Sukses

Naskah 150 Tahun Ungkap Cara Orang China Belajar Bahasa Inggris

Namun tahukah kamu, rupanya orang Tiongkok telah belajar bahasa Inggris sejak 150 tahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional negara-negara di dunia. Bisa dibilang, di era sekarang ini mampu berbahasa Inggris adalah sebuah keharusan. Khususnya untuk menghadapi sistem ekonomi Masyarakat Ekonomi Eropa.

Namun tahukah kamu, rupanya orang China (Tiongkok)  telah belajar bahasa Inggris sejak 150 tahun yang lalu. Tak heran jika China turut mengendalikan dinamika perekonomian dunia.

Dilansir Nextshark.com, seorang kolektor naskah tua dari Chengdu bernama Yao menemukan bukti bahwa orang China telah belajar bahasa Inggris dalam kurun waktu yang lama. Mereka menemukan trik mudah belajar bahasa Inggris.

"Buku itu kemungkinan dibuat pada zaman Kekaisaran Xianfeng dari Dinasti Qing pada tahun 1850-1861," ujarnya.

Naskah tua itu berisi frase dari bahasa Inggris yang hanya terkait dengan perdagangan. Berikut beberapa frase yang disadur dari naskah kuno itu.

"You want cheap go buy other man" (Kamu ingin harga yang murah dari orang lain). "Other man want buy i unwilling". (Orang lain ingin membeli, tapi saya tidak mau).

Yao mengkaji 150 tahun yang lalu bahasa-bahasa itu digunakan untuk berdagang dengan masyarakat dari Eropa. Walaupun sederhana, frase-frase itu mempunyai makna yang kuat terkait strategi berdagang orang-orang China.

"Mungkin belajar bahasa Inggris sekarang ini lebih mudah dan sederhana," ujar Yao.



(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

 

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.