Sukses

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Secara Aman, Alami, dan Tanpa Obat

Hubungan intim antar pasangan suami istri adalah salah satu aspek paling penting dalam hubungan pernikahan.

Jakarta Hubungan intim antar pasangan suami istri adalah salah satu aspek paling penting dalam hubungan pernikahan. Setiap suami-istri selalu berharap bahwa di aspek seksual, mereka tak mengalami masalah. Meski demikian, acapkali permasalahan seputar ranjang hadir tanpa diminta.

Memang, ada kalanya salah satu pihak tidak mempermasalahkan adanya 'kekurangan' dalam sisi seksual pasangannya. Namun seringkali masalah itu datang pada saat yang tak tepat, atau berulang kali. Hal ini menyebabkan hubungan tak sehangat dahulu.

Salah satu masalah yang kerap dialami kaum pria di ranjang adalah ejakulasi dini. Ejakulasi dini sendiri adalah fenomena di mana pria mengalami orgasme terlalu cepat setelah mengalami stimulasi penis yang minimal.

Ejakulasi dini ini sebenarnya bukan sesuatu yang harus ditakutkan, karena meski penyakit ini bisa menyerang siapapun tanpa kenal umur, penyakit ini bisa disembuhkan karena banyak cara mengatasi ejakulasi dini yang bisa ditempuh. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Berdasarkan berbagai penelitian, rata-rata, kaum pria bisa ejakulasi dalam tiga sampai lima menit.

Jika seseorang mengalami ejakulasi pada menit pertama hingga kedua, ini bisa disebut sebagai ejakulasi prematur atau ejakulasi dini. Apakah Anda masuk di antaranya? Jangan khawatir. Sebelum masuk ke cara mengatasi ejakulasi dini, ada baiknya kita pahami penyebabnya.

Jika berbicara penyebab, ada banyak sekali hal yang memicu ejakulasi dini bisa terjadi. Mulai dari cemas atau merasa tidak nyaman, ketakutan akan pengalaman masa lalu, tidak dapat mengontrol diri, depresi, serta sakit pada tubuh.

Berikut akan kami jelaskan cara mengatasi ejakulasi dengan berbagai cara, yang dirangkum Liputan6.com pada Rabu (6/6/2018) dari berbagai sumber.

3 dari 13 halaman

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami, tradisional, dan tanpa obat

Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh sebagai cara mengatasi ejakulasi secara alami, tradisional, serta tanpa menggunakan obat. Melansir dari website NuMale yang merupakan pusat medis terkemuka di Amerika Serikat, berikut beberapa caranya.

1. Lebih banyak berhubungan seksual

Salah satu cara mengatasi ejakulasi dini adalah dengan lebih banyak berhubungan seksual. Menurut seorang dokter ahli penyakit dalam bernama Larry P. Gassner, M.D., pria yang menderita ejakulasi dini membutuhkan latihan, latihan, dan latihan lebih banyak lagi!

Menurut sang dokter, penyebab paling umum terjadinya ejakulasi dini adalah kecemasan akan performa seksual. Jadi dengan meningkatkan keakraban dengan pasangan, kenyamanan antar pasangan dan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pasangan, ejakulasi dini bisa teratasi. Jadi, lebih banyaklah berhubungan seks!

 

4 dari 13 halaman

2. Senam kegel

Senam kegel tak cuma berguna untuk wanita. Bagi pria, senam kegel ampuh sebagai cara mengatasi ejakulasi dini secara alami. Hal ini bisa terjadi karena senam kegel itu memperkuat otot pubococcygeus yang dapat mengembalikan kontrol Anda terhadap berbagai seraf rangsangan di area vital Anda.

Menurut dokter Christopher Asandra, M.D. yang merupakan founder NuMale, alternatif latihan kegel adalah dengan mencoba menghentikan kencing di tengah-tengah. Tahan sepuluh detik lalu lepaskan. Otot untuk menahan pipis di tengah-tengah ini adalah otot yang sama untuk kegel dan ini adalah salah satu cara mengatasi ejakulasi dini yang ampuh.

 

5 dari 13 halaman

3. Masturbasi sebelum hubungan seksual

Menurut dokter Gassner, salah satu cara ampuh untuk mencapai klimaks lebih lama yang tentu jadi cara mengatasi ejakulasi dini, adalah dengan masturbasi sebelum Anda berhubungan seksual. Pasca dirangsang untuk pertama kalinya dengan masturbasi, rangsangan kedua tentu akan lebih kuat dari sebelumnya, dan klimaks tak akan terjadi begitu cepat.

Namun, meski ini adalah solusi yang menarik dan ampuh dari cara mengatasi ejakulasi dini, sang dokter memberi catatan: makin tua usia Anda, periode refraksi atau kemampuan untuk 'bangkit' lagi pasca orgasme pertama, akan cenderung menurun. Jadi, masturbasi-lah satu atau dua jam sebelum berhubungan seksual dengan pasangan Anda.

6 dari 13 halaman

4. Pakai kondom

Jika Anda mengalami ejakulasi dini, akan lebih baik jika ketika berhubungan seks Anda menggunakan kondom. Cara mengatasi ejakulasi dini dengan kondom ini bisa dengan mudah mengatasi ejakulasi dini Anda, karena kondom memang terkenal untuk mengurangi sensitivitas rangsangan di alat vital Anda. Terlebih lagi, ada beberapa merek yang mengandung bahan kimia yang bisa mereduksi sensitivitas rangsangan secara signifikan sehingga ejakulasi dini tak terjadi.

Namun cara mengatasi ejakulasi dini dengan memakai kondom berbahan kimia tersebut ternyata juga dapat mengurangi sensitivitas di pasangan juga, jadi ini akan berakibat di kurang maksimalnya kepuasan seksual yang didapat dua belah pihak.

 

 

7 dari 13 halaman

5. Komunikasi antar pasangan

Menurut dokter Asandra, cara mengatasi ejakulasi dini menurut para terapis adalah komunikasi antar pasangan. Dengan mengkomunikasikan apa masalah yang kita miliki sehari-hari serta tentu masalah di ranjang, pasangan akan lebih menerima dan dapat meredakan kecemasan atas performa dan kepuasan masing-masing dalam aspek seksual. Hal ini terbukti dapat mengembalikan stamina pria dan jadi cara mengatasi ejakulasi dini yang ampuh. Namun tentu kuncinya satu: jujur dan terbukalah pada pasangan.

 

 

8 dari 13 halaman

6. Ambil napas dalam-dalam

Mengambil napas dalam-dalam adalah salah satu cara mengatasi ejakulasi dini yang ampuh. Tak cuma ejakulasi dini, sistem saraf serta kecemasan kita bisa lebih tenang hanya dengan mengambil napas dalam-dalam. Cobalah untuk ambil napas dalam-dalam lewat hidung, tahan 3 sampai 10 detik, buang lewat mulut. pakai trik ini sebelum berhubungan seks dengan pasangan.

 

9 dari 13 halaman

7. Berhenti saat akan klimaks

Salah satu solusi dari cara mengatasi ejakulasi dini adalah berhenti tepat saat akan klimaks. Di tengah melakukan hubungan seks dan akan mencapai klimaks, hentikan pergerakan Anda sehingga klimaks tersebut tidak terjadi. Jika perlu, remas pangkal alat vital Anda agar ereksi tereduksi.

Setelah beberapa detik atau menit, lanjutkan sesi hubungan intim Anda dan jika perlu ulang trik ini.

Satu permasalahan dari cara mengatasi ejakulasi dini dengan berhenti saat akan klimaks adalah ketidakpuasan pasangan, dan risiko memperburuk kecemasan akan performa seks yang justru akan memperburuk ejakulasi. Namun jika cara mengatasi ejakulasi dini ini berhasil, pelan-pelan Anda akan mendapatkan lagi kontrol dan fokus Anda terhadap klimaks ejakulasi.

10 dari 13 halaman

Cara mengatasi ejakulasi dini dengan lidah buaya

Salah satu mitos atau buah bibir yang sering kita dengar soal cara mengatasi ejakulasi dini adalah digunakannya lidah buaya. Disebut bahwa lendir atau gel lidah buaya yang biasa kita gunakan untuk penyubur rambut tersebut bisa jadi cara mengatasi ejakulasi dini dengan menggunakannya sebagai pelumas ketika berhubungan seks. Namun menurut pantauan Merdeka.com, tidak ada kajian ilmiah atau pernyataan pakar soal kebenaran hal ini.

Jadi, untuk lebih baiknya praktikkan saja cara mengatasi ejakulasi dini yang lebih alami dari poin-poin yang telah kami sebut di atas.

11 dari 13 halaman

Cara mengatasi ejakulasi dini pada wanita

Tak cuma di kaum pria, kaum Hawa pun ternyata juga bisa mengalami ejakulasi dini. Sesuai dengan definisinya, wanita juga bisa merasa tak nyaman jika merasa terlalu cepat mencapai klimaks. Hal ini bisa disebabkan oleh klitoris yang hipersensitif, serta siklus hormon serta menstruasi yang kacau.

Hampir sama dengan pria, cara mengatasi ejakulasi dini pada wanita bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Melakukan hubungan seksual dengan lebih pelan, untuk mencapai klimaks yang lebih lembut
  2. Melakukan foreplay lebih lama agar kontrol dan fokus klimaks lebih terjaga, serta durasi juga lebih lama
  3. Melakukan masturbasi terlebih dahulu, agar rangsangan pasca masturbasi jadi lebih kuat dari sebelum masturbasi (lakukan satu jam sebelum hubungan seks dengan pasangan)
12 dari 13 halaman

Cara mengatasi ejakulasi dini dan mani encer

Sperma encer adalah salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak pasangan. Sperma seharusnya tak encer karena proses pengenceran biasanya terjadi 10 menit setelahnya. Sperma yang normal memiliki volume 2 mililiter hingga 5 mililiter dengan kekentalan yang cukup.

Ada beberapa cara mengatasi ejakulasi dini dan mani encer, sehingga kualitas sperma bisa bertambah:

  1. Menjaga berat badan tetap ideal dan proporsional
  2. Makan makanan dengan gizi seimbang, tak lupa sayur serta buah-buahan
  3. Minum air putih cukup, minimal 2 liter per hari
  4. Jangan terlalu sering mandi, shower, atau berendam air hangat atau panas
  5. Jangan pakai celana dalam yang ketat, atau ganti celana dalam biasa (briefs) dengan boxer atau boxer briefs
  6. Istirahat cukup tiap harinya
13 dari 13 halaman

Cara mengatasi ejakulasi dini secara Islam

Jika ingin menerapkan cara mengatasi ejakulasi dini menurut Islam, ada baiknya kita meninggalkan hal-hal yang tak sesuai dengan hukum Islam seperti melakukan masturbasi dan menggunakan kontrasepsi. Jadi, berikut beberapa cara mengatasi ejakulasi dini secara Islam. Berbagai deskripsi dari poin di bawah bisa Anda baca kembali di bagian atas artikel ini.

  1. Lebih banyak berhubungan seksual
  2. Komunikasi antar pasangan
  3. Ambil napas dalam-dalam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.