Sukses

12 Contoh CV Kreatif dan Cara Mudah Membuatnya Bagi Pemula

CV merupakan pintu gerbang sebuah perusahaan untuk mengenalmu. Oleh karena itu buatlah CV yang atraktif dengan tips-tips berikut ini,

Jakarta Lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat adalah hal yang paling dinanti bagi mereka si fresh graduate atau baru saja lulus dari sekolah.

Nah, langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah CV atau curriculum vitae yang berfungsi sebagai ajang mengenalkan dan mempromosikan diri pada perusahaan yang kamu incar.

Karena CV adalah sesuatu yang tricky, tentu kamu perlu gambaran contoh CV. Syukur, jika contoh CV yang kamu lihat adalah contoh CV yang menarik namun mudah dibuat bagi pemula. Sebab kebanyakan orang menilai bahwa menulis CV adalah hal yang sulit dan membutuhkan waktu.

Bagi kamu yang sedang bingung, berikut adalah contoh CV yang benar dan cara membuatnya yang mudah bagi kamu si fresh graduate namun tetap menarik sehingga akan dilirik perusahaan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh CV bahasa Indonesia yang lengkap, menarik, dan kreatif

CV atau curriculum vitae yang berasal dari bahasa latin yang berarti 'jalan hidup'. Itulah sebabnya di contoh CV yang benar, sebaiknya kamu tidak menuliskan riwayat atau perjalanan hidup secara panjang lebar atau bertele-tele. Kamu harus menampilkan pencapaian dan perjalanan hidup yang menunjang nilai jualmu sehingga akan dilirik perusahaan.

Berikut adalah langkah membuat CV yang mudah:

1. Masukkan data identitas dengan benar

Di contoh CV yang benar untuk ditulis adalah masukkan data diri atau data identitas dengan benar dan jujur. Mulai dari menulis nama panjang,alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, dan alamat sosial media lainnya. Pastikan bahwa sosial mediamu terlihat normal ya. Sebab bisa jadi perusahaan yang kamu tuju benar-benar melihat sosial mediamu.

Kemudian di contoh CV, deskripsikan dirimu dengan baik. Deskripsi diri ini termasuk usia, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa, dan sedikit menyinggung tentang pendidikan terakhir yang kamu jalani. Seperti contohnya adalah kamu berasal dari lulusan mana dengan nilai yang memuaskan.

2. Masukkan riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan adalah hal yang penting lainnya di contoh CV. Tak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan di taman kanak-kanak. Cukup dari pendidikan di masa sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas, dan universitas. Cantumkan pula durasi kamu menempuh pendidikan di masing-masing.

 

3 dari 5 halaman

Jika kamu memiliki riwayat pendidikan informal lainnya, bisa kamu cantumkan pula di bagian contoh CV ini.

3. Jika ada, masukkan pengalaman kerja atau pengalaman berorganisasi

Jika sebelum melamar pekerjaan ini, kamu ternyata sudah memiliki pengalaman bekerja maka jangan ragu untuk menuliskan seperti yang ada di contoh CV. Tuliskan secara detail di perusahaan apa kamu bekerja, durasi bekerja, posisi, dan tingkatan atau jenjang karir yang kamu dapatkan. Meski bukan dari perusahaan besar, jangan ragu untuk menuliskannya di contoh Cv.

Selain pengalaman bekerja, pengalaman dalam berorganisasi juga bisa menjadi nilai plusmu. Apalagi jika dalam berorganisasi kamu menduduki atau memegang jabatan yang cukup berharga. Tuliskan atau deskripsikan secara detail dari kegiatan yang kamu lakukan dan pengaruhnya pada pengembangan dirimu.

4. Jelaskan kualifikasi diri yang dimiliki

Selain pendidikan yang berkualitas, perusahaan juga akan melirik kualifikasi khusus yang kamu miliki. Apalagi jika kamu berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan tersebut. Sehingga jangan ragu untuk menuliskan di contoh CV.

5. Tuliskan keahlian pribadi yang menunjang kemampuan

Tak hanya deskripsi diri dan pendidikan, perusahaan juga ingin mengetahui pribadimu seutuhnya. Sehingga kamu bisa menuliskan atau menjelaskan keahlian pribadi yang kemudian menunjang kemampuanmu dalam bekerja. Sehingga jangan lupa untuk mencantumkannya di contoh CV.

6. Tuliskan capaian atau penghargaan yang pernah kamu raih

Jika kamu memiliki capaian khusus, maka hal tersebut adalah sebuah nilai lebih. Tuliskan capaian atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya.

7. Tuliskan secara singkat, padat, dan jelas

Setelah kamu melengkapi contoh CV dengan lengkap, pastikan bahwa kamu bisa menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan dengan kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien. Kemudian tuliskan setiap alur riwayat hidup dengan runtut. Termasuk di jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau prestasi yang pernah kamu raih. Jangan menuliskannya secara melompat-lompat.

Serta di CV, jangan menggunakan nama yang berlebihan atau aneh untuk alamat email seperti celaluimuth@gmail.com.

Itulah cara membuat CV yang lengkap, menarik, dan mudah dibuat oleh para pemula. Selain dalam bentuk document atau dalam bentuk word, seringkali perusahaan meminta contoh CV dalam bentuk PDF. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengonversikannya ke PDF.

4 dari 5 halaman

Contoh CV bahasa Inggris yang benar dan kreatif

Tak hanya melamar di perusahaan dalam negeri, terkadang kamu juga tergoda untuk melamar di perusahaan asing yang ada di Indonesia atau bahkan perusahaan yang ada di luar negeri.

Selain kamu harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik sebagai bahasa internasional dan mental baja, hal teknis lainnya yang harus kamu persiapkan adalah CV atau curriculum vitae yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Apakah terdengar sulit?

Well, jika kamu telaten dan mau berusaha, maka menulis CV dalam bahasa Inggris tidaklah susah. Prinsipnya sama saja dengan menulis CV dengan menggunakan bahasa Indonesia. Hanya memang kamu harus menggunakan pilihan kata berbahasa Inggris yang formal, efektif, dan mudah dimengerti. Jangan menuliskannya secara panjang lebar sebab malah akan terlihat tidak menarik.

Dalam contoh CV bahasa Inggris, beberapa bagian yang harus dicantumkan adalah sebagai berikut:

8. Profile

Di contoh CV bahasa Inggris pertama kali yang harus kamu tulis adalah bagian profile. Bagian ini menjelaskan dengan detail namun efektif tentang profilmu secara positif.

 

 

5 dari 5 halaman

9. Contact

Di contoh CV bahasa Inggris, hal kedua yang harus kamu tuliskan adalah concact. Sesuai namanya, bagian ini menjelaskan atau mencantumkan bagaimana cara harus menghubungimu. Bagian ini berisi nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat akun Skype yang biasanya digunakan untuk alat wawancara online, alamat email, hingga alamat akun linkedin.com. Gunakan nama atau alamat yang formal dan jangan berlebihan sehingga terlihat profesional.

10. Skills

Skill atau kemampuan adalah hal penting lainnya yang dilirik perusahaan selain pendidikan. Oleh karena itu isi bagian ini sepositif dan semenarik mungkin. Sebab kemampuan bisa menjadi nilai positif dan bahan pertimbangan sebuah perusahaan untuk memperkerjakanmu.

11. Education

Di bagian education atau pendidikan, tuliskan jenjang pendidikan yang pernah kamu tempuh. Dalam contoh Cv bahasa Inggris, kamu tidak harus menulis riwayat pendidikan sedari awal kamu bersekolah. Cukup tuliskan kamu pernah berkuliah di universitas mana beserta dengan alamatnya dan cantumkan pula nilai IPK yang kamu raih.

Jika kamu pernah menempuh pendidikan informal, masukkan pula di bagian ini. Tuliskan secara detail, berapa lama kamu menempuhnya, dan dimana lokasinya.

12. Experience

Experience dalam contoh CV bahasa Inggris berhubungan dengan pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Entah itu pekerjaan yang bersifat formal, informal, atau sukarela. Tuliskan berapa lama kamu menjalaninya, di posisi mana kamu bekerja di dalamnya, dan jelaskan tentang posisi pekerjaan tersebut. Tuliskan secara runtut sejak di tahun pertama kali kamu bekerja yang kemudian bersambung ke pengalaman kerja formal atau informal berikutnya.

CV adalah pintu gerbang pertama bagi sebuah perusahaan untuk menilai sebelum memperkerjakanmu. Oleh karena itu CV yang kamu buat harus profesional, kreatif, dan atraktif. Semoga tips di atas membantumu untuk membuat CV yang kamu inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini