Sukses

Melihat Akun IG 5 Politisi Vokal Indonesia, Selalu Aktif Suarakan Pendapat

Pernyataan politisi ini selalu mengundang komentar netizen.

Liputan6.com, Jakarta Jika berbicara mengenai dunia Politik, tidak ada salahnya untuk menyinggung beberapa politisi yang kerap menyuarakan pendapatnya. Banyak politisi Indonesia yang vokal yang tidak pernah mau ketinggalan untuk mempertahankan pendapatnya. Mereka menyuarakan mendapat lewat media sosial

Di antara politisi vokal tersebut, diantaranya ada nama-nama seperti Fadli Zon, Fahri Hamzah, Zulkifli Hasan, Budiman Sudjatmiko dan Tuan Guru Bajang. Suara-suara mereka sering menjadi perbincangan publik.

Penasaran kan bagaimana mereka aktif di media sosial? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, simak 5 akun IG milik 5 politisi vokal Indonesia yang diungkap dari akun  pribadi mereka, Selasa (12/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Akun IG Fadli Zon

Selain menjadi Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon dikenal dengan jabatannya sebagai Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Dalam banyak kesempatan, pria kelahiran 1 Juni 1971 itu tidak pernah lupa untuk menyuarakan pendapatnya terkait pilihan politiknya.

Yang terbaru, Fadli Zon bahkan membuat puisi yang menyinggung tentang perpolitikan di Indonesia, yang dia beri judul 'Doa yang Ditukar'. Fadli sendiri adalah alumni Jurusan Sastra Rusia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Sosok Fadli Zon yang tidak pernah tanggung mengutarakan pendapatnya itu memang sudah sangat dikenal banyak orang. Tak hanya di Twitter, Fadli Zon juga aktif berkomunikasi dengan rakyat melalui akun Instagramnya.

Instagram dengan username @fadlizon itu kini telah dipenuhi dengan 995 unggahan. Akunnya itu telah menjaring sebanyak 195 ribu pengikut. Namun, nampaknya Fadli Zon hanya cukup mengikuti 100 akun saja. Pada unggahannya yang terbaru, Fadli Zon membagikan sebuah video yang diberi caption, “Testimoni dari Pak @prabowo untuk seluruh masyarakat Kab Bogor, Jawa Barat.”

3 dari 6 halaman

2. Akun IG Fahri Hamzah

Nama Fahri Hamzah semakin dikenal publik sejak perseteruannya dengan PKS yang berusaha membawanya turun jabatan. Pria kelahiran Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat tanggal 10 Nopember 1971 ini merupakan pendiri sekaligus ketua umum pertama organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Fahri Hamzah dikenal sebagai politisi ulung yang kerap menyuarakan argumennya lewat media sosial. Pria 47 tahun ini juga sering mengkritik kebijakan pemerintah lewat akun media sosialnya yang selalu ramai oleh respon publik.

Politisi yang satu ini kerap menjadi perbincangan publik karena peryataan-pernyataannya yang kontroversi, terutama jika menyangkut pemerintahan Presiden Joko Widodo. Melalui media sosial pribadinya, Fahri Hamzah kerap menyampaikan kritik pedas.

Karena keberaniannya mengutarakan pendapat, akun Instagram Fahri Hamzah juga menjadi salah satu akun politisi vokal Indonesia yang berhasil menggaet lebih dari setengah juta pengikut. Tak tanggung-tanggung, unggahannya pun kini telah menyentuh angka 2078.

Karena ketertarikannya dengan dunia politik, Fahri bahkan menghubungkan makanan dengan politik. Pada unggahan terbarunya, Fahri membandingkan bau durian dengan bau politik. Menurutnya, bau durian lebih menarik ketimbang bau politik.

4 dari 6 halaman

3. Akun IG Tuan Guru Bajang

View this post on Instagram

TGB Sambangi Habib Keramat Empang _ Bogor-Selain menjadi saksi nikah di Bogor, Ketua Ikatan Alumni Al Azhar Indonesia (OIIA) TGB HM Zainul Majdi juga bersilaturahmi dengan ulama di Bogor. Politisi Partai Golkar ini datang kepada Habib Abdullah Bin Hussein Al Attas, Keramat Empang-Bogor, Sabtu (9/2). _ Mendampingi TGB ada Wakil Wali Kota Terpilih Kota Bogor Dedie A Rachim dan Ketua DPD Golkar Kota Bogor Tigor J Tauhid. _ Habib Abdullah cukup gembira dengan kedatangan TGB. Masalah keumatan menjadi topik dua ulama beda generasi. _ Diantara yang disampaikan oleh Habib Abdullah adalah perihal fitnah-fitnah yang kian merajalela. Hal ini harus ditangkal dengan benar. _ "Ya, hati dan akal ini harus dijaga," katanya pada TGB. _ Mendapat penjelasan ini, TGB sekaligus menyampaikan, supaya tokoh-tokoh umat menjadi pemersatu. Hoaks yang terjadi itu yang membuat situasi di masyarakat panas. _ "Fitnah-fitnah yang luar biasa itu harus dihentikan," katanya. _ Dalam kesempatan tersebut, TGB juga menuju kompleks Masjid An nur. Ziarah ke makam Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas atau kerap disebut Habib Keramat Empang. Doa dipimpin langsung oleh Habib Abdullah. _ Usai dari makam, Habib Abdullah memberi kesempatan kepada TGB bersama Wakil Wali Kota Terpilih Kota Bogor Dedie A Rachim dan Ketua DPD Golkar Kota Bogor Tigor J Tauhid untuk masuk ke kamar Habib Keramat Empang. _ "Ulama-ulama dari dunia kalau kesini pasti masuk ke kamar ini. Termasuk Habib Umar Bin Hafidz Yaman," kata Habib Abdullah.(tim tgb.id)

A post shared by Tuan Guru Bajang (TGB) (@tgb.id) on

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, memang dikenal cukup vokal dengan pilihan politiknya. Pria kelahiran 31 Mei 1972 ini merupakan anak ketiga dari seorang birokrat di Pemda NTB dan merupakan cucu dari ulama besar di Lombok yang mendirikan organisasi Nahdatul Wathan.

Sejak tahun 2018 lalu, Tuan Guru Bajang (TGB) kerap menyuarakan pandangan positifnya terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Presiden Jokowi adalah tipe pemimpin pekerja keras. Atas pendapatnya itu, dia mengungkapkan bahwa dirinya akan mendukung Presiden Jokowi hingga 2 periode.

TGB juga berharap agar Pilpres 2019 bisa berjalan dengan aman. Ia mengingatkan, jangan sampai segala hal dikorbankan demi kepentingan pemilihan orang nomor satu di Indonesia.

Sosok pria yang identik dengan kopiah hitam dan baju batik atau jas itu juga aktif berpendapat melalui akun Instagram pribadinya, yaitu @tgb.id. TGB mulai bergabung dengan Instagram sejak awal tahun 2018 silam. Akun Instagramnya itu kini memiliki pengikut sebanyak 30 ribu orang meskipun dirinya hanya mengikuti 22 orang saja.

Dalam Instagramnya, TGB menyebutkan bahwa dirinya suka bersepeda. Selain itu, postingan Instagramnya dipenuhi dengan aktivitas dirinya yang cukup padat karena perannya sebagai Penceramah.

5 dari 6 halaman

4. Akun IG Budiman Sudjatmiko

Politisi PDI Perjuangan sekaligus anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Budiman Sudjatmiko menjadi politisi vokal yang akan sayang jika dilewatkan. Budiman Sudjatmiko memang dikenal publik karena dukungannya terhadap Presiden Jokowi.

Pria berdarah Ngapak asal Cilacap ini juga kerap menyuarakan pendapatnya terkait pilihan politiknya. Di akun Twitternya, Budiman sempat menjawab pertanyaan yang dilontarkan seorang warganet perihal alasannya mendukung Presiden Jokowi.

Menurutnya, banyak kebaikan Presiden Jokowi yang membuatnya membulatkan tekad untuk mendukung Presiden Indonesia periode 2014-2019 itu. Sudjatmiko menyatakan, “Semua nyaris  memenuhi harapan saya (peningkatan #DanaDesa, Perhutanan Sosial, Infrastruktur Sabang-Merauke, menyiapkan #Revolusi40 dgn Palapa Ring). Tp yg jauh melampaui perkiraan saya adalah #Freeport51”

Selain Twitter, Budiman Sudjatmiko juga memiliki akun Instagram pribadi yang sering dia gunakan untuk menyampaikan pikiran serta untuk berkomunikasi dengan rakyat. Meskipun terhitung jarang menggunakan Instagram, akunnya @budimaninovator telah diikuti oleh 3669 orang. Unggahan terbarunya tertanggal 2 Februari 2019 menunjukkan foto agendanya sebagai pembicara di sebuah acara talkshow di Jakarta Selatan.

6 dari 6 halaman

5. Akun IG Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan yang menjabat sebagai Ketua MPR Republik Indonesia periode 2014-2019. Dirinya juga merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Zulkifli Hasan yang mendaratkan pilihannya pada Prabowo-Sandiaga, juga terkenal sebagai salah satu politisi vokal yang kerap membagikan argumennya di sosial media. Dirinya juga kerap berswafoto, yang kemudian dia unggah di akun Instagramnya, yaitu @zul.hasan. Karena keaktifannya itu, akun Instagramnya diikuti oleh 184 ribu pengikut.

Zulkifli Hasan sering mengunggah video kegiatannya selama bertugas sebagai Ketua MPR RI. Pada 19 Februari lalu, Zulkifli mengabadikan kegiatannya bersama Sandiaga Uno pada kunjungannya di Pantai Panjang Bengkulu. Dalam unggahan tersebut, Zulkifli menuliskan bahwa dirinya turut memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh setiap tanggal 9 Februari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.