Sukses

Ketahuilah, Ada 4 Jenis Cacing yang Sering Dijadikan Makanan

Namun bagi sebagian orang di belahan dunia lain menjadikan cacing sebagai makanan maupun untuk obat.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang menganggap cacing itu menjijikkan, namun ternyata banyak orang yang tidak mengetahui bahwa cacing ternyata sering diolah menjadi hidangan masakan. Mau mencoba makanan-makanan ini? Pasti Anda merasa jijik membayangkan cacing yang berlendir, kotor, dan tidak sedap dipandang mata. Namun bagi sebagian orang di belahan dunia lain menjadikan cacing sebagai makanan maupun untuk obat.

Berikut ini beberapa macam cacing yang dijadikan makanan:

Cacing Palolo

Cacing Palolo merupakan family dari Eunicidae atau biasa disebut cacing rambut. Binatang ini biasa hidup di pantai Pasifik bagian selatan dengan nama binomial Palolo viridis. Makanan yang terbuat dari cacing palolo banyak ditemukan di daerah kepulauan Fiji. Penduduk disana menjadikan cacing palolo sebagai makanan dan mengembangbiakkan bintang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cacing Palawan

Cacing asli palawan ini banyak ditemukan di daerah Filipina. Penduduk Filipina ini mencari cacing palawan di permukaan laut dan di dalam batang pohon di hutan. Makanan dari cacing palawan ini disebut Tamilok dengan rasa asin, tidak pedas, dan berlendir.

3 dari 4 halaman

Cacing Wawo

Cacing wawo bila dilihat sangat menjijikkan, namun ternyata di dalam tubuh cacing ini terdapat banyak protein yang baik untuk manusia. Nama makanan yang biasa dibuat dengan cacing wawo yaitu cacing wawo goreng yang biasa dibuat oleh masyarakat Maluku. Cara membuat cacing wawo goreng sangat mudah, dengan merendam cacing menggunakan garam dan irisan bawang, kemudian dibersihkan lalu digoreng. Bila cara mengolah cacing wawo dilakukan secara tepat akan menghasilkan makanan yang enak dan gurih.

4 dari 4 halaman

Cacing Tanah

Binatang yang hidup di tanah ini sangat bermanfaat bagi penderita Types. Di dalam cacing tanah mengandung enzim selulose. Bila diramu dengan baik cacing tanah ini dapat menyembuhkan penyakit Types dan memperlancar pencernaan manusia.

Penulis :

Cintia Dwi Apriliyani

Universitas Brawijaya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini