Sukses

Teh Tak Baik Diminum Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya

Teh tak baik apabila diminum saat perut dalam keadaan kosong. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai minuman, teh memiliki sejarah yang panjang dan berumur tua. Tiongkok disebut-sebut sebagai tempat lahirnya teh. Sebab, di sanalah pohon teh (Camellia sinensis) ditemukan dan berasal.

Konsumsi budaya Cina akan kebiasaan minum teh selanjutnya menyebar bahkan melekat erat. Tak heran, ada orang yang biasa mengonsumsi teh di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Sayangnya, teh tak baik apabila diminum saat perut dalam keadaan kosong. Berikut penjelasannya.

1. Dehidrasi

Minum teh di saat perut kosong dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan teh bersifat diuretik dan dapat menghilangkan air dalam tubuh. Makin bahaya, ini dapat menyebabkan otot tubuh mengalami kekejangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Perut kembung

Beberapa orang terbiasa mencampurkan teh dengan susu. Memang, rasanya lebih nikmat. Tapi bila perut belum diisi makanan, jangan lakukan hal itu.

Kandungan laktosa pada susu dapat menyebabkan perut kembung dan usus bermasalah. Terlebih ditambah dengan sifat diuretik teh. Perut bisa mengalami sembelit.

3. Mengganggu metabolisme

Minum teh ketika perut kosong dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pada saat perut kosong, kandungan teh yang masuk ke dalam tubuh membuatnya menjadi asid. Ujung-ujungnya proses kimiawi dalam tubuh pun terganggu.

Reporter: Muhammad Ilman Nafi'an

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.