Sukses

Keren, Bocah Ini Bangun Toilet Umum Pakai Uang Jerih Payahnya

Masalah toilet di India memang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, sejumlah kaum muda mencari cara untuk menyelesaikannya.

Liputan6.com, India - India dan toilet mereka bukan jadi rahasia yang mengejutkan banyak orang. Jumlah penduduk yang membludak dengan jumlah toilet yang tersedia mengalami angka yang jomplang. Selain itu, untuk mendapatkan akses toilet yang bersih, sulit bagi masyarakat India, terutama kalangan bawah untuk mendapatkan hal tersebut.

Sehingga bukan hal aneh jika banyak orang masih membuang kotoran mereka di tempat terbuka. Meski begitu, ada sejumlah orang mengupayakan cara untuk membuat toilet umum. Kaum muda di India juga punya andil untuk tutrut membantu permasalahan tersebut. Salah satunya yakni, Prathyaksha.

Bocah 14 tahun tersebut merupakan seorang aktris. Ia mendapatkan peran dari menjadi seorang gadis 15 tahun bernama Mallamma pada film Sandaas (Latrine). Dalam film tersebut, Mallamma yang akan diperankan oleh Prathyaksha akan berjuang untuk membuat toilet di rumahnya.

Ternyata, adegan dalam film yang akan Prathyaksha mainkan serta di dunia nyata yang dialaminya merupakan dua hal yang sama-sama ia lalui. Mengingat toilet di sekitar area rumahnya terbilang memperihatinkan, Prathyaksha bercita-cita untuk merealisasikan mimpinya membuat sebuah toilet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpuasa Demi Yakinkan Keluarganya untuk Bikin Toilet

Oleh karena itu, Prathyaksha akan memerikan honor bermain filmnya untuk membuat toilet.

"Aku tak hanya terinspirasi oleh usaha Mallamma, tapi aku juga bertujuan untuk melakukan usaha yang konkret untuk mengatasi hal ini. Aku akan mendedikasikan hasil bayaranku untuk membuat toilet di desa Mallamma," kata bocah cilik itu, melansir Indiatimes, Rabu (7/3/2018).

Ternyata, sikap inisatif dari Prathyaksha, mendapat perhatian dari perdana Menteri India, Narendra Modi. Narenda pernah menyikapi tindakan dari Prathyaksha mengenai rencananya membuat toilet pada siaran radionya.

Dalam film yang akan ia perankan, Prathyaksha akan dibayar sebesar Rs 1 lakh atau setara dengan Rp 21 juta. Selain itu, agar niatnya berhasil, Prathyaksha sampai berpuasa selama tiga hari agar dapat meyakinkan keluarganya untuk membangun toilet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.