Sukses

Tingkatkan Daya Ingat hingga Kepercayaan Diri, Ini 4 Manfaat Konsentrasi Saat Belajar

Ternyata berkonsentrasi saat mendengarkan dosen mengajar bisa membuat otakmu menjadi lebih cerdas

Liputan6.com, Jakarta Apa yang sering kamu lakukan saat dosen sedang menjelaskan materi perkuliahan? Kebanyakan mahasiswa merasa bosan saat berada di kelas, sehingga mereka lebih memilih untuk mengobrol dengan teman, atau memainkan gawai.

Hanya sebagian kecil mahasiswa saja yang memperhatikan materi secara sungguh-sungguh dan konsentrasi secara penuh kepada mata kuliah yang sedang berlangsung. Namun tahukah kamu, selain mudah memahami materi ternyata memperhatikan dosen saat mengajar memiliki manfaat yang sangat besar. Berikut 4 manfaat yang akan kamu dapatkan saat berkonsentrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kemampuan Mengontrol Pikiran

Dengan konsentrasi kita bisa dengan mudah mengendalikan pikiran kita. Jika sebelumnya pikiran dibiarkan terlepas, maka dengan sering berkonsentrasi pikiran tersebut bisa kamu kendalikan dan mengaturnya.

2. Meningkatkan Percaya Diri

Ketika kita melakukan konsentrasi dalam aktivitas, percaya diri akan meningkat dikarenakan bertambahnya keyakinan akan kemampuan diri. Dengan berkonsentrasi, otomatis wawasan yang kamu miliki akan semakin luas dan kamu akan sangat percaya diri saat mengobrol dengan orang lain, khususnya soal mata kuliah.

3 dari 3 halaman

3. Meningkatkan Daya Ingat

Konsentrasi akan membuat ingatan semakin tajam. Ketika kita terbiasa berkonsentrasi akan suatu hal, secara tidak langsung kita sedang melatih daya ingat dan memori otak. Berbeda dengan orang yang tidak suka memperhatikan saat berlangsungnya mata kuliah, mereka akan cenderung menjadi pemalas dan tidak tahu sama sekali tentang materi yang di pelajari.

4. Meningkatkan Fokus

Walaupun sebagian orang sering menyamakan makna konsentrasi dan fokus, tapi sebenarnya ada sedikit perbedaan makna. Fokus adalah ketika kita melihat sesuatu dengan sangat detail sehingga kita meraih hal yang kita inginkan. Maka untuk bisa fokus, kita harus konsentrasi.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini