Sukses

21 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu dan Membuat Tidak PD

Bau ketiak tidak hanya menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, namun juga menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang di sekitar. Intip cara menghilangkan bau ketiak secara aman dan efektif.

Jakarta Ketiak menjadi anggota tumbuh yang menjadi langganan munculnya keringat berbau. Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat di mana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

Bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin yang letaknya jauh di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini ada pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Kelenjar akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Oleh karena itu timbul bau badan yang tidak sedap.

Selain menurunkan tingkat kepercayaan diri, adanya bau ketiak juga bisa mengganggu orang di sekitar Anda. Daripada Anda terus-menerus menderita karena bau ketiak, cobalah untuk menghilangkannya seperti yang dirangkum Liputan6.com (6/6) berikut ini.

Cara menghilangkan bau ketiak

Terdapat 3 metode yang bisa Anda terapkan sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Yaitu dengan mengikuti cara menghilangkan bau ketiak secara alami, cara menghilangkan bau ketiak dengan pola hidup sehat, atau cara menghilangkan bau ketiak secara medis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat secara alami dan cepat

1. Daun sirih

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih yang perlu Anda lakukan adalah mandi dengan menggunakan air rebusannya. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 gelas air kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi. Lakukan hal tersebut secara rutin maka bau ketiak Anda akan segera menghilang.

2. Daun beluntas

Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meski tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

Cara mengkonsumsinya sebagai cara menghilangkan bau ketiak mudah saja. Anda hanya perlu rutin meminum air rebusan beluntas sebanyak 2 kali dalam sehari.

3. Daun kemangi

Minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau ketiak ada dalam kemangi. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Anda cukup memakannya sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore.

Namun jika Anda tidak menyukainya sebagai lalapan. Anda bisa menggunakannya sebagai teh. Keringkan kemangi, lalu tumbuk hingga halus, seduh dengan air panas lalu disaring. Minum 2 kali sehari secara rutin.

3 dari 7 halaman

4. Bunga kecombrang

Tidak hanya daun sirih, bunga kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Zat-zat tersebut berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya lalu gunakan seperti sabun pada tubuh. Gunakan setiap kali Anda mandi.

5. Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau ketiak. Untuk menghilangkan bau ketiak, caranya adalah dengan minum air perasan temulawak. Pertama, parut temulawak kemudian beri air sembari diperas. Tambahkan 1 sdt madu jika menurut Anda baunya tidak sedap dan rasanya aneh.

6. Jahe

Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri seperti sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

4 dari 7 halaman

7. Cengkeh

Ramuan tradisional lainnya yang mengandung minyak atsiri adalah cengkeh. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam cengkeh dalam air panas selama 15 menit. Bisa ditambahkan dengan madu ketika Anda hendak meminumnya. Minum 2 kali sehari secara rutin niscaya bau badan Anda akan menghilang.

8. Jeruk purut

Kaya manfaat merupakan salah satu kelebihan jeruk purut. Meski asam, jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium. Anda cukup memeras 1 buah jeruk purut kemudian campurkan dengan gelas air. Minum 2 kali sehari secara rutin.

9. Jeruk nipis

Tidak hanya jenis jeruk purut saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jeruk nipis juga tidak kalah bermanfaat lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika Anda mengaplikasikan deodoran pada ketika Anda. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

5 dari 7 halaman

10. Mentimun

Mentimun terdiri dari 95 persen air. Mentimun juga mengandung zat seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Anda hanya perlu menggunakan ketimun sebagai masker pada ketiak. Gunakan dua kali seminggu secara rutin.

11. Cuka apel

Asam tartar yang ada dalam apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asem asetat juga ada dalam cuka apel. Asam asetat ini berfungsi sebagai antimikroba. Oleskan cuka apel menggunakan kapas pada ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Setelah itu Anda mandi. Gunakan setiap sebelum mandi.

12. Baking soda

Baking soda dipercaya sebagai penghilang bau badan karena dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan. Caranya adalah dengan campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis lalu oleskan pada ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali secara rutin.

13. Tawas

Tawas merupakan bahan kimia yang mengandung asam sulfat. Bentuk tawas seperti bongkahan kristal yang terlihat seperti batu hiasan. Tawas mengandung sifat antiseptik dan antibakteri sehingga sering digunakan untuk menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas mudah saja. Pertama, Anda perlu menghancurkan tawas hingga menjadi bubuk lalu larutkan dalam air. Masukkan handuk kecil kemudian kompres ketiak menggunakan handuk tersebut. Lakukan pengompresan berulang-ulang selama 15 menit.

 

6 dari 7 halaman

Cara menghilangkan bau ketiak dengan pola hidup sehat

14. Mandi 2 kali sehari

Anda termasuk orang yang jarang mandi? Sebaiknya jangan diteruskan. Hal tersebut akan membuat bakteri penyebab bau ketiak akan semakin berkembang tak terkendali. Dengan rutin mandi 2 kali sehari, efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau ketiak.

15. Hindari makanan penyebab bau ketiak

Selain menjaga kebersihan badan dengan mandi 2 kali sehari. Anda juga harus mengatur makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang malahan akan menyebabkan bakteri penyebab bau ketiak berkembang cepat. Macam-macam makanan penyebab bau ketiak adalah daging merah, alkohol dan kafein, makanan cepat saji, dan tembakau.

16. Rajin minum air putih

Proses berkeringat akan semakin lancar dengan bantuan air mineral. Dengan lancarnya berkeringat, maka bakteri yang ada pada pori akan keluar juga dari tubuh. Minumlah minimal 8 gelas air mineral dalam sehari.

17. Rajin olahraga

Olahraga memang menyebabkan Anda berkeringat. Namun dengan berolahraga maka keringat yang keluar akan membuang kuman dan bakteri yang ada pada pori-pori Anda.

 

7 dari 7 halaman

Cara menghilangkan bau ketiak secara medis

18. Menggunakan deodoran

Meski tidak dapat mengurangi keluarnya keringat, namun deodoran berguna untuk mencegah bau ketiak. Gunakan sebelum beraktifitas.

19. Menggunakan bedak

Banyak jenis bedak yang dapat digunakan sebagai pencegah timbulnya keringat pada kulit. Anda bahkan bisa menggunakan bedak bayi yang tentu saja manjur untuk mencegah keringat keluar.

20. Menggunakan antiperspirant

Antiperspirant mengandung bahan aktif yaitu zat alumunium yang dapat menghambat pengeluaran keringat. Sebelum beraktifitas jangan lupa gunakan pada ketiak.

21. Konsultasi dengan dokter

Jika semua cara yang telah dipaparkan di atas ternyata masih belum bisa menghilangkan bau ketiak Anda, maka sudah saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter agar penyebab bau ketiak serta cara menghilangkan bau ketiak yang efektif bagi Anda segera Anda ketahui sehingga bau ketiak akan segera menghilang.

Ada begitu banyak cara untuk menghilangkan bau ketiak. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk bau ketiak bukan?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini