Sukses

Jangan Sembarangan, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Rambutmu Rontok

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut yang kuat, sehat, dan tebal adalah dambaan tiap orang. Nah, tentunya menjaga kesehatan rambut tidak bisa hanya dengan mencuci atau memilih perawatan rambut yang tepat saja.

Kamu juga harus memerhatikan makanan yang kamu konsumsi selama ini. Karena, tanpa disadari beberapa makanan menjadi penyebab kerontokan rambut.

Apa saja? Melansir dari Hellosehat.com, ini dia.

1. Makanan tinggi selenium

Meski dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung selenium dapat meningkatkan kadar selenium pada darah. Efeknya, rambut akan mudah rontok. Jenis makanan yang termasuk ke golongan ini adalah tuna, daging sapi, dan nasi putih.

 

2 dari 3 halaman

2. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Sejatinya, ikan laut mengandung asam lemak omega 3 yang membantu mencegah peradangan dan memicu pertumbuhan rambut. Sayangnya, kebanyakan ikan laut kini telah tercemar merkuri.

Tentunya merkuri yang terkandung pada ikan tersebut berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebabkan kerontokan. Jenis ikan yang seringkali ditemukan memiliki kandungan merkuri tinggi adalah ikan makarel dan tuna, sementara salmon diketahui kandungan merkurinya rendah.

3. Makanan dengan indeks glikemiks tinggi

Saat tubuh mengolah gula dari makanan, hormon insulin akan memberikan respin terhadap peningkatan glukosa. Kondisi tersebut menyebabkan kadar androgen meningkat dan memengaruhi kantung folikel pada kepala.

Meningkatnya kadar androgen membuat folikel rambut menjadi menyusut. Hasilnya, rambut menipis dan mudah rontok. Makanan yang memiliki indeks glikemiks tinggi contohnya permen, nasi putih, roti putih, pasta, margarin, atau kue.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Makanan tinggi protein hewani

Meski protein berguna untuk memperkokoh dan menebalkan rambut, jika berlebihan justru akan membuat rambut menjadi kurang sehat. Ada baiknya menambahkan makanan tinggi serat yang mengandung asam amino.

Nantinya, asam amino tersebut akan membentuk keratin yang menjadi zat utama pembentuk rambut. Makanan tinggi serat dapat berupa brokoli, tahu, bayam, tahu, atau gandum.

5. Makanan tinggi lemak jenuh

Lemak jenuh dapat memengaruhi kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan pori-pori di kulit rambut dapat tersumbat karenanya dan berefek para kerontokan. Hindari makanan yang digoreng atau dipanggang dengan margarin.

Reporter: Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Enak, 4 Makanan Khas Jepang Ini Diyakini Bikin Panjang Umur
Artikel Selanjutnya
Dapatkah Manusia Memakan Daging yang Masih Mentah Layaknya Hewan?