Sukses

Beda Bentuk Gula, Beda Pula Kegunaannya

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu tahu bahwa gula terdapat banyak jenis, dan manfaat yang berbeda-beda. Mari simak artikel di bawah ini.

1. Gula Aren

Pembuatan yang hampir sama dengan gula jawa atau gula merah. Terbuat dari pohon nira kelapa, yang dimasukan dalam bambu. Namun gula aren ini mempunyai warna lebih pekat coklat, dibanding gula jawa.

Kandungan karbohidrat dan kalorinya sama dengan gula putih, yakni 16 kalori setiap 4 gramnya. Bedanya, indeks glikemik gula aren dua kali lipat lebih rendah dari gula putih. Artinya, gula ini dua kali lipat lebih rendah dari gula putih dalam meningkatkan gula darah.

2. Gula Pasir

Gula adalah hasil kristalisasi cairan tebu, banyak orang menyebutnya gula pasir karena bentuknya yang seperti pasir. Gula pasir biasanya digunakan untuk pemanis dalam minuman, kue, atau makanan.

3. Gula Pasir Kasar

Berbeda dengan gula pasir, biasanya gula pasir kasar berwarna-warni. Gula ini biasanya digunakan untuk kue panggang yang ditabur gula. Karena gula ini tidak meleleh dalam oven.

1 dari 2 halaman

4. Gula Dadu

Sama seperti dengan namanya, bentuk dari gula ini sama dengan dadu. Biasanya gula dadu digunakan untuk pemanis dalam teh dan kopi.

5. Gula Bubuk

Gula bubuk adalah gula yang berbentuk tepung. Dimana memiliki tekstur yang sangat halus yang dapat digunakan untuk taburan kue, donat, atau kue kering lainnya.

6. Gula Donat

Apakah kalian pernah dengar kue putri salju? Ya, kue nastar dengan taburan gula halus. Bentuk dan tekstur gula donat sama dengan gula bubuk, perbedaannya adalah jika sudahmasuk ke dalam mulut kita maka akan terasa dingin.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ingin Cepat Selesaikan Skripsi? Ikuti Lima Cara Ini
Artikel Selanjutnya
Tiga Sop Ayam Murah dan Enak, Mana yang Terbaik?