Sukses

Cara Mudah Bikin Pendingin Ruangan Hemat Biaya di Rumah

Pendingin ruangan memang menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi rasa panas.

Citizen6, Jakarta - Di Indonesia kini memang tengah mengalami musim yang ekstrim dan tak menentu. Jika musim panas tiba, cuaca panas terik akan sangat terasa. Nah, biasanya cara apa yang kamu lakukan untuk mengusir rasa gerah?

Saat ini memang banyak masyarakat yang memilih pendingin ruangan sebagai cara paling ampuh untuk mengurangi rasa panas. Tapi, segelintir orang enggan membeli AC karena biaya yang tak murah. Namun, kali ini seorang pengguna jejaring sosial memiliki ide kreatif untuk membuat pendingin ruangan yang hemat biaya.

Dilansir elitereaders.com, Jumat (22/4/2016), onliner yang menamakan dirinya @desertsun02 ini mengunggah sebuah video bagaimana cara membuat AC DIY menggunakan pendingin sederhana dan beberapa item lainnya. Dengan alat ini nantinya kamu akan merasakan ruangan yang dingin tanpa harus membeli AC atau menghabiskan biaya besar untuk tagihan listrik kamu.

Untuk membuat pendingin ruangan ini, kamu hanya memerlukan sebuah balok es, styrofoam, pipa PVC dan kipas angin kecil. Jika kamu memiliki panel surya, maka kamu juga dapat menggunakannya.

@desertsun02 mengatakan ada beberapa cara untuk menyalakan AC buatan sendiri ini, kamu bisa menyambungkannya pada panel surya atau menggunakan baterai. Balok es yang berada dalam kotak juga akan bertahan selama 5 jam, jika memakai balok besar mungkin bisa bertahan hingga 10 jam.

Nah, jika kamu ingin meninggalkan musim panas ini dan kamu punya sedikit waktu luang, maka kamu harus mencoba proyek DIY ini. Selamat mencoba.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini