Sukses

4 Wilayah di Indonesia dengan Suhu Tertinggi

Liputan6.com, Jakarta Kata panas mungkin identik dari negara Indonesia. Terletak di garis khatulistiwa, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim yakni kemarau dan hujan.

Negara tropis seperti Indonesia memang identik dengan panas, jika sedang memasuki musim kemarau. Tapi ada lo di sejumlah tempat yang terkenal sebagai kota paling panas dari kota-kota lainnya.

Penasaran kota apa saja yang paling panas di Indonesia? 

2 dari 5 halaman

1. Bima, NTB

Kota Bima yang terletak di Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah yang dikenal cukup panas. Di kota ini matahari bersinar terik sepanjang musim dengan intensitas penyinaran mencapai 39 derajat celsius.

Dengan suhu yang cukup tinggi tersebut, Kota Bima dinobatkan sebagai kota terpanas di tahun 2014. Secara umum kondisi tanah di Kota Bima didominasi oleh gunung batu, hal ini menyebabkan rata-rata masyarakatnya bertani dengan menanam jagung dan tanaman keras lainnya.

3 dari 5 halaman

2. Bekasi

Salah satu kota yang dikenal sebagai kota paling panas ialah Bekasi, Jawa Barat. Suhu di kota tersebut cukup tinggi bisa mencapai 35 derajat celsius.

Panasnya Kota Bekasi ini dipengaruhi oleh tata guna lahan yang meningkat terutama industri, perdagangan dan pemukiman.

4 dari 5 halaman

3. Pekanbaru

Pekanbaru termasuk sebagai kota paling panas. Suhu maksimum di kota bergelar Kota Bertuah ini hingga 36 derajat celsius pada siang hari.

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera, dan termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.

5 dari 5 halaman

4. Medan

Di Provinsi Sumatera Utara, kota yang dikenal panas adalah Medan. Suhu di kota ini berkisar 30- 35 derajat celsius pada siang hari. Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen, Medan memiliki iklim hutan hujan tropis dengan musim kemarau yang tidak jelas.

Reporter

Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Patut Ditiru, 4 Kisah Pemulung Temukan Uang Jutaan Lalu Dikembalikan
Artikel Selanjutnya
Kata Sri Mulyani soal Penerimaan Pajak Freeport Indonesia