Sukses

Setelah 38 Tahun, Ini Keceriaan Suporter Wanita Iran Bisa Nonton Sepak Bola

Liputan6.com, Jakarta - Kaum wanita Indonesia penggemar sepak bola memiliki kebebasan untuk menyaksikan langsung pertandingan di gelanggang. Berbeda dengan kaum wanita di Iran yang tidak akan bisa merasakan atmosfer pertandingan secara langsung di stadion. Ya, karena alasan tertentu, pemerintah Iran secara resmi membuat larangan sejak 1980.

Namun, pada gelaran Piala Dunia kali ini, ada sejarah yang dibuat. Pemerintah Iran untuk pertama kalinya sejak 38 tahun yang lalu memperbolehkan kaum Hawa untuk menonton sepak bola di stadion. Momen itu terjadi saat pertandingan Iran melawan Spanyol, Kamis (21/6).

Warga Iran, baik laki-laki maupun perempuan, berkumpul di Stadion Azadi untuk menggelar nonton bersama pertandingan tersebut. Banyak dari mereka langsung mengeluarkan ponsel untuk merekam momen bersejarah tersebut. Meski Iran harus kalah 0-1 dari Spanyol, paling tidak hak perempuan untuk bisa menonton bola secara langsung di negara tersebut mulai diakui lagi.

Nah, berikut potret bahagia fans wanita Iran saat bisa kembali menonton pertandingan secara langsung di stadion. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Antusiasme tinggi ditunjukkan suporter wanita timnas Iran saat pertandingan melawan Spanyol

3 dari 6 halaman

2. Sebab ini kali pertama mereka diperbolehkan nonton pertandingan secara langsung di stadion setelah dilarang pemerintah sejak tahun 1980

4 dari 6 halaman

3. Baik laki-laki dan perempuan melebur jadi satu di Stadion Azadi untuk mendukung Iran di Piala Dunia

5 dari 6 halaman

4. Meski timnya harus kalah tipis, paling tidak hak asasi perempuan untuk menonton pertandingan secara langsung mulai kembali diakui

6 dari 6 halaman

5. Akun Twitter resmi timnas Iran pun membagikan foto momen bersejarah tersebut

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.