Sukses

Cara Menjamak Sholat Fardhu, Lengkap dengan Niat dan Doanya

Juga dilengkapi syarat menjamak sholat.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang muslim, sholat termasuk pada rukun Islam ke-2 yang wajib untuk dilaksanakan. Dan karena sifatnya yang wajib, maka apabila tidak dilakukan membuat orang yang meninggalkan sholat berdosa. Namun meskipun bersifat wajib, dalam melakukan sholat Allah SWT memudahkan umatnya dalam melakukan ibadah

Seperti bila kamu sedang dalam keadaan sakit, maka terdapat cara-cara sholat bagi orang sakit. Dan apabila kamu sedang bepergian kamu bisa melakukan sholat dengan menjamak sholat. Maka tidak ada alasan untuk kamu meninggalkan sholat, kecuali bagi para wanita yang sedang berhalangan atau menstruasi.

Bila kamu sedang melakukan perjalanan ataupun berpergian, kamu bisa menjamak sholat agar tetap dapat menjalankan perintah-Nya. Sholat jamak ialah sholat yang digabungan, yaitu menggabungan dua shalat fardhu dalam satu waktu.

Seperti dzuhur dengan ashar, dan juga maghrib dengan isya. Sedangan untuk sholat subuh kamu tidak bisa menggabungkannya dengan sholat lain. Kamu harus melakukan sholat subuh sesuai dengan waktu sholat subuh.

Dalam Hadist Bukhari dan Muslim juga telah diterangkan mengenai waktu sholat jamak.

“Rasulullah apabila ia bepergian sebelum matahari tergelincir, maka ia mengakhirkan salat duhur sampai waktu asar, kemudian ia berhenti lalu menjamak antara dua salat tersebut, tetapi apabila matahari telah tergelincir (sudah masuk waktu duhur) sebelum ia pergi, maka ia melakukan salat duhur (dahulu) kemudian beliau naik kendaraan (berangkat)”

Dan untuk kamu yang sedang dalam perjalanan, kamu perlu mengetahui apa saja syarat dalam menjamak sholat, niat sholat serta cara menjamak sholat fardhu. Dan berikut cara menjamak sholat, niat serta syarat untuk melakukannya, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Melakukan sholat Jamak

1. Dalam perjalanan jauh minimal 80 Km

2. Tidak ada niat bermukim melebihi 4 hari.

3. Perjalanan tersebut tidak untuk tujuan maksiat

4. Dalam keadaan khawatir atau ketakutan, seperti sakit, hujan badai, angina topan, bencana alam atau pun perang.

5. Ada udzur yang mendesak, misalnya akan melakukan operasi atau pemeriksaan dokter

6. Tidak berimamkan imam yang sempurna rakaatnya

7. Masih dalam keadaan musafir ketika mengerjakan sholatnyaSholat jamak ini juga tak bisa dijadikan kebiasaan dalam mengerjakan sholat, kecuali pada keadaan diatas.

3 dari 4 halaman

Cara Melakukan Sholat Jamak

Cara menjamak sholat fardhu dapat dilakukan dengan du acara yaitu:

1. Jamak Takdim

Sholat ini merupakan jamak yang di dahulukan. Yaitu dengan cara menjamak dua sholat pada waktu yang pertama. Jika kamu akan menjamak sholat dzuhur dan ashar, maka cara menjamak sholat fardhu ini ialah di waktu dzuhur.

Hal ini dilakukan pula dengan 4 rakaat dzuhur kemudian 4 rakaat ashar, seperti melakukan sholat fardhu biasa, hanya waktunya yang berubah. Sedangkan cara menjamak sholat maghrib dan isya pada jamak takdim yaitu berada pada waktu maghrib. Dengen melakukan 3 rakaat untuk maghrib dan 4 rakaat untuk sholat isya.

2. Jamak Takhir

Sholat jamak takhir dilakukan pada waktu sholat kedua. Hal ini tentu saja kebalikan dari jamak takdim. Namun kamu tetap melakukan urutan sholat seperti biasa, yaitu mengurutkan sholat pertama terlebih dahulu, meskipun kamu melakukannya di waktu yang kedua.

4 dari 4 halaman

Cara menjamak sholat fardhu

Cara menjamak sholat fardhu untuk jamak takdim pada sholat fardhu dzuhur dan ashar:

1. Niat sholat dzuhur dengan jamak takdim

“ Saya niat sholat dzuhur empat rakaat digabungkan dengan sholat ashar dengan jamak takdim karena Allah ta’ala”

2. Takbirotul ikhram

3. Sholat dzuhur seperti biasa dengan empat rakaat

4. Salam

5. Berdiri lagi untuk melakukan sholat ashar dengan niat jamak takdim.“Saya niat sholat ashar empat rakaat digabungkan dengan shalat dzuhur dengan jamak takdim karena Allah ta’ala”

6. Takbiratul ikhram

7. Sholat ashar empat rakaat seperti biasa

8. SalamSeteleh melakukan salam pada sholat yang pertama diharuskan untuk langsung berdiri. Tidak boleh diselingi kegiatan apapun, baik itu berzhikir ataupun berdoa apalagi berbicara dengan orang lain.

Cara menjamak sholat untuk sholat jamat takhir juga serupa dengan sholat jamak takdim, yaitu:

1. Niat sholat menjamak sholat maghrib dengan jamak takhir.“Saya niat sholat maghrib tiga rakaat deigabungan dnegan shalat isya dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala”

2. Takbiratul Ikhrom

3. Sholat maghrib tiga rakaat seperti biasa

4. Salam

5. Berdiri kembali untuk sholat isya dengan niat jamak takhir“ Saya niat sholat isya empat rakaat digabungkan dnegan shalat maghrib dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala”

6. Takbiratul ikhram

7. Sholat isya empat rakaat seperti bisanya

8. Salam

Selain di jamak takdim dan jamak takhir, cara menjamak sholat fardhu ialah dengan jamak qasar. Sholat qasar sendiri ialah sholat yang diringkas, yaitu sholat empat rakaat menjadi dua rakaat. Dan sholat fardhu yang boleh diringkas ialah dzuhur,ashar dan isya. Cara menjamak sholat untuk jamak qasar sama dengan menjamak sholat untuk jamak takdim dan takhir, hanya jumlah rakaat yang berbeda.

1. Niat jamak qasar shalat dzuhur dengan jamak takdim.“saya berniat shalat dzuhur dua rakaat digabungkan dengan shalat ashar dengan jamak takdim, diqasar karena Allah Ta’ala”

2. Takbiratul ikhram

3. Shalat dzuhur dua rakaat

4. Salam

5. Berdiri lagi untuk niat shalat ashar“Saya berniat shalat ashar dua rakaat diagbungkan dnegan shalat dzuhur dengan jamak takdim dan di qasar karena Allah Ta’ala”

6. Takbiratul ikhram7. Shalat ashar dua rakaat

8. Salam

  

Reporter: Novita Ayuningtyas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini