Sukses

Jamu Instan Produksi Seruni Putih Laris di Pasaran

Liputan6.com, Semarang Jamu merupakan minuman berbudaya warisan nenek moyang yang masih menjadi daya tarik masyarakat di Indonesia. Salah satu tempat yang masih melestarikan pembuatan jamu secara alami dengan bahan herbal adalah Rumah Jamu Herbal di Rewulu, Yogyakarta.

Pembuatan jamu instan tersebut dilakukan setiap hari dan biasanya hasil produksi dipasarkan oleh beberapa ibu penjual jamu di sekitar Rewulu. Rumah Jamu Herbal sendiri telah berdiri sejak tahun 2004. “Untuk pemasarannya, dilakukan anggota ibu-ibu penjual jamu yang turun temurun berjualan dari keluarga,” kata Wagiyanti, Ketua Kelompok Jamu Seruni Putih pada finalis Citizen Journalist Academy yang berkunjung, 4 November 2017.

Rumah Jamu Herbal yang terletak di Jalan Monumen Brimob, Desa watu, Argomulyo Sedayu, Bantul, Yogyakarta yang merupakan produsen pembuatan jamu instan adalah juga penerima CSR dari Pertamina.

 

 

1 dari 2 halaman

Jamu Instan

Jamu tersebut memiliki proses pembuatan dengan memanfaatkan bahan sekitar yang juga ditanam di area Rewulu, mulai dari secang, kunir asem, beras kencur dan daun sirih menjadi produksi jamu instan favorit di pasaran. Perbedaan proses produksi jamu instan dan gendong adalah hasil akhir dari produksi jamu tersebut. Jamu instan berupa produk jamu serbuk dan dibuat saset. Sebelumnya tanaman herbal tersebut harus diblender dan disaring lalu dioven terlebih dahulu sebelum menjadi jamu instan.

“Untuk jamu instan kelompok Seruni Putih juga dipasarkan melalui pusat oleh-oleh di sekitar Yogyakarta, alhamdulilah setiap seminggu sekali pusat oleh-oleh sekitar Yogyakarta mengambil jamu instan dari kelompok kami, ” kata Wagiyanti kepada Diyah Amartiwi, finalis Citizen Journalist Academy Semarang.

Wagiyanti juga menyampaikan harapan atas pencapaian produksi dan pemasaran Jamu Herbal Kelompok Seruni, yakni mampu meningkatkan pemasaran dan produksi lebih banyak, serta mampu menambah anggota kelompok yang komitmen untuk memasarkan hasil jamu herbal Kelompok Seruni Putih.

Penulis :

Diyah Amartiwi

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Semarang

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Kopi Indonesia Pikat Pengunjung Pameran Makanan di Kyrgyzstan
Artikel Selanjutnya
Teknologi 4 Negara Berpadu di Pabrik Baru Sido Muncul