Sukses

5 Contoh Surat Pernyataan Kerja, Penting untuk Meyakinkan Pihak Lain

Penting banget lho.

Liputan6.com, Jakarta Dewasa ini, ketika dihadapkan untuk membuat keputusan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini karena berbagai faktor seperti efek yang akan terjadi dari diambilnya keputusan tersebut ataupun karena langkah yang harus ditempuh untuk meresmikan keputusan tersebut. Oleh karena itu, banyak hal harus dipertimbangkan ataupun dilakukan sebelum membuat keputusan. 

Misalnya saja, saat lamaran pekerjaan kamu akhirnya diterima oleh perusahaan yang dituju, kamu harus membuat surat pernyataan kerja yang berfungsi sebagai tanda kesanggupanmu untuk berkontribusi dalam perusahaan. Bentuk surat pernyataan kerja adalah berupa dokumen berisi tulisan pernyataan diri terhadap kebijakan perusahaan yang berlaku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surat pernyataan yang baik

Fungsi lain dari surat pernyataan kerja adalah sebagai tanda pertanggungjawaban apabila suatu saat perbuatan atau tindakanmu tidak sesuai dengan pernyataan yang kamu buat saat memasuki perusahaan. Contoh surat pernyataan yang baik adalah surat pernyataan yang memiliki kekuatan hukum. Surat pernyataan bisa memiliki kekuatan hukum negara apabila dicantumkan materai.

Sebaliknya, jika surat pernyataan tidak dilengkapi dengan materai, maka artinya surat pernyataan tersebut hanya memiliki kekuatan hukum sosial atau norma tertentu yang berlaku dalam masyarakat saja. Dengan kata lain, apabila ada pelanggaran dari pernyataan yang dibuat, pembuat pernyataan hanya akan diadili oleh norma sosial dan kemasyarakatan saja.

3 dari 4 halaman

Fungsi dan Manfaat Surat Pernyataan Bagi Ketiga Pihak

Surat pernyataan kerja memiliki fungsi dan manfaat bagi 3 pihak yang bersangkutan yaitu bagi pihak pembuat pernyataan, pihak yang dinyatakan, serta bagi pihak penerima pernyataan. Lebih jauh, berikut fungsi dan manfaat yang didapatkan masing-masing pihak.

Fungsi surat pernyataan bagi pihak pembuat surat adalah untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak penerima surat. Bagi pihak yang dinyatakan, surat pernyataan berfungsi untuk menegaskan kondisi pihak yang diterangkan, baik keterangan positif maupun negatif. Sementara itu, fungsi surat pernyataan bagi pihak penerima yaitu sebagai alat untuk meminta pertanggungjawaban apabila suatu saat pihak pembuat ingkar janji, atau apa yang dinyatakan tidak benar.

4 dari 4 halaman

5 Contoh Surat Pernyataan Kerja

Jika diartikan secara sederhana, maka contoh surat pernyataan kerja merupakan contoh surat yang dibuat oleh seorang karyawan yang berisi pernyataan kesanggupan untuk melakukan sesuatu terkait hal pekerjaan.

Berikut Liputan6.com (21/1/2019) sajikan 5 contoh surat pernyataan kerja untuk memberi pencerahan terkait surat pernyataan kerja yang baik agar kamu tidak kebingungan dalam membuatnya.

Contoh Surat Pernyataan Diri

Saat menulis surat pernyataan diri, poin-poin yang wajib dicantumkan adalah Nama pembuat surat pernyataan, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nomor identitas, serta alamat lengkap. Selain itu, judul Surat Pernyataan ditulis dengan huruf kapital serta dengan dibubuhi garis bawah. Selanjutnya, di bawah poin identitas diri, tulislah pernyataan sesuai dengan apa yang kamu rencanakan.

Tidak lupa untuk menulis kota dimana kamu menulis surat tersebut dilengkapi dengan tanggal penulisan surat. Kemudian, bubuhi tanda tangan dan nama terang di bawah tanggal tersebut.

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja

Setelah lolos dari tahap wawancara dan dinyatakan diterima, kamu akan diminta untuk membuat surat pernyataan kesanggupan kerja yang menjelaskan bahwa kamu siap untuk berkontribusi dalam perusahaan dan tidak sedang dalam masa kontrak dengan perusahaan lain. Maka dari itu, kamu harus menulis surat pernyataan kesanggupan kerja yang dapat kamu ketik maupun dengan tulis tangan.

Format penulisan yang diperlukan kurang lebih sama dengan surat pernyataan diri, namun dengan kalimat pernyataan yang berbeda. Untuk surat pernyataan kesanggupan kerja, contoh penulisannya adalah sebagai berikut:

“Saat ini saya sedang tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan manapun. Oleh karena itu, saya bersedia ditugaskan dimanapun sesuai dengan keputusan perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari saya terbukti melanggar pernyataan ini, saya siap dituntut sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.”

Contoh Surat Pernyataan dari Pihak Orang Tua

Meskipun tidak semua perusahaan mewajibkan calon karyawannya untuk membuat surat pernyataan dari pihak orang tua, namun kamu tidak akan rugi untuk mempelajari cara membuat surat pernyataan jenis ini.

Yang berbeda dari surat pernyataan sebelumnya adalah kamu harus menyertakan identitas orang tuamu. Setelah itu, kamu dapat menulis kalimat pernyataan seperti berikut ini:

“Dengan ini menyatakan tidak keberatan jika anak kami sebagaimana disebutkan di atas untuk bekerja pada perusahaan A dan ditempatkan sesuai dengan keputusan perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.”

Jangan lupa untuk menuliskan kota serta tanggal penulisan surat dilengkapi dengan tanda tangan dan nama terang penulis surat.

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Surat pernyataan belum menikah biasanya dibuat oleh pihak wanita untuk menerangkan bahwa dirinya belum terikat status pernikahan serta untuk memenuhi persyaratan perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan status belum menikah. Contoh kalimat pernyataan belum menikah adalah sebagai berikut:

“Menyatakan dengan sebenarnya, bahwa hingga saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara adat, hukum Agama maupun hukum Negara dan benar- benar masih gadis.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku di Negara Indonesia.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan kondisi sehat serta tanpa ada paksaan dari siapun.”

Contoh Surat Pernyataan Bermaterai

Khusus surat pernyataan kerja yang bermaterai, materai ditempatkan di kolom tanda tangan. Kemudian bubuhkan tanda tangan di atas materai agar surat pernyataan Anda memiliki kekuatan hukum.

 

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.