Sukses

Lakukan 3 Cara Ini Agar Tidak Grogi Saat Presentasi

Liputan6.com, Jakarta Perasaan grogi kerap muncul ketika berhadapan dengan orang banyak atau dihadapkan dengan situasi tertentu yang bersifat penting salah satunya ketika presentasi. Presentasi yang dilakukan biasanya presentasi di kelas, presentasi bisnis, presentasi kerja, bahkan presentasi ujian.

Ada pakar yang mengatakan jika perasaan grogi muncul karena melemahnya rasa percaya diri pada diri seseorang. Perasaan grogi sering berdampak pada apa yang kamu presentasikan kurang memuaskan dan apa yang disampaikan tidak sesuai harapan. Berikut cara untuk mengatasi grogi tersebut.

1. Sandarkan tangan ke meja

Jika tidak ada meja, carilah permukaan yang bisa untuk menyandarkan tangan kamu. Perhatikan, meja yang menyentuh lantai. Kenapa bisa ke lantai? Agar kamu bisa membayangkan energi grogi pindah ke meja dan perlahan turun ke lantai.

Selain di permukaan meja, kamu juga bisa menyentuh dinding. Dengan bersikap seperi ini kamu akan bergerak, dan mungkin bisa sedikit menghilangkan rasa grogi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

2. Berpindahlah posisi berdiri

Pada saat melakukan presentasi, hindari diam dan hanya terpaku pada satu titik. Karena ketika kamu melakukan hal seperti itu, audiens akan bosan dan mengalihkan perhatiannya dari presentasi yang sedang kamu lakukan. Cobalah untuk sesekali bergerak, hal tersebut juga bisa sedikit mengurangi rasa grogi dan membuat audiens tidak bosan.

3. Tatap mata audiens

Jika kamu ingin audiens perhatian kepada presentasi yang kamu lakukan, maka tatap mata mereka. Kunci tatapan tersebut dan sedikit gerakan tubuh kamu. Jika kamu berhasil mengunci tatapan mata audiens, itu tandanya presentasi berhasil dan perhatian audiens meningkat. Ikuti suasana tersebut, maka grogi yang kamu rasakan akan hilang sendirinya.

 

Penulis:

Nihlah Fauziyatul Wafa

Loading
Artikel Selanjutnya
Sukses Presentasi di Rapat dengan 7 Cara Ini