Sukses

Sejak Kecil Diejek Bersisik, Wanita Ini Menangi Kontes Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Bailey Pretak dari Wilcox, Pennsylvenia terlahir dengan kondisi medis yang langka, Lamellar ichtyosis. Kondisi yang membuat penderitanya mempunyai kulit bersisik seperti ikan.

Tak pelak jika Bailey dijuluki sebagai wanita bersisik sejak kecil. "Saya dipanggil, Bailey Bersisik," ujarnya dilansir My Newshub.

Julukan itu tentu cukup menyakitkan, mengingat Bailey tak bisa mengubah kondisi fisiknya hingga sekarang di umurnya yang ke-30. Tak hanya dihina, Bailey bahkan dijauhi orang, khususnya teman-teman sepantaran.

"Ketika kecil saya merasa terpinggirkan. Teman-teman takut melihat saya," ujarnya.

Butuh waktu yang lama untuk menganggap biasa julukan itu. Namun ketimbang memikirkannya, Bailey mencoba mengalihkan fokus dengan belajar bernyanyi dan menari.

Ia juga menjajal dunia akting, dan itu membuat kepercayaan dirinya bertambah. Hingga akhirnya pada dua tahun lalu, ia memberanikan diri untuk mengikuti gelaran kontes kecantikan.  

Wanita 'Bersisik' Menang Gelaran Ratu Cantik

Hasilnya, Bailey mampu memenangi kontes ratu kecantikan. Ia dinobatkan sebagai wanita paling cantik di gelaran Miss Pennsylvania, Ultimate Queen and Miss Congeniality.

Padahal sebenarnya, tujuan Bailey bukan menang melainkan lebih kepada ingin mengabarkan, kepada seluruh warga Pennsylvenia bahwa ada penyakit langka. Dan beberapa orang telah mengidapnya.

Ia ingin pemerintah lebih peduli, memerintahkan lembaga-lembaga terkait untuk melakukan penyelidikan sehingga obat untuk penyakit itu bisa ditemukan.

Dalam pidato sambutan kemenangan, Bailey juga memberitahu kepada orang-orang, betapa menderitanya penyakit langka yang disandangnya.

"Kalian tahu, jika saya lupa memakain lotion saja maka kulit saya akan merekah dan itu sangat sakit," ujarnya.

"Pada musim panas, saya bisa melewatinya dengan lebih mudah. Tetapi pada musim dingin, kilit saya semakin kering. Rekahan-rekahan menjadi teramat banyak, mulai dari tangan hingga kaki."

Oleh karena itu, dengan penyakit yang dialaminya, Bailey harus memastikan kulitnya selalu dalam keadaan basah minimal lembab. Pidato kemenangan itu membuat haru banyak orang.

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.





 

Loading