Sukses

Siswa Sekolah Dian Harapan Bermain ke Liputan6.com, Ngapain Aja?

Penulis-penulis muda dari Sekolah Dian Harapan mengadakan kunjungan ke Redaksi Liputan6.com untuk mengasah kemampuan menulis dan video.

Liputan6.com, Jakarta "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." (Pramoedya Ananta Toer)

Kutipan kalimat dari Pramoedya Ananta Toer menjadi penanda, pentingnya mengabadikan gagasan dengan menulis. Era Internet turut membuka kehadiran penulis-penulis muda yang menulis gagasan melalui blog dan laman pribadi.

Bertempat di SCTV Tower, 20 penulis muda dari SMA Dian Harapan Daan Mogot kelas ekstrakurikuler blogging, dengan didampingi tiga guru pembimbing melakukan kunjungan ke Redaksi Liputan6.com untuk pengetahuan dalam belajar menulis. Tak hanya belajar tentang penulisan, mereka juga belajar bagaimana sebuah tulisan dapat langsung diaplikasikan di dalam blog. Melengkapi pengetahuan mereka tentang penulisan, mereka juga belajar bagaimana menjadi content partner Vidio dan mendapatkan berbagai keuntungan.

Pelatihan singkat mengenai menulis esai popular menjadi materi pembuka dari kunjungan ini. Karmin Winarta, Redaktur Pelaksana kanal Citizen6 Liputan6.com memaparkan penulisan artikel agar populer.

Mediavisit siswa Sekolah Dian Harapan Daan Mogot ke Redaksi Liputan6.com. (Sekolah Dian Harapan Daan Mogot/Deasi Saragih)

"Pertimbangkan pemilihan judul tulisan. Siapkan lima kalimat yang akan digunakan untuk judul sebuah tulisan," kata Karmin Winarta. Diakhir sesi, ia mengajak peserta yang hadir untuk aktif menulis setiap hari.

Melengkapi sesi penulisan, hadir Silvia Oetomo selaku Content Partnership Manager Vidio.com sebagai pembicara. Silvia, menjelaskan bagaimana caranya untuk dapat menjadi content partner Vidio dan mendapatkan berbagai keuntungan. "Video telah menjadi media populer untuk menuangkan kreativitas. Tak hanya itu, video juga melangkapi pesan yang disampaikan dalam bentuk tulisan," ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi kunjungan ke Redaksi Liputan6.com. Di ruang Newsroom Liputan6.com, para penulis muda dari Sekolah Dian Harapan mengamati secara langsung awak media Liputan6.com mengolah berita. Tak ketinggalan, mereka juga mengunjungi ruang Studio SCTV dimana acara berita Liputan6 ditayangkan.

"Melalui kunjungan ke Liputan6.com, sangat banyak ilmu dan pengalaman yang diterima, terutama sebagai penulis yang masih awam. Bukan hanya tentang menulis, namun juga sedikit tips dan trik membuat video," kata Olivia Monica siswi Sekolah Dian Harapan Daan Mogot kepada Liputan6.com seusai acara.

"Acaranya dikemas secara menarik, santai dan tidak membosankan," lanjutnya.

Evita, siswi Sekolah Dian Harapan Daan Mogot juga mengungkapkan hal yang sama. "Saya mendapat banyak wawasan terutama saat belajar tentang tulisan yang baik dari yang sudah ahli," katanya.

"Selain itu, dulu saya pernah melihat isi dari SCTV Tower dari salah satu acara TV di Jepang. Kali ini saya senang bisa mendapat kesempatan untuk masuk dan melihat sendiri secara langsung bagaimana jurnalis bekerja," ujarnya.

Silvia Oetomo, Content Partnership Manager Vidio.com (ke-4 dari kiri) berfoto bersama usai mediavisit Sekolah Dian Harapan Daan Mogot. (Sekolah Dian Harapan Daan Mogot/Deasi Saragih)

Tommy Chandra Jaya sebagai guru pembimbing yang ikut dalam acara mengungkapkan bahwa media visit ini bermanfaat untuk para siswa, khusunya bagaimana membuat esai populer yang kekinian.

"Kita juga dikenalkan dengan platform vidio.com yang sangat kece. Pengalaman luar biasa, siswa bisa belajar langsung dari ahlinya. Terima kasih untuk Forum Liputan6," pungkasnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Lowo Ireng Super Car Rakitan Mahasiswa ITS. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.