Sukses

Misterius dan Membawa Petaka, Jangan Buka Pesan Seperti Ini

Selalu waspada ketika menerima pesan tidak dikenal dan misterius melalui media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Selalu waspada ketika menerima pesan misterius, termasuk yang masuk melalui WhatsApp. Jika lengah, pesan tersebut bisa ditunggangi program yang merusak keseluruhan sistem Android pada perangkat kita.

Menurut Tren Digital, pesan tersebut menampilkan simbol tertentu yang tersembunyi di antara spasi. Setelah menerima pesan itu dan mengetuk bagian atas teks, akan menyebabkan aplikasi 'menyebarkan' simbol tersebut.

Akibatnya, aplikasi WhatsApp dan sistem Android menjadi tidak responsif karena terbebani oleh serangan simbol tersembunyi itu.

Dua variasi pesan misterius itu telah diidentifikasi. Variasi pertama menampilkan titik hitam dengan peringatan yang mengatakan WhatsApp akan hang jika pengguna menyentuhnya.

Sementara itu, pesan lainnya mengatakan " Ini sangat menarik" dengan emoji dari wajah menangis dan tertawa.

WhatsApp belum mengeluarkan pernyataan tentang virus ini. Namun diharapkan layanan olahpesan yang dimiliki Facebook tersebut akan memperbaiki masalah ini dalam beberapa hari.

Menurut laporan, pesan misterius tersebut mampu mematikan WhatsApp versi Android dan iOS. Namun, sampai saat ini hanya ponsel Android yang diketahui telah menjadi korban virus ini.

Didirikan pada tahun 2009, WhatsApp kini memiliki lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia. Sayang, layanan pesan tersebut mengalami beberapa masalah dramatis dalam minggu-minggu terakhir.

Pada akhir bulan lalu, co-founder WhatsApp Jan Koum, mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan perusahaan. Laporan media mengindikasikan bahwa keputusan itu dipengaruhi oleh perselisihan dengan Facebook atas privasi data pengguna.

Sementara itu, rekan pendiri Brian Acton, yang meninggalkan perusahaan tahun lalu, berpartisipasi dalam gerakan #BoycotFacebook, juga atas masalah privasi.

Tapi jangan perlu sampai meninggalkan aplikasi yang sekarang menjadi bagian dari Facebook ini. Mark Zuckerberg telah mengumumkan fitur baru, termasuk pembatasan grup dan pilihan penggunaan obrolan bervideo.

Reporter:

Sugiono

Sumber: Dream.co.id

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.