Sukses

7 Masjid Berkubah Emas di Dunia yang Memesona Mata

Citizen6, Jakarta Beberapa masjid dibangun dengan arsitektur yang memanjakan mata. Misalnya saja beberapa masjid berikut yang kubahnya dilapisi emas. Masjid apa saja? Ini dia.

1. Masjid Jame' Asr, Brunei Darussalam

Masjid ini didirikan pada pertengahan tahun 1980-an untuk memperingati 25 tahun Sultan Hassanal Bolkiah berkuasa. Dengan luas dua hektar lebih, terdapat 29 kubah yang dilapisi emas murni 24 karat.

Untuk masuk ke dalamnya, disediakan lima pintu masuk dengan dua pintu khusus untuk keluarga kerajaan dan tamu negara. Masjid ini juga memiliki empat menara dengan tinggi 189 kaki. Dari menara ini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar masjid.

2. Masjid Al-Askari, Irak

- 

Masjid yang terletak di kota Samarra, Irak ini berdiri pada tahun 944 M. Sayangnya, kini kubah emas masjid ini tak bisa dinikmati lagi. Invasi Amerika Serikat ke Irak menghancurkan masjid ini pada Februari 2006.

3. Masjid Qubbah As Sakhrah/Dome of the Rock, Palestina

- 

Banyak yang salah mengira masjid ini sebagai masjid Al- Aqsha karena letaknya berdekatan. Dome of the Rock dibangun sekitar tahun 690 M oleh Abdul Malik bin Marwan yang kemudian menjadi salah satu raja dalam bani Umayah.

2 dari 3 halaman

Masjid Suneri di Lahore, Pakistan

4. Masjid Sunehri di Lahore, Pakistan

Masjid yang didirikan oleh Nawab Syed Bhikari Khan, anak Wakil Gubernur Lahore ini memiliki tiga kubah emas. Didirikan pada tahun 1753 M, masjid ini memiliki satu kubah utama dan dua lainnya di sisi kiri dan kanan mesjid.

5. Masjid Sultan, Singapura

- 

Tahun 1928 setelah mendapat uang dari Kongsi Dagang Inggris sebanyak 3.000 dollar Singapura, Sultan Singapura langsung merenovasi sebuah masjid di kawasan Little India. Perubahan yang dilakukan yakni mengganti kubah lama dengan kubah emas. Masjid ini segera menjadi masjid terbesar serta terindah dari masjid-masjid yang ada di Singapura.

6. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei

- 

Selain Masjid Bandar Seri Begawan, Brunei memiliki satu lagi masjid berkubah emas. Masjid yang didirikan pada tahun 1958 ini terletak di tengah danau buatan. Kubahnya terbuat dari emas 24 karat dan menghabiskan dana hingga 5 juta dollar Amerika.

3 dari 3 halaman

Masjid Dian Al Mahri, Depok

7. Masjid Dian Al Mahri, Depok

Lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas. masjid yang terletak di Depok ini mulai dibangun pada tahun 1999 dan diresmikan pada April 2002. Luasnya mencapai 8.000 meter persegi dan luasnya sampai 70 hektar. Arsitektur masjid mengikuti gaya Timur Tengah.

Masjid ini memiliki enam menara yang dibalut batu granit abu-abu dari Italia. Pada puncaknya terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat. Ruang masjid didominasi warna monokrom dengan warna utama krem. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6