Sukses

Behind The Screen: Pekerjaan Presenter Ternyata Tak Hanya Siaran

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu pekerjaan presenter? Ya, banyak orang menganggap bahwa mereka dituntut untuk selalu tampil oke di televisi. Namun, tentunya presenter tak hanya bermodal penampilan. Hal yang terpenting dari pekerjaan presenter ialah kepiawaian dalam membaca berita saat siaran.

Ternyata kerjanya presenter tidak hanya tampil dan siaran di studio televisi saja. Presenter siaran berita Liputan6 SCTV Reza Ramadhansyah mengungkap hal lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang presenter.

Melalui Behind The Screen bersama Reza Ramadhansyah, kali ini ia buktikan bahwa presenter juga bisa melakukan pekerjaan sebagai reporter yang harus turun ke lapangan.

Namun sebelum liputan ke lapangan, Reza perlu melakukan persiapan. Ia menunjukkan sejumlah tahapan untuk bekerja sebagai reporter di lapangan.

 

1 dari 3 halaman

Tak lupa mengganti jas

Tahap pertama yang perlu dilakukan ialah cek plotingan proyeksi untuk liputan di lapangan nanti.

Suasana studio dan liputan ke lapangan tentu berbeda. Oleh karena itu, Reza juga perlu mengganti setelan jas yang ia kenakan dalam siaran di studio. Tujuannya, untuk memudahkannya bergerak dan agar pakaian tidak mudah kotor saat melakukan liputan di lapangan.

Ponsel juga tak boleh sampai ketinggalan. Barang penting tersebut sangat berguna untuk membuat naskah serta mempermudah komunikasi dan koordinasi dengan para tim.

Sebelum berangkat ke tempat liputan, koordinasi ialah tahapan yang tak boleh ia lewatkan. Menurut Reza, melakukan kordinasi dengan kameramen yang bertugas menjadi sangat penting. Untuk menampilkan siaran berita yang baik, perlu ada kerja sama antara kameramen dan reporter.

Bukan hanya koordinasi liputan saja, kordinasi perlengkapan dengan kameramen jangan sampai terlupakan. Perlengkapan mulai dari kamera, tripod, mic dan clip on, lampu dan baterai harus diperiksa terlebih dahulu. Sehingga tak mengalami kesulitan atau gangguan saat di lapangan.

2 dari 3 halaman

Aneka peralatan yang perlu disiapkan

Setelah semua siap, hal terakhir yang perlu disiapkan adalah persiapan kendaraan atau mobil liputan. 

Melalui video ini, ternyata pekerjaan lain yang dilakukan presenter berita di TV tak melulu siaran di studio saja. Siaran di tempat liputan sebagai reporter juga bisa dilakukan, setelah melakukan persiapan.

Nantikan Behind The Screen selanjutnya dengan cerita lain yang menarik dari balik layar.

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: