Sukses

Berukuran Mini, Ini Bunga dari Surga yang Mekar 3.000 Tahun Sekali

Udumbara berarti bunga dari surga dalam bahasa Sanskerta.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang menyangka, bunga berukuran mini ini merupakan bunga legendaris yang hanya mekar tiap 3.000 tahun sekali. Bunga ini dinamai Udumbara atau Youtan Polua yang berarti bunga dari surga dalam bahasa Sanskerta.

Meski legendaris, Udumbara termasuk sulit dilihat dengan mata telanjang. Butuh kaca pembesar untuk melihat keindahan bunga ini saat mekar.

Uniknya, meski berukuran amat kecil, bunga Udumbara dapat bertahan hidup ribuan tahun dan dapat tumbuh hidup di mana saja. Ia bisa saja ditemukan di permukaan kayu, kaca, bahkan logam sekalipun.

Tak hanya itu, Udumbara juga memiliki bau yang sangat wangi meski ukurannya begitu kecil. Periodenya mekarnya pun begitu lama, dapat berlangsung hingga 1 tahun.

Seorang petani bernama Ding dari Tiongkok pernah berbagi kisahnya saat menemukan Udumbara. Menurutnya, bunga itu tumbuh di batang pipa di kebunnya. Saat itu, sebanyak 38 kuntum bunga terlihat bermekaran di atas batang pipa tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tak hanya itu, di Taiwan Udumbara juga terlihat di tahun yang sama. Seorang artis Taiwan mengklaim menemukan bunga tersebut di rumah dan bau bunga itu memenuhi ruangan.

Uniknya, warga Taiwan percaya kalau penampakan Udumbara menandakan akan turunnya berkah di wilayah tempat bunga itu ditemukan.

Selain itu, pada tahun 2010 seorang biarawan di pegunungan Lushan, Tiongkok juga menemukan Udumbara. Biarawan bernama Miao Wei itu melihat Udumbara saat sedang mencuci bagian bawah mesin cucinya.

Saat ditemukan, awalnya ia mengira itu cuma telur serangga. Ternyata keesokan harinya, benda tersebut berubah menjadi bunga putih yang wangi.

Reporter: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.