee dari Texas setelah disahkan oleh pihak yang berwenang.

Walaupun hasil rekaman yang dihasilkan tidak stabil, namun kamu dapat melihatnya dengan jelas apa yang terjadi dalam perjalanan udara dengan GoPro itu ke luar angkasa. Begitu juga saat alat rekam dan balon melintasi awan tebal dan daerah badai. Semua bisa disaksikan dengan cukup jelas.

3 dari 3 halaman

Awalnya dirancang untuk pelacak GPS

Perancang dari eksperimen ini menjelaskan bahwa dirinya telah menginstal Pelacak GPS di GoPro untuk memungkinkan gadget dilacak ketika jatuh kembali ke bumi atau ke permukaan.

Alasan pemuda ini melakukan aksinya hanya karena suka dan agar membuat akun YouTube miliknyanya tetap aktif dengan konten yang bermanfaat. Video berdurasi 8 menit 27 detik ini telah ditonton di YouTube hingga mencapai 3 juta penonton, loh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini