Sukses

Ketahui 4 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kebiasaan yang selalu disarankan oleh orang tua kepada anaknya adalah meminum susu sebelum tidur. Hal ini dirasa tepat, mengingat banyak kandungan bermanfaat yang terdapat dalam susu seperti kalsium, fosfor, iodin, dan beberapa vitamin yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat minum susu sebelum tidur.

1 dari 3 halaman

1. Membuat Tubuh Menjadi Rileks Saat Tidur

Kandungan zat triptofan dalam susu berfungsi untuk membuat tidur malam anda menjadi lebih nyenyak. Hal ini karena peran hormon melatonin yang dibuat oleh tubuh melalui zat triptofan pada susu. Ketika tubuh memproduksi hormon ini, maka tubuh akan mudah untuk relaksasi dan lebih cepat tidur. Selain itu, zat triptofan ini berperan dalam meningkatkan ketenangan syaraf otak. Sehingga susu sangat dianjurkan bagi seseorang yang mempunyai masalah tidur seperti insomnia.

2. Mencegah Kanker Usus

Minum susu sebelum tidur sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker usus besar. Kanker usus biasanya terjadi karena munculnya tumor ganas di usus besar. Kandungan Kalsium yang sangat tinggi pada susu, berperan aktif dalam mencegah munculnya tumor ganas dalam susu. Dengan rutin meminum susu sebelum tidur, maka kinerja usus akan semakin baik dan mengurangi risiko timbulnya sel tumor ganas.

2 dari 3 halaman

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pada malam hari, usus aktif bekerja dalam melakukan penyerapan nutrisi. Dengan meminum susu sebelum tidur, dapat membantu meningkatkan kinerja usus sehingga semua fungsi pencernaan dapat berlangsung dengan normal. Meminum susu juga menjadi salah satu cara mengatasi sembelit. Selain masalah pencernaan, kebiasaan ini bisa mengurangi sakit perut yang biasa datang pada pada malam hari.

4. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang sangat tinggi, tentu akan berdampak baik pada kesehatan tulang dan gigi. Artinya, jika sering mengkonsumsi susu sebelum tidur, maka akan mengurangi munculnya gejala osteoporosis, karena pada malam hari penyerapan kalsium sangat efektif bagi tubuh. Penyakit osteoporosis merupakan penyakit kelainan tulang yang disebabkan kurangnya kalsium dalam tubuh. Jika seseorang mengalami osteoporosis, maka bisa berakibat pada pengeroposan tulang dan kelumpuhan.

 

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.