Sukses

Ini Sebab Finlandia Punya Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Negara ini memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia dan dapat melahirkan sumber daya manusia yang menjanjikan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa di pungkiri, pendidikan memang sangat penting untuk manusia. Bukan hanya diri sendiri tapi untuk bangsa dan negaranya. Di setiap negara pasti berbeda–beda dengan sistem pendidikannya. Mulai dari jam belajar di sekolah, saat ujian nasional, serta materinya sekalipun.

Contohnya Finlandia, negara ini memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia, dan dapat melahirkan sumber daya manusia yang menjanjikan. Apa saja alasannya? Simak artikel di bawah ini.

1. Usia

Di Finlandia, usia masuk sekolah harus 7 tahun. Karena jika usianya kurang dari tujuh tahun, akan membuat tekanan atau stress saat sekolah. Mereka percaya bahwa usia 1 sampai 5 tahun adalah waktu untuk bermain bukan untuk sekolah.

2. Kelas

Kelas di Finlandia di samaratakan, tidak ada istilah kelas unggulan atau kelas favorit. Karena bagi mereka, tidak ada siswa yang berada di bawah unggulan, karena status mereka sama yaitu pelajar. Dalam satu kelas, mereka juga membatasi jumlah siswa. Karena jika banyak siswa dalam satu kelas, maka tidak akan membuat mereka fokus dalam belajar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Waktu Istirahat

Finlandia menerapkan sistem belajar yang setiap 45 atau 60 menit sekali, siswa wajib istirahat entah makan atau melakukan aktifitas yang dapat merefresh otaknya. Maka dari itu, setiap menerima jam pelajaran baru, mereka tidak ada yang mengantuk atau bosan.

4. Biaya

Sekolah merupakan sesuatu yang nomor satu di Finlandia, pemerintah mengutamakan pendidikan masyarakatnya. Pemerintah Finlandia percaya, bahwa pendidikan dapat menciptakan masyarakatnya menjadi lebih maju dalam membangun negaranya. Maka dari itu pendidikan di Finlandia sangat murah, bahkan ada yang gratis.

5. Guru

Di Finlandia sangat menjunjung tinggi profesi yang satu ini, dimana guru minimal harus lulusan magister dan dari universitas terbaik. Biaya pendidikan menjadi guru pun ditanggung pemerintah, karena itu Finlandia memiliki banyak sekali guru yang berkualitas tinggi.

 

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.